SEMUR JENGKOL ALA CATAIN KROC`S


Ternyata yang namanya jengkol ini bukan hanya dikenal di Indonesia saja,tetapi juga dikenal di negara tetangga kita,yaitu Malaysia dan Tailan.
Di Indonesia yang paling banyak mengkonsumsi jengkol adalah Jawa barat.konon katanya per hari bisa menghabiskan 100 ton,wuidiiiihh gila buanget yah?hihihi

Dibalik baunya yang khas,ternyata jengkol ini mempunya banyak kandungan yang bermamfaat untuk tubuh kita seperti :Karbohidrat,protein,vitamin A.vitamin B.vitamin C,dan juga mengandung Fosfor.Kalsium dll



Udah ach soal itu nanti tanyakan aja sama ahlinya,sekarang bagi yang ingin mencoba masak semur jengkol ala Captain Ktroc`s bisa baca yang dibawah ini:

Bahan-bahan :


  •   1 kg Jengkol
  • 25 siung bawang merah
  • 15 siung bawang putih
  • 15 buji cabe merah besar ( kalo suka pedas boleh tambahkan cabe rawit )
  •   1 biji ,biji pala
  • 30 sdm kecap manis
  • garam,merica ,penyedap ( secukupnya )


Caranya ;

 Rebus jengkol dalam air yang sudah diberi garam ,sampai empuk,setelah matang dinginkan kemudian di kupas dan di keprek , kenapa sih harus dikeprek?,agar nanti kalo dimasak bumbunya mudah meresap,dan juga untuk menghilangkan rasa pahit dan rasa getir di jengkolnya,( percaya dech ) hihihi
setelah itu lalu bilas lagi dengan air bersih,dan tiriskan.

Bawang merah bawang putih dan cabe merah,biji pala,dihaluskan kemudian di tumis sampai harum,semerbak mewangi,kemudian tambahkan air panas kira-kira 2 liter.tambahkan juga kecap manis,garam,merica ,penyedap rasa,( secukupnya ).

Setelah mendidih kemudian masukan jengkolnya,dan masak terus sampai airnya menyusut/ mengental.kemudian angkat dan hidangkaN,NAAAHHH MUDAHKAN???...
Oh iya pesan saya : jangan buang air sembarangan yah,,,!!tar dimarahin si Mamih,kakakakakak
share to whatsapp

6 komentar:

  1. Enak tah iku Be'..??? koq aq gk disuruh ngincip'i rek....

    BalasHapus
  2. Sumpah uenaaakk Cak,rasane koyo rempelone onta kakakak,,,,iyo nanti takirin via YM yah hihihihi

    BalasHapus
  3. waaaaw jengkol, saya suka....walo banyak yang protes sama saya gara gara kegemaran makan jengkol, tapi da udah terlanjur suka atuh..hehe...jengkol i'm lovin it, xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hana:hahaha pasti bau hangseurrrr,,kade jengkoleun ach,jangan terlalu banyak yah hihi

      Hapus
  4. Mmg manthab semur jengkolx.dh w coba ddapurku.hmmmm...yumyyyy bgt

    BalasHapus
  5. Kok rendang jengkol saya jdi pait knp y,...

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya