TERONG UNGU



Secara kebetulan kemaren sore saya melewati kebun “pembibitan” yang ada di lingkungan tempat saya bekerja saat ini,disana sangat komplit dari yang namanya bibit bunga,sampai pepohonan hias berbagai macam jenis pohon semuanya ada,bahkan beberapa jenis sayuranpun ada,seperti Tomat,Cabai, Sawi dan masih banyak yang lainya,

Namun yang menarik perhatian saya waktu itu adalah “Terong Ungu “/terung ungu,karena mungkin sudah agak
lama saya gak masak yang namanya Balado Terong,kemudian saya minta ijin kepada penguasa kebun tersebut ( Pak Sugeng Riyadi ) untuk memetik terong ungu tersebut,dan di ijikan ahirnya saya petik hanya dua buah saja.

Sambil ngobrol-ngobrol dengan beliau saya sempatkan untuk bertanya lebih jauh mengenai terong yang satu ini,kemudian beliau mulai cerita tentang si ungu yang semampai ini hehe,lebih lanjut beliau mengatakan  bahwa : terong ungu ini berasal dari India dan tumbuh secara liar,yang pertama kali membudidayakan tanaman yang satu ini konon katanya di mulai oleh orang Cina.

Terong merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan tubuh kita,dan selain itu juga mengandung yang namanya vitamin B dan mineral seperti magnesium dan mangan, warna ungu pada terong tersebut mengandung zat yang sebut Antosianin, antosianin dapat mencegah tekanan darah tinggi dan hepatosis (penyakit karena kekurangan vitamin E atau selenium), dan meningkatkan penglihatan di saat malam tiba,cocok untuk yang suka begadang nih hihihi.
Terung ungu (Solanum melongena)kalau di daerah pulau Jawa lebih dikenal dengan sebutan “Terong “kandungan lain yang terdapat pada tanaman ini adalah :vitamin B, termasuk vitamin B1, B3 dan B6 yang membantu tubuh kita untuk mengubah karbohidrat menjadi energy,dan juga  dapat membantu menghanhurkan lemak dan protein.
Demikian sedikit info yang saya dapatkan kemarin sore,semoga saja berguna bagi para pemirsa semuannya,dan mohon maaf kalau ada kekeliruan dalam penulisan ataupun bahasa yang kurang tepat.
Setelah tahu kandungan terong ungu ini,sekarang saya akan berbagi cara pengolahan sederhana terong ungu,,selain di buat campuran sayur lodeh,terong ungu ini biasanya diolah menjadi balado,dan kalau anda masuk ke rumah makan Padang disana pasti ada yang namanya Terong balado.bahkan di warung-warug non Padang juga banyak yang menjualnya.
 BAHAN UNTUK BUMBU BALADO

Bahan :
    3 Buah Terong ungu ukuran sedang ( sesuai selera anda )
100 gr Cabai merah besar
  50 gr Cabai rawit merah
100 gr Bawang merah
100 gr Tomat merah
  50 gr Bawang putih
  50 gr Lengkoas ( laos )
    5 gr Daun jeruk (-+ 25 lmbr )
    4 btg Serai ( sereh )
    5 lmbr daun salam

 Garan, gula pasir,penyedap rasa ( secukupnya )

Caranya:

Belah terong ungu menjadi dua,kemudian di goreng sampai empuk,ada juga suka dibakar ini lebih wangi aroma khasnya,( coba dech ) kemudian angkat dan sisihkan,

Kemudian semua bahan di giling ( di blender ) tapi jangan terlalu halus,kecuali daun salam dan serai ( biarkan utuh ).

Selanjutnya  panaskan sedikit minyak goreng lalu tumis semua bumbu,tambahkan garam,gula pasir dan penyedap rasa,masak terus sampai matang dan harum dan nampak berminyak,

Susun terong yang sudah digoreng tadi di piring saji,kemudian bubuhi dengan bumbu balado yang barusaja anda masak,dan sekarang jadilah yang namanya “Balado Terong Ungu “

Demikian cara sederhana tentang olahan terong ungu,semoga ada guna dan manfaat bagi inda semua,Terimakasih dan selamat mencoba

Dede Thea.

 







26 komentar:

  1. wuih abong sheftnya sagala jadi makanan enak,liatnya juga bikin ngiler kang,haturnuhun resepna kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atuh pasti Kang Zig zoor hehe,,,,BTW Haturnuhun Kang atas kunjunganya,salam hangat dari jauh,,

      Hapus
  2. KY suka sangat makan terung, biasa KY goreng merah aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih KY anda sudah singgah at my simple blog,salam persahabatan and succes for you

      Hapus
  3. wah mas manteb ini mah, trong plus sambel.
    hmm.. jd laper, hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas Achsan di cicip hhehe,Terimakasih sob atas kunjunganya,,,

      Hapus
  4. kesukaan akang, tapi aku pakenya cabe merah gede biar ga pedes..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Ay Sagira,hati-hati jangan terlalu pedas,bahaya hehe,BTW Terimakasih eayah atas commentnya,salam succes 4U

      Hapus
  5. salam DD bagus resepi ni untuk si peminat terung ungu
    Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Puteri,terimakasih atas kunjunganya,mohon ma'af saye belum sempat berkunjung to your blog,InsyaAlloh nanti pergi kesana,Salam hangat dari jauh,,,

      Hapus
  6. Balasan
    1. Terimakasih Mas Ahmad Yazid,salam bloger and succes selalu

      Hapus
  7. nampak sedaplahhh..!
    Jadi teringin mahu mencubanya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicuba cik Nur,sangat mudahlah,and terimakasih for your comment,salam hangat and salam persahabtan,,,

      Hapus
  8. Kelihatannya enak banget... tapi saya gak suka terong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin terong yang lain suka hehe ( bercanda ) BTW Terimakasih eayah sob 4Kaos atas kunjunganya,salam succes untuk anda,,,,,

      Hapus
  9. aku nemukan tempat yang pas buat belajar nih ,...aku follow ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bunda Hasni,dengan senang hati kalau mau follow silahkan,dan pasti saya fllback,

      Hapus
  10. wah...makanan kesukaan sy nih mas...hehe
    oh ya mas dede...jemput award di tp ku ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Budi,atas kunjunganya,dan terimakasih banget untuk Awardnya,salam succes selalu untuk mas Budi,

      Hapus
  11. salam kenal mas :)

    wah2,, terong ungu ternyata bisa membantu mengubah karbohidrat toh... btwe eniwey beswey *ehh* jadi pengen makan bener2 menggoda iman :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Ahmad Muazim Abidin,atas kunjungan anda dan commentnya,salam persahabatan,,.,

      Hapus
  12. waduh, siang2 gini ane ngebblog jadi laper ni wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,,Terimakasih kawan Prince,atas kunjungan anda,

      Hapus
  13. Anaa plg suka terong, gambar2 makanannya enak tp binatang kecil yg mondar mandir ini ngilangin selera. he :)

    BalasHapus
  14. hehehe,,lagi ngetes ini binatang mondar mandir bro hehe,BTW Terimakasih atas kunjunganya dan juga commentnya,succes selalu bro,,

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya

Page Navigation by http://dapur-tutorial.blogspot.com/

TENTANG MAKANAN© All Rights Reserved
DEDE THEA