SATAI SAPI


Postingan terdahulu saya menulis tentang sate “Domba Muda” kali ini yang akan saya bagikan adalah sate “SAPI “,Walaupun saya tahu bahwa anda sudah tidak asing lagi sama yang namanya sate ( Satai ) saya rasa tidak ada salahnya kalau saya angkat lagi tentang sate,karna saya piker masih jarang yah yang jualan sate sapi,kecuali di Jakarta memang banyak sih yang jual sate sapi ( itu dulu ) entahlah kalau sekarang,karena sudah lima belas tahun saya tidah menginjakan kaki ini di tanah Ibu Kota,
Tadi pagi saya melihat rekan kerja sedang motong daging sapi untuk Rendang,eh,, tiba-tiba teringat sama yang namya sate,akhirnya saya mencoba membuat sate tersebut,tepatnya bukan mencoba sih,karna sebelumnya waktu masih di Jakarta memang di resto tempat saya kerja menjualan sate yang satu ini,dan cukup laku sekali pada waktu itu.

Sate sapi memang prosesnya tidak sama dengan  sate-sate yang lainya,karena sate sapi harus dibumbu mentah ( marinade ) terlebih dahulu sebelum di bakar,gunanya agar daging sapi terasa gurih,dan cepat empuk.maklum dari teksturnya saja sudah jauh berbeda dengan daging kambing dan ayam.

Daging yang digunakan untuk sate  sebaiknya adalah daging khas ( Tenderloin ) ,kalau orang Jawa Timur  nyebutnya daging lulur, pada dasarnya daging paha juga tidak masalah,yang penting bagaimana kita cara mengolahnya saja,karna banyak cara alami untuk mengepukan daging sapi,
Baiklah selanjutnya kita buat dulu bumbu untuk “marinade”

Bahanya :

  • 10 gr Bawang merah
  • 5 gr Bawang putih
  • 5 gr kemiri
  • 10 gr kunyit ( kunir )
  • 5 gr Ketumbar
  • 10 gr Nanas muda
  • Garam ,penyedap, secukupnya saja

Caranya :

Haluskan semua bumbu di atas kemudian lumurkan ked aging sapi yang sudah di tusuk-tusuk ( berbentuk satai ) kemudian diamkan sekitar sepuluh menit agar bumbu marinade meresap sampai ke bagian dalam daging satai tersebut.

Kemudian bakar di atas bara yang tidak terlalu besar,agar hasilnya bagus ( tidak hangus ) angkat susun di piring saji.kemudian siram dengan bumbau kacang,yang sudah disiapkan sebelumnya,untuk resep bumbu satai ( saos kacang ) bisa klik disini

Percantik dengan taburan bawang goreng dan perasan air jeruk limau,eeemmh sedapnya.Selain bumbu kacang ,yang cocok untuk satai sapi adalah bumbu kecap,anda boleh contek resep cara membuat bumbu tersebut dibawah ini:

Bahanya : 

  • 4 buah cabai rawit di chop saja
  • 2 biji bawang merah juga di chop
  • Irisan tomat dibutuhkan dari setengah buah saja
  • 1 buah jeruk nipis diambil airnya saja,
  • 4 sdm Kecap manis
Caranya : campurkan semua bahan tadi kemudian  masukan kecap manisnya aduk sampai rata,selanjutnya terserah anda ,karna yang namanya bumbu kecap sudah jadi,dan sudah siap untuk disantap,
Selamat mencoba

10 komentar:

  1. Kunjungan malam sob, sekalian lihat reserp barunya yang bikin aku pengen makan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha baunya sampai kesana toh.okelah kalau beditu mas bro,terimakasih commentnya

      Hapus
  2. Kunjungan pagi agak siangan..... nanas muda itu untuk bikin empuk daging sapi ya babe dede? bisa dipake untuk daging lain gak? misalnya untuk daging yang mau dijemur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baktiar : Terimakasih mas Bro,atas kunjunganya dan juga Commentnya,
      selamat beractivitas,,,,

      Hapus
  3. kalau restoranmu dekat, aku sekeluarga lepak makan sate ni..sampai pagi..hahaha,minum ais kacang lagi,gito.Hemm apakan daya..hanya menatap gambar dan membayangi enaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PUTERI : haha kapan ada kesempatan berkunjung ke Jawa hehe
      tapi kamu boleh cuba resepnya di rumah,sebelum datang ke Indonesia ,,hehe
      BTW Terimakasih atas kunjunganya,,,,,

      Hapus
  4. Insyallah, suatu hari akan sampai juga ke tanah jawa..terimakasih undangannya.Teruslah berkongsi resepi yg.enak2 ya.Jawa terkenal dengan kepakaran masakan tradisi dan moden sejak berkurun lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Puteri,atas kunjunganya,commentnya,succes selalu untukmu

      Hapus
  5. ini baru kesukaan saya... mantap satai sapi, apalagi satai kambimg, hmmmmm yummiiiii

    BalasHapus
  6. makannanya keliatan enak nih,,,, :D

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya