UBI KALECI



Camilan ( snacks ) sudah jadi hal lumrah keberadaanya,baik dalam acara meeting,nonton TV,bahkan sapai dibawa dalam perjalanan pulang kampoeng,ataupun piknik( picnic ) malah di meja kerja para pegawai sering saya lihat satu atau dua macam camilan,
Tadi pagi setelah selesai menyiapkan  Paket Lunch Education untuk siswa siswi “ SD MUHAMMADIYAH SEPANJANG
”,yang berjumlah 203 Orang,saya melihat Assisten Cook sedang ngupas umbi “ Hui boled”( bahasa sunda ) “Telo” ( bahasa Jawa Timur ) saya langsung teringat pada yang namanya “Camilan”,ahirnya iseng-iseng  membuat camilan yang namanyapun saya belum tahu,namanya juga iseng hihihi,setelah  jadi baru saya teringat masa kecil,yaitu suka maen Kaleci ( kelereng/ gundu ) karena yang saya buat itu bentuknya  mirip seperti kelereng,dan hebatnya lagi tidak sampai lima menit camilan tadi ludes dimakan rekan-rekan kerja saya,tapi saya sangat senang sekali ketika mereka  mengatakan “UEENAK TENAN “dan minta dibuatkan lagi,hehehe ( jadi GR )
Saya suka akan ubi boled,karena bisa bibuat maca-macam olahan,seperti : biji sak,candil,keripik,dan masih banyak lagi olahan yang berbahan dasar ubi boled ini,
Selain karbohidrat sebagai kandungan utamanya, ubi boled ini juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa).yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.
Olahan ubi boled yang sekarang ingin saya bagikan adalah “ UBI KALECI “Rasa yang terkandung didalamnya bisa beraneka rasa,tergantung sipembuatnya saja,kalau saya tadi membuat rasa Cokelat,Keju,Strowbary,dan rasa Nanas.

Bahan utama :

500 gr Ubi boled ( kupas dan bersihkan )
25 gr Tepung kanji
1 btr Telur ayam ( dikocok sebentar )
100 gr Tepung roti
0,5 sdt Garam
Untuk bahan “isi” terserah anda boleh Keju,selai,ataupun cokelat

Caranya :

Kukus ubi yang sudah dibersihkan tadi sampai matang,kemudian di haluskan,campukan tepung kanji,garam,dan uleni sampai kalis ( tidak nempel di tangan ),kemudian bentuk bulat seperti kelereng,kemudian isikan bahan isi yang sudah disiapkan dan dibentuk lagi hati-hati jangan sampai bocor.
Celupkan adonan yang sudah dibentuk tadi kedalam kocokan telur,setelah itu gulingkan di tepung roti,kemudian di goreng (api kecil saja agar hasilnya bagus sesuai keinginan.goreng sampai warnanya menjadi cokelat keemasan,lalu angkat dan didangkan,
Cocok buat para blogers mania,sambil ngenet makan camilan yang satu ini hehehe,di jamin postinganya lancar hahaha

Selamat mencoba,,,,,,,

 

34 komentar:

  1. Balasan
    1. Terimakasih ma Herman,atas kunjunganya,selamat malam Jumat,hehe,
      succes selalu

      Hapus
    2. paling bagus pake ubi apa ya biar mantap

      Hapus
    3. @ Jojon:Pada dasrnya sama saja sih ,yang namanya Ubi,namun saya sarankan yang paling bagus adalah ubi cilembu,karena sudah didukung rasa manis alami,coba dech,,,,,

      Hapus
  2. oooh.. saya terfikir apa itu ubi boled... kalau lihat gambar di sebelahnya tu, hirisan warna ungu itu... kami panggil ubi keledek, memang macam-macam kuih boleh dihasilkan menggunakan ubi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amie ; Iya ini umbi berwarna ungu,dan banyak makanan yang berbahan dasan umbi ini,ok Amie terimakasih atas kunjunganya,salam succes,,,,

      Hapus
  3. Gan Ane mau kasih masukkan, bijimane kalau Agan juga menyertakan ongkos biaya masak makanannya di setiap artikel.

    Jadi pembaca bisa memperkirakan murah/mahalnya. Dan mungkin juga bisa bermanfaat buat yg mau usaha kuliner dgn modal tipis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide yang bagus kawan,itu namanya "cost / costing "malah saya gakpernah terpikirkan,ok InsyaAlloh untuk kedepanya .
      Terimakasih sob masukanya,salam succes selalu for you,,,,

      Hapus
    2. Sip Gan, soalnya ane sering liat blog kuliner belum pernah menyertakan itu. Lanjutkan.

      Hapus
    3. ok gan,ini ane mau posting " tips membuat costing "
      Terimakasih atas kunjunganya sob

      Hapus
  4. ubi banyak juga pilihan olahannnya ya,bisa dicoba nih resepnya kang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Darmanto,,malah sekarang mulai marak di pasaran yaitu ubi boled jepang,yang bisa dibuat menjadi kue PIA,dll,
      silahkan Man bro boleh dicoba resepnya,Terimakasih atas kunjunganya Mas

      Hapus
  5. Balasan
    1. Mas Ahmad Yazid:terimakasih yah sudah berkunjung,salam succes Gan

      Hapus
  6. Assalammualaikum DD,
    wah bagus ni, resepi yg mudah.Terimakasih kongsikannya.
    Selamat menyambut hari raya aiduladha, semoga keberkatan Allah selalu bersamamu.Panjang umur dan mendapat rezeki yg.tidak putus2 dari Allah. amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puteri : Wa'alaikum salam w wb,Amiin,,sama selamat Hari Raya Qurban,
      Terimakasih atas kunjunganya dan juga commentnya,,,

      Hapus
  7. Balasan
    1. ariflaw: pasti enak hehe,terimakasih yah mas bro,salam cucces

      Hapus

  8. Nah Mas..., keren neh artikel..., I Like..

    BalasHapus
    Balasan
    1. satelit-ilmu:terimakasih atas commentnya dan juga kunjunganya mas bro

      Hapus
  9. Balasan
    1. galedegf:haturnuhun sudah meramaikan yah,salam bloger,and salam persahabatan,,

      Hapus
  10. Ulasang lengkap dan Detail, Jarang ditemukan yg seperti ini, mantapss Sobb

    BalasHapus
    Balasan
    1. 91-blog:makasih loh ( saya jadi GR,hihi )

      Hapus
  11. kunjungan perdana mas :) sambil baca2

    visit, koment, n follow back di blogq y :)
    blog km sudah ak follow

    BalasHapus
    Balasan
    1. In'am Achsan:siap bro,pasti kunjung balik,and follback,di tunggu yah,,,

      Hapus
  12. WAW.... apalagi makanan ubi kaleci nya di temani sama kopi panas hmmm...maknyuzzz ya mas.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha bener banget mas Budi,sambil ngeblog yah tambah sip deh,Terimakasih yah mas bro atas commentnya,,,

      Hapus
  13. di godok wae aku seneng mas bro,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan di godok,di kulub kalee hehe,makasih yAH kunjunganya,,,

      Hapus
  14. masakan sederhana namun mantap

    BalasHapus
  15. Wih enak jiganamah pa ubi na hehe , mantap lah , salam blogger pa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan enak atuh Kang ,tapi enak banget heuheu

      Hapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya