URAP-URAP IKAN GURAMI



Osporonemus Gouramy  adalah bahasa latinya untuk Ikan Gurami,penghuni air tawar ini sangat indah,karena mempunyai postur tubuh yang sangat proporsional,bukan itu saja yang membuat manusia suka sama ikan yang satu ini,disamping dagingnya yang sangat tebal juga kegurihanya itu yang membuat manusia ketagihan,hehehe,


Gurame sudah menjadi makanan yang dikenal masyarakat bahkan digemari. Manfaat dari ikan gurame yaitu sebagai sumber penyedia protein hewani yang baik untuk kesehatan manusia.
Banyak Restoran yang menjadikan Ikan Gurami ini sebagai menu special,di samping banyak penggemarnya,keuntunganya yang sangat lumayan tinggi di banding dengan menu ikan lainya,itulah sebabnya,para pengusaha Resto berlomba-lomba membuat special menu yang bahanya menggunakan ikan Gurami,

Ada banyak olahan yang khusus untuk Ikan Raja air tawar ini,di antaranya seperti : Gurami asam manis,Gurami goreng Terbang,Gurame Saos Pesmol, Pepes Gurami,dan masih banyak lagi olahan khusus untuk ikan yang satu ini,

Kemarin saya mencoba memadukan Ikan Gurame dengan sayuran,hasilnya lumayan juga sih,awalnya saya melihat sayuran untuk urap-urap, ( Preparations )karena besok banyak rombongan dengan menu tersebut,kemudian saya mencoba membuat tumisan sayuran itu,,wah jadi panjang kali lebar dech, ok langsung ke tujuan saja yah,

Nah seperti biasa bagi anda yang suka iseng di dapur,Bahwa anda di benarkan,di perbolehkan mencontek atau mengcopy resep di bawah ini,silahkan,,,

URAP-URAP IKAN GURAMI

Bahanya :

Bahan 1 : 1 ekor Ikan Gurame uk 500 gr di fillet ( daging gurame di potong tipis-tipis,lumuri dengan 
                   Perasan air jeruk nipis,dan garam kemudian sisihkan
                   Kepala ikan dan tulangnya biarkan utuh,kemudian di goreng sambil di bentuk menyerupai    
                   wadah yang cekung
Bahan II : Bawang merah di iris tipis ( untuk tumisan ) Cabai merah besar buang bijinya,juga di iris tipis
                  Kacang Panjang di potong  uk setengah senti,Sereh diambil bagian dalamnya saja kemudian
                  Dipotong seperti kacang panjang tadi,Taoge panjang,buang akarnya,kemudian di patahkan
                  Hingga menjadi dua bagian,
Bahn III   :Kelapa parut yang sudah di siapkan taburi dengan garam dan sedikit gula pasir,kemudian di
                  Kukus  setelah itu kelapa parutnya di oven cukup tiga menit saja
Caranya : Tumis bahas no II Dan bahan no 1 sampai matang dan menyatu, ( Rasanya ) kemudian   
                  Campurkan semua bahan yang sudah jadi,kemudian di susun pada Kepala ikan/ tulang yang
                  Sudah di goreng dan di bentuk tadi,tempatkan di sebuah piring saji yang pas untuk menu
                  seperti ini,kemudian hidangkan, hemmmmh boleh di coba,
SELAMAT MENCOBA

26 komentar:

  1. kayaknya enak nih...
    mau donk di bikinin gratis...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kalau mau yang gratis datang langsung ya sob,hehe BTW Terimakasih kunjunganya

      Hapus
  2. Kalau di Malaysia, ikan ini yang kami gelar ikan kaloi ini dijadikan ikan hiasan dan sangat mahal harganya. Kami pernah makan gurame bakar di Dapur Sangkuriang sewaktu berkunjung ke Bandung tahun lepas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha nama yang berbeda rupanya,jika Amie ke jawa jangan lupa singgah di tempat saye, terimakasih for your comment

      Hapus
  3. wah..jadi laper liatnya hee..mau belajar bikin ah..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Gan di coba gampang ko hehe BTW Terimakasih commentnya

      Hapus
  4. liat gambarnya aja udah kepengen, apalagi ada di depan mata... maknyoss

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe silahkan di cicip kawan,Terimakasih kunjunganya,selamat beractivitas

      Hapus
  5. hadehhh jadee laparrr.. minta urap-urap guraminya dunx om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jhony: makan atuh kalau lapar hahaha,Terimakasih untuk commentnya

      Hapus
  6. enaknih, tapi mau bikin juga jadinya ga kayak yang di foto :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hzndi:jangan salah foto itu cuma gambar,jadi jangan dimakan yah hahaha BTW twrimakasih untuk commentnya

      Hapus
  7. Liat fotonya aja udah ngiler... :)
    Apalagi ngeliat hidangannya tersaji di hadapan kita yach...hmm..menggugah selera.. :)
    Ijin bungkus resep nya ya sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Budi os : silahkan di coba yah dan Terimakasih atas kunjunganya

      Hapus
  8. Bentuknya aja kelihatan enak, rasanya pasti juga sangat enak..
    Pacar saya harus baca blog ini supaya masakannya enak hehehe... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide bagus tuh kawan biar tambah pintar Pacarnya hehe,terimakasih kunjunganya

      Hapus
  9. Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga kawan,pasti datang tuk berkunjung ke blognya mas bro,terimakasih unyuk kunjungannya

      Hapus
  10. enak nih kayaknya dicoba,,,tapi penginnya yang udah jadi ada enggak yah,,,hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha boleh mas bro,datang langsung yah,and terimakasih for your comment

      Hapus
  11. wah menu nya kali ini kesukaan ku gan...trimakasih...salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di contek kawan,gampang and mudah prosesnya,BTW Terimakasih kunjunganya

      Hapus
  12. salam DD, nampaknya di tempat anda ikan ini mudah didapati ya.Ikan itu sangat cantik kebetulan aku ada sebuah kolam hias..kalau lah boleh, aku ingin membeli ikan ini hidup, utk.ku pelihara dikolam hias ku itu.Ada cadangan? hehehe..cantik ni ikan, lebih cantik dari ikan kap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puteri:banyak di Kampungku,kalaulah suka nanti di transper via rekening bank saje hahaha

      Hapus
  13. Balasan
    1. Terimakasih Toko Online Kalistajaya.atas commentnya,salam succes

      Hapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya