logo blog
TENTANG MAKANAN
WILUJENG SUMPING,
Aneka Resep Makanan Indonesia
Terimakasih atas kunjungan anda
BannerFans.com BannerFans.com

KUE LUMPUR



Ada lagi makanan sederhana yang punya rasa luarbiasa  enak, tampilanya sederhana kurang mengundang selera,namun jika di gigit makanan tersebut balik menggigit hehehe ( makan yang sangat aneh )
Makanan ini punya nama unik,yaitu “ Kue Lumput” gak nyambung yah,bentuk dan warnanya jauh berbeda dengan yang namanya lumpur,tapi memang itu kenyataanya,yang jelas bahanya bukan dari lumpur ( apa lagi lumpur lapindo )

Saya kurang paham ,kenapa kue yang satu ini disebut kue lumpur,yang penting bagi saya adalah mempelajarinya,dan membuat kue tersebut lebih enak dan bisa tampil di ajang penting,dan ikut meramaikan dunia perkuehan,
Saya mengenal kue ini sejak 15 th yang lalu ,ketika saya mulai berkelana di daerah Pasuruan Jawa Timur,pertama bertemu dengan kue ini ketika saya menghadiri undangan ( Pernikahan ) tetangga sebelah dimana saya tinggal waktu itu,sejak itulah saya sering bertemu dan menyantap kue lumpur ini,rasanya manis dan lembut di mulut.
Sejak itu saya mulai belajar membuat kue ini,kebetulan rekan kerja saya pintar membuat makanan tradisional,Alhamdulillah ahirnya bisa juga,walaupun pada awalnya bantet dan gak enak hehehe
Iseng-iseng kue lumpur ini saya ikutkan di acara Meeting,untuk meramaikan perut-perut para peserta meeting,eh ternya meeting berikutnya malah di minta lagi,ahirnya resmi sudah kueh ini jadi pelengkap acara tersebut,disamping makan yang lainya tentunya.
Naaahh seperti biasa bagi anda yang ingin mencoba membuat kue yang satu ini silahkan menyontek resep dibawah ini:
Bahanya :
1 kg Kentang ( di kupas ,bersihkan dan potong-potong agak tipis )
500 gr Tepung Terigu
250 gr Gula pasir
200 gr Mentega
6 btr Telur ayam
2 ltr Santan ( dari 3 btr kelapa )
Pewarna makanan secukupnya ( warna sesuai selera )
Caranya:
Kukus kentang yang sudah disiapkan tadi,kemudian dihaluskan sehalus-halusnya hehehe,kemudian campurkan semua bahan dan aduk sampai rata,siapkan cetakan kue lumpur   ( sekarang banyak di jual di pasaran ) Panaskan cetakan tersebut dan olesi dengan sedikit mentega agar tidak lengket,kemudian .
Ambil sebagian adonan ( mangkok kecil saja ) tambahkan pewarna sesuai selera anda,hijau,coklat,merah atau terserah anda,
Masukan adonan utama kedalam cetakan,( jangan melebihi bibir cetakan ) tutup sambil di bakar diatas api sedang,ketika setengah matang masukan adonan berwarna tadi di tengah-tengah kue yang hamper jadi ini,di pinggirnya juga boleh,tutup kembali sampai ahirnya kue tersebut matang,angkat dan hidangkan,cocok dimakan hangat-hangat.





Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

35 komentar

salam DD, nampak mudah resepi kue lumpur ini.Cara membakar toh, boleh guna oven?..hehehe maaf ya selalu tanya yg lain dari resepi mu.

Balas

aaaahhh....aku suka banget ama kue lumpur kang..
kiriiiimmmm.... *ngeces*

Balas

Puteri: kue ini tidak bisa di bakar didalam oven,karana hasilnya akan keras dan tidak enak rasanye,harusnya di panggang di atas api kompor,supaya hasilnya empuk dan lembut di mulut,hehehe,,,

Balas

Ay :no rekeningnya masih tetepkan ? nanti taktransper via Bank saja yah kuenya hahaha,,

Balas

saya baru denger kang, ada kue namanya kue lumpur, hehe...tapi sepertinya yummmmy :)

Balas

iya Neng da di Garutmah teuaya nya,saya tahunya setelah ngalalana ka Jawa Timur,
hehe,,,,jadi hoyong Dodol garut uenk,,,

Balas

rasanya seperti apa ya ????? :D

Balas

AMHADIEN: Rasanya empuk lembut dimulut hehehe
Terimakasih kujnunganya dan juga commentnya

Balas

Pernah Mas Dede Ibuk bikin yang seperti ini. Tapi gak pakek kentang kelihatannya, mantap nie, harus dicoba ...

Balas

Hendrik:di coba aja,,,,pasti maknyuzz,,,empuk,lembut di mulut hehe

Balas

Pak dede, ada yg baru nih, SMS Pake SUARA, gratis, untuk pelanggan telkomsel :)

http://imajinasi-hari.blogspot.com/2012/09/smsan-pake-suara-gratis-sesama-telkomel_21.html

Balas

Terimakasih Nhis infonya,,and teriamasih kunjunganya,,,

Balas

Terimakasih kawan atas kunjunganya dan juga commentnya

Balas

wah, aku suka nih mas kue lumpur ini,, sedap..sedap.. dah tau resep nya, tinggal bereksperiment di dapur.. hihihihi

thx info nya mas n salam kenal :)

Balas

Shovya:Silahkan di coba resepnya semoga berhasil,Terimakasih kunjunganya

Balas

enak22...
pengen coba buat lah ntar sama orang rumah, trus selain icip sendiri, pengen dijual juga... hohoh..

Balas

Enakk Nich.., Hehehe....

Balas

boleh tuh buat jualan,semoga sukses,Terimakasih atas kunjunganya,,

Balas

Vickry :Terimakasih atas kunjunganya dan juga commentnya

Balas

wah ibu ane udah bikin ini buat nyambung hidup 20 tahun gan :)
salam kenal

Balas

CORN : Terimakasih gan atas kunjunganya,commentnya,salam kenal juga yah

Balas

wahhh..nampak sedap nihhhhh

Balas

emmeraz: terimakasih for your comment

Balas

Kunjungan malam,Pak....
Btw,kuenya ini di bakar ya?
Kirain di kukus.... :)

Mampir balik ya Pak?hehe...

Balas

seperti membuat martabak manis saja Bunda,ccuma yang ini cetakanya khusus untuk kue lumpur,BTW Terimakasih Bunda atas kunjunganya,and saya pasti berkunjung ke blog Bunda,,

Balas

kue lumpur kalo dinikmati sama es campur kayaknya mantap.. ^^d

Balas

betul mas mas Ardy,terimakasih atas kunjunganya,,,,

Balas

berarti mas dede...kalah ya sama saya... soale sy lebih dulu suka hampir 25 thn yg lalu..akan kue ini...hehe

btw yg di tengah itukan..pake kismis ya mas...
wah...gara2 mas dede..publish kue lumpur...sy jadi kya jd orang ngidam nih...

tapi udah malam gini...cari di mana ya...wkwkwk :D

Balas

bener mas Budi,saya mengenal kue lumpur sejak 15 th yg lalu,ketika saya dipindahtugaskan ke Jawa Timur,,betul harusnya kismis,tapi yang ini saya ganti dengan coklat biasa,kalau daah malam nyarinya kue lumpur di Lapondo banyak tuh mas Budi hahaha,,,

Balas

mungil bgt sob kue'a, hehee
member 547 di tunggu follback'a sob :D

Balas

iya mas Ahmad Yazid,terimakasih yah,salam succes selalu

Balas

Saya sangat suka sekali dengan makanan yang satu ini.............emmmmhmmmmmm

Balas

Terimakasih sob atas commentnya,and kunjunganya,,salam succes

Balas

wah hebat benar jika dilihat dari namanya itu menjadi daya tarik ya mas, gimana ngak jadi daya tarik, namanya saja kue lumpur heehee

Balas

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya

Copyright © 2013. TENTANG MAKANAN - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger