Manfaat Ubi Boled / Telo


Anda pasti pernah melihat yang namanya ubi jalar ( Telo, Hui boled ) terkadang cuma melirik saja seolah tidak perduli,apalagi anak jaman sekarang jangankan makan, namanya saja tidak tahu sama yang punya nama hui boled ini,tahunya anak sekarangmah Burger,Pitza yang cenderung kebarat baratan geetoo hehe,padahal ubi jalar ini kalau dibuat makanan kemudian dikemas sedemikian rupa pasti nilai jualnya akan tinggi,disamping manfaatnya yang banyak sekali bagi kesehatan tubuh kita.Keistimewaan ubi ini juga terletak pada kandungan seratnya yang sangat tinggi. Serat sangat baik untuk mencegah kanker saluran pencernaan dan mengikat zat karsinogen penyebab kanker di dalam tubuh. Serat yang terdapat pada ubi jalar merah termasuk serat larut yang menyerap kelebihan lemak/kolesterol darah sehingga kadar lemak “jahat” dalam darah tetap aman terkendali. Serat alami oligosakarida yang tersimpan dalam ubi jalar ini sekarang menjadi komoditas bernilai dalam pemerkayaan produk pangan olahan, seperti susu. Selain mencegah sembelit, oligosakarida memudahkan buang angin. Hanya pada orang yang sangat sensitif oligosakarida mengakibatkan kembung.
Saya punya resep untuk membuat makan yang bahan dasarnya ubi jalar ( Telo ) seperti di bawah ini:


Makanan seperti ini sangat mudah sekali membuatnya,dan rasanya sangat cocok dengan lidah kita yang Indonesia banget hihihi,,,,,,,
Bahanya ;

500 gr Ubi jalar  ( Hui Boled )
500 gr Tepung kanji
100 gr Gula pasir
1 btr Kelapa parud ( setengah tua )
100 gr Mentega

Caranya ;

Kupas Ubi  lalu cuci bersih kemudian iris tipis dan kukus sampai matang,kemudian campurkan bahan lainya dan uleni sampai kalis,kemudian tuangkan kedalam Loyang kue dan ratakan permukaanya,jangan terlalu tebal mungkin ketebalanya cukup satu senti saja,setelah itu kemudian dikukus sampai matang Angkat dan dinginkan,kemudian di potong potong sesuai selera anda.
Oh ya agar lebih menarik sebelum adonan dikukus mungkin bisa dibagi menjadi tiga bagian,kemudian pilih pewarna makanan sesuai selera ( bukan pewarna kain yah )
Siapkan piring hidang  dan susunlah ,namun sebelumnya gulingkan dulu ke kelapa parud yang sudah disediaka,selain rasanya enak kelapa parut ini juga menambah manis tampilan makanan tersebut,silahkan di coba,gampangkan??

 

9 komentar:

  1. Assalamualaikum Dede,
    betul itu... anak-anak zaman sekarang sudah punya banyak pilihan makanan, yang tradisional sedikit demi sedikit semakin dilupakan....sedihkan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amie:bener banget,,,BTW terimakasih atas kunjunganya dan juga commentnya,,,

      Hapus
  2. Untung saya termasuk penggemar ubi.. lidah masih aneh dengan segala pizza, spaghetti dan sejenisnya... lidah kampung, cocok sama makanan begini.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baktiar Sontani:sama Mas Bro,lidahku juga masih orsinil nih hehehe,terimakasih commentnya,,,,

      Hapus
  3. Uwik...warna-warni...menggugah selera be'...kpn iki aq di incip2 rek....

    BalasHapus
  4. hehehe,makanya maen maen doonk biar bisa icip icip geetoo hehehe\

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Terimakasih Kalistajaya,sudah hadir disini,salam succes untuk anda,,

      Hapus
  6. keren banget om dede :D
    sangat bermanfaat :D

    by woxwow

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya