RENDANG DAGING


Postingan  sebelumnya yaitu “Gulai ayam Sumatera”dan untuk sekarang yang ingin saya bagikan adalah “Rendang daging”,saya yakin bahwa semua orang sudah tahu bahkan pernah merasakan yang namanya rendang,tapi tidak ada salahnya kalau saya kali ini berbagi tentang makanan  yang satu ini,siapa tahu jadi inspirasi buat para pembaca,dan yang hendak saya bagikan ini murni resep saya sendiri ,dimana dulu saya pernah belajar cara membuat rendang ini dari teman saya asli orang Sumatera,namun mohon maaf sebelumnya kalau resep ini tidak sama persis dengan aslinya yang ada di Sumatera,karena memang sudah tercampur dengan tangan saya yang 100% asli Sunda  , dan untuk temanku yang di Sumatera ( Buyung ) terimakasih untuk semua yang telah kamu ajarkan kepada saya,salam success untukmu selalu Kawan,

Gara-gara kemaren sore saya mendapat kabar dari bagian Marketing bahwa pagi ini akan kedatangan tamu dari” PT INTILAND GRANDE SURABYA”,sebanyak 280 Orang,pesan paket menu yang isinya,Rendang daging,Bakwan Jagung,Sayur buncis tahu,dll,cukup sibuk juga sih,karena yang namanya rendang kan cukup lama prosesnya,tapi Alhamdulillah lancar-lancar saja,dan sekarang mereka sudah mulai menikmati hidangan tersebut,

Oh iya untuk memudahkan anda pemirsa yang ingin mencoba ,senganja ukuranya saya pergunakan sendok saja,
Ok dech sekarang kembali ke benang merah lagi yah,bahan yang deperlukan untuk membuat rendang adalah 

bahan utama:

  •  1 kg Daging sapi ( di potong bentuk persegi ukuran rendang )
  • 3 btr kelapa parut ( di ambil santanya yang kental kira-kira jadi 2 liter )
  • 1 kg Cabai merah ( yang sudah digiling halus )

Bumbu yang di haluskan:

  • 10 siung bawang merah,( ukuran sedang,kalau kecil tambahkan menjadi 15 siung )
  • 5 siung bawang putih
  • 3 ruas kunyit / kunir,yang masih segar,dikupas bersih
  • 2 ruas Lengkoas,yang masih muda agar mudah di haluskan
  • 10 btr Kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt Jinten
  • 1 sdm Adas manis
  • 0,5 sdt Merica / lada bubuk
  • 1 sdt Biji pala ( sang sudah di giling halus )

Bumbu pelengkap:

  • 4 biji kapolaga
  •  3 batang Sereh / serai yang masih segar ( dimemarkan )
  • 10 lmbr daun jeruk ( yang masih segaar )
  • 5 lmbr daun salam ( kering tidak masalan )
  •  2 lmbr daun kunyit / daun kunir 

Caranya :

Setelah bumbu di haluskan kemudian di tumis sampai harum,masukan juga bumbu pelengkapnya ,yaitu Serai,daun jeruk,daun salam daun kunyit ,kapolaga,sampai benar-benar matang,setelah itu masukan santanya,aduk terus sampai mendidih,kemudian masukan perlahan-lahan daging yang sudah di potong dan dibersihkan,kemudian tambahkan Garam,gula,dll,kecilkan api,terus masak sampai kuahnya susut dan dagingnya empuk,setelah dirasa sumuanya cukup,maka angkatlah dari tempat pemasakan ke tempat khusus rendang,

Dan sekarang rendangnya sudah siap untuk di hidangkan,sementara lebihnya boleh anda simpan di lemari pendingin,nanti kalau hendak dimakan lagi anda tinggal ambil secukupnya saja,kemudian panaskan di dalam microwave 3 menit saja,langsung panas lagi seperti baru,
Demikian sekilas tentang” RENDANG “semoga ada guna dan manfaat bagi anda pemirsa di rumah;

Selamat mencoba,,,,

20 komentar:

  1. Balasan
    1. Herman:pastinya dink hehehe BTW terimakasih atas kunjunganya

      Hapus
  2. Nampaknya bumbunya sama seperti rendang di tempat kami, dan yang pastinya sangat enak sudah tentulah kerana pati santannya yang kental dari 3 biji buah kelapa itu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amie;salam succes ,terimakasih for your comment,

      Hapus
  3. pasti rasanya enak bener.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahmad:silahkan di cicip yah hahaha,thanks yah sob atas kehadiranya

      Hapus
  4. Dilihat dari bentuk dan tampilannya ... sangat menggugah selera. jadi pengin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sundul:terimakasih commentnya,dan juga kunjunganya,salam persahabtan gan

      Hapus
  5. Mantab kang resepnya, jadi lapar nih ..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Jefan,terimakasih atas kunjunganya,,

      Hapus
  6. Maaf mas dede , apa resep rendangnya ga pakai gula merah ? Jika pakai , berapa banyak ya ? Terima ksh sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tergantung selera mbak Deborah,boleh pakai gula merah atau gula pasir juga boleh,tapi kalau saya pakai dua2nya hehe

      Hapus
  7. Jadi lafar gini kang kalo liat masakan rendang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan atuh dicobain dulu kang Ardy hehe

      Hapus
  8. rendang daging ini biasanya terdapat di Rm padang yan kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas george pisan,tapi kalau sekarang dihampir semua rumah makan pasti ada rendangnya hehe

      Hapus
  9. wahh jd dpt ide nih menu bwt mkn mlm,,,hihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak Tien boleh dicoba,mudah dan sederhana hehe

      Hapus
  10. Kalau ngomong dan lihat rendang daging pastilah enak, namun bagi saya rendang dari jenis bumbu yang terbuat dari bahan dasar alami dan di masak yang masih tradisional lah yang mantap Kang, karena hasil racikan bumbumnya pun beda di lidah. ha,, ha,, ha,,,

    Salam

    BalasHapus
  11. Kak 1 Kg cabai merah ga kebanyakan ya? horor banget 1 KG cabai merah

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya