logo blog
TENTANG MAKANAN
WILUJENG SUMPING,
Aneka Resep Makanan Indonesia
Terimakasih atas kunjungan anda

Labu siam


 walau bentuknya biasa saja {kurang menarik) tapi yang namanya labu siam,{waluh siam,dikampungku cibatu garut},atau kalau didaerah prigen pasuruan jawa timur disebutnya “manisa”.banyak sekali manfaat yang terkandung di buah satu ini,untuk kesehatan manusia di jagad raya ini,cara pengolahannya pun sangat mudah sekali boleh di buat sayur,dengan cara di tumis,atau pun dilodeh untuk campuran ketupat sayur,atau bisa juga di konsumsi sebagai lalapan,dengan cara di kukus,atau pun di rebus terlebih dahulu.{coel sambel kata orang garut} khasiat yang terkandung pada labu siam ini diantaranya bisa mencegah kanker,buah labu siyam memiliki kadar serat yang lebih tinggi yaitu sekitar 1,7 gram per 100 gram.Mengkonsumsi serat secara rutin sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung,yang sensitif dan juga radang usus,bahkan serat yang terkandung didalam labu siam ini dapat mengurangi resiko penyakit kanker yang di sebabkan oleh system pencernaan yang tidak sempurna,makanya dengan  mengkonsumsi secara rutin olahan labu siam,maka meminimalisir resiko kanker pada tubuh yang kita sayangi ini.Asam folat yang terkandung pada buah yang satu ini juga sangat baik apabila di konsumsi oleh ibu hamil,karena dapat mengurangi resiko bayi cacat,minimal 100 gram/hari akan cukup untuk memenuhi 23,25% kebutuhan tubuh akan asam folat.
 Bahkan ketika saya buka-buka di Kitabnya si Embah
Google saya mendapat tambahan pengetahuan tentang
buah yang satu ini,diantaranya yaitu :
  Turunkan Kolesterol.
Buah labu siam juga kaya akan Kalium. Kalium berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dlm darah. Kalium bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yg tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, jadi tubuh lebih segar. Selain itu, buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yg cukup tinggi.
- Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yg disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dlm hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun. Niasin berperan pada reaksi enzimatik di dlm tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak & protein, yaitu sebagai koenzim I dan koenzim II. Niasin sangat diperlukan agar suplai energi dlm jaringan tubuh berjalan normal. Kekurangan niasin yg parah setelah beberapa bulan akan mengakibatkan pellagra serta dermatitis, yaitu gangguan kulit yg khas dan simetris,terutama di bagian badan yg tidak tertutup seperti tangan, lengan, siku, kaki, kulit, dan leher.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Terimakasih kawan Kalistajaya,salam succes

Balas

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya

Copyright © 2013. TENTANG MAKANAN - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger