MANFA'AT BUAH KELAPA



Semua orang pasti sudah mengenal dengan yang namanya buah kelapa,namun tidak semua orang tahu apa saja sih yang terkandung dalam buah kelapa,dan apa sih manfaatnya buah kelapa,tapi sebelum dilanjutkan terelebihdahulu mari kita lihat dulu bagian-bagian dari sebatang pohon buah kelapa.

Pohon buah kelapa terdiri dari : Akar,Batang pohon,Pelapah,dan daun,serta buah kelapa.


Akar pohon kelapa merupakan akar serabut yang jumlahnya sangat banyak ,dan gunanya untuk mempertahankan batangnya yang tinggi menjulang agar tidak tumbang,manfaat untuk tanah sekitar pohon kelapa yaitu tidak mudah longsor,dikarenakan terikat oleh akar-akar kelapa tersebut.

Ketinggian pohon kelapa ada yang mencapai 20 meter pada usia 20 th keatas,batang pohon kelapa bisa digunakan sebagai bahan bangunan,bahan untuk purniture,dan bahan lainya sesuai kebutuhan.

Pelapah  buah kelapa adalah seperti kelopak raksasa yang terdiri  dari batang dan daun memanjang dengan  jumlah banyak,daun kelapa memiliki tulang yang biasa disebut lidi,daun kelapa yang masih muda biasa digunakan sebagai janur,dibuat ketupat,sedangkan daun kelapa yang sudah tua biasa dijadikan sapu lidi,atau kerajinan lain yang biasa dibuat oleh para pengrajin khusus.

Daging buah kelapa terbungkus oleh kulit dan sabut,dan juga dilindungi oleh tempurung yang sangat keras,sabut kelapa biasanya dimanfaatkan sebagai tali ( Tambang ) dan bisa dirajut menjadi kesetan atau kerajinan tangan,seperti yang biasa kita lihat di perumahan.sedangkan tempurung kelapa bisa dimanfaatkan sebagai arang ( charcoal ),atau dijadikan kerajinan tangan oleh para pengrajin khusus.

Daging buah kelapa biasa dijadikan santan untuk berbagai kebutuhan manusia,seperti untuk dibuat minyak, ( minyak kelapa )dan masih banyak manfaat lain buah kelapa dari yang masih muda hingga buah kelapa yang sudah tua.Menurut para ahli penelitian bahwa yang terkandung dalam daging buah kelapa adalah 90% asam lemak jenuh dan 105 asam lemak tak jenuh.

Meskipun mengandung asam lemak jenuh namun yang namanya minyak kelapa memiliki rantai karbon sedang,sehingga mudah dicerna oleh tubuh,asam lemak rantai sedang lebih baik daripada asam lemak rantai panjang karena bisa langsung dicerna dalam usus tanpa harus ada proses hidrolisis dan enzimatis.

Sejauh ini produck olahan buah kelapa yang dinyatakan paling bermanfaat oleh para peneliti  adalah Virgin coconut oil “( VCO ) ini merupakan  minyak yang dihasilkan  melalui proses tertentu  sehingga menghasilka produck alami yang bisa membantu untuk kesehatan tubuh manusia .

Asam lemak rantai sedang juga tidak diubah menjadi lemak atau kolesterol serta tidak mempengaruhi kolesterol darah,dan terkait dengan manfaatnya  asam lemak rantai sedang ini berkemampuan secara spesifik yaitu antara lain: anti-fungsi,anti-bakteri,antI-protozoa dan juga anti-virus.

Ternyata bukan hanya daging dan minyaknya saja  yang bermanfaat dari buah yang satu ini,airnyapun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia,karena yang namanya air kelapa disinyalir banyak mengandung zat gizi,maka dengan kandunganya yang padat gizi air kelapa bisa dikembangkan lagi lebih dari itu.Menurut analisis dalam air kelapa tua mangandung 91% mineral,0,3%protein,0,15% lemak,7,3% karbohidrat dan 1,06% abu

Air kelapa juga mengandung vitamin C 2,7 mg/100ml.sedangkan kandungan mineral air kelapa terdiri dari kalium,natrium,kalsium,magnesium dan lainya.

Karena dengan banyaknya kandungan zat gizi yang terdapat pada air kelapa sehingga menjadikan air kelapa tersebut sangat kaya akan khasiat,untuk mengobati penyakit kolera,muntah-muntah,cacar dan campak,termasuk penyakit kulit,hanya dengan cara diminumnya,selain itu air kelapa juga memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi minuman isotonik,karena dalam air kelapa tersebut memiliki kandungan mineral dan gula yang sangat sempurna,sehingga memiliki keseimbangan elektrolit.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat minyak kelapa sendiri,caranya sangat mudah sekali,karena tidak memerlukan keahlian khusus,seperti orang-orang jaman dulu,mereka membuat minyak kelapa untuk kebutuhan memasak dan untuk kebutuhan obat dengan cara membuatnya sendiri secara tradisional yaitu:

  • Pilih buah kelapa yang sudah tua,kemudian dikupas ( banyaknya terserah )
  • Cuci buah kelapa yang sudah dikupas kemudian diparut
  • Peras hasil parutan kelapa sampai santanya keluar semua
  • Masak santan dalam wadah cekung atau wajan,dengan api sedang
  • Aduk terus agar santan tidak pecah,

Proses pemasakan memang agak lama,namun hasilnya sangat bermanfaat,maka dari itu kalau boleh saya sarankan jika anda ingin praktek selain bahanbaku yang disiapkan,anda juga harus ada beberapa pendukung lain yang membuat kita nantinya tidak bosan,seperti Kopi Radio kalau perlu bawa laptop hahaha,jadi membuat minyak sambil online hahaha

Lama-kelamaan santan yang dimasak tadi akan menyusut dan warnanya akan menjadi kekuning-kuningan,dan itu menandakan bahwa minyak sudah hampir jadi,aduk terus sampai benar-benar sudah menjadi minyak seperti yang diharapkan,

Setelah itu diamkan sampai dingin,kemudian disaring,dan ampasnya bisa dimanfaatkan untuk campuran sambal,atau dimakan begitu saja ,karena ampas tersebut rasanya sangat enak dan gurih,kalau di kampung saya ampas minyak tersebut di sebutnya “galendo”,rasanya ueeenak tenan,coba dech hehe

Demikian sedikit info tentang buah kelapa dan manfaatnya,kurang dan lebihnya saya mohon ma’af,namun mudah-mudan saja ada manfaatnya untuk anda yang baca artikel sederhanan ini.

T e r i m a k a s i h
Dede Thea
share to whatsapp

71 komentar:

  1. kalo saya...suka(seneng) sama buah kelapa...kalo udah jadi es kelapa muda kang....

    apalagi minumnya...bis makan nasi goreng buatan kang dede...pasti maknyuss deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheuheu,,,,sueger yah mas hehehe

      Hapus
    2. proses pembuatannya...tergolong sederhana ya kang...selainitu juga alami dan pastinya udah jelas baik buat kesehatan..

      hehe...asyikk juga tuh nyambi ngaduk minyak di wajan sama di selingin ngenet juga...wkwk :D

      Hapus
    3. hehe iya Ma biar gak ngantuk haha

      Hapus
  2. Pohon kelapa memang multifungsi mas semua bagian dari pohon ini bisa digunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kang Bro,,,terimakasih atas kunjunganya,,

      Hapus
  3. kalau mamang suka tuh endapan dari pembuatan minya kelapa namanya galendo ya kang ehheheh

    BalasHapus
  4. sumuhun Mang Yono namina galendo hehe,,,apal wae euy hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau WS mah yg paling seneng dari kelapa itu es kelapa muda :D
      waktu kerja di ciamis dulu WS juga sangat seneng dengan galendo hehehe...
      sayang di tempat sekarang mah ga ada yg jual...

      Hapus
    2. Kang WS ngadamel nyalira atuh galendona hehe

      Hapus
    3. tah es kalapa muda juga suka... pokonya yang muda - muda pasti mantap eheheheh

      Hapus
    4. apapun buahnya yang penting muda haha,,,kecuali kedondong haseunnnn hehe

      Hapus
  5. sok ras inget kana pais galendo heuheu
    kalapa hejo di pais jeng pedes .. bisa bikin tahan lama kang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahan lama naona Rul heuheuehu

      Hapus
    2. bisa tahan lama buat yg lain juga ndak ..ya kang.. :)

      Hapus
    3. iya itu mas Budi yang itu tuh yang dimaksud sama Kang Ruly hehehe

      Hapus
    4. owh...gitu toh..
      jadi ngedadak setengah malu nih sy :)

      Hapus
  6. Saya terus terang baru tahu setelah membaca postingan ini sobat, ternyata kelapa ini memang banyak sekali manfaatnya, selain airnya yg memiliki rasa nikmat dan seger juga banyak khasiatnya. Apalagi air kelapa muda dicampr es memang dicari orang terutama jika bulan puasa.
    Terima kasih banyak sudah berbagi sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha,bener banget kawan,kelapa muda sepertinya identik dengan bulan puasa yah hehe

      Hapus
    2. Kan bentar lagi puasa :)

      Hapus
    3. sebelum puasa cari tiket dulu mas buat mudik hahaha

      Hapus
    4. iya mas budi sebentar lagi bulan puasa
      kelapa muda pasti dicari ...)

      Hapus
  7. sangat bermanfaat sekali ini :)

    BalasHapus
  8. enak yg masih muda, seger klw di kasih es batu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak iNdah opokoke yang muda yang suegerrr hehe

      Hapus
    2. seger kali kang ....

      bukan nya suegerrr :)

      Hapus
    3. haha,,kalau orang Jawa Timur untuk menyatakan sesuatu yg lebih biasanya sperti itu Mas,seger jadi sueger,manis jadi muanis hehehe

      Hapus
    4. berarti kalau nyebutin bubur...
      trus nyebutinnya jadi blubueeer dong....hehe
      pissss :)

      Hapus
  9. selain buahnya yang masih muda rasanya segar ternyata buah kelapa ini banyak manfaatnya ya kang.
    terimakasih infonya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Andes,Terimakasih atas kunjunganya,,,

      Hapus
  10. Mmpir kawan
    http://alanhendrawan.blogspot.com/2013/05/iphone-6-rilis-dan-spesifikasi-rumor.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas Alan atas kunjunganya

      Hapus
  11. berkunjung di siang hari.... pas siganamah mun disuguhan es kalapa muda eheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sumuhun Mang Yono mangga atuh es kalapa mudana tos siap hehe

      Hapus
  12. kelapa semua org pasti suka.., apalg siang2 santap es kelapa.. *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas Rohis,and terimaksih atas kunjunganya

      Hapus
  13. makasih buat tulisannya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih juga sob atas kunjunganya

      Hapus
    2. terima kasih buat dua dua nya...

      Hapus
  14. buah kelapa emang enak klo dimunum siang hari karena bisa menghilangkan rasa haus kita. Nice info sob,,

    Ditunggu kunjungan baliknya ya..
    http://dianarimablog.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak Dian,Terimakasih atas kunjunganya

      Hapus
  15. Apalagi, kalau bulan puasa kang, coba minum tengah hari he...he... di jamin nikmat.( humor )
    Saya sering melihat pembuatan minya kelapa keletik, apalagi yang namanya galendo, sudah harum gurih wah enak deh pokoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak pokonamah yang namanya galendo teh Kang hahaha

      Hapus
  16. Kelapa mulai dari pohon, daun, dan buahnya sangat banyak manfaatnya bagi kita ya Kang Dede. Selamat malam, selamat beristirahat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget Kang Boku,,,terimakasih atas kunjunganya,,

      Hapus
  17. Kalau pas panas-panas saya suka minum air kelapa kang, seger rasanya.... artikel yang bermanfaat sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haturterimakasih Rahasia Hidup Sehat,atas kunjunganya juga commentnya...

      Hapus
  18. parutan kelapa biasanya di goreng sampai keluar minyaknya. dan minyak itu bagus utk menghitamkan rambut dgn alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak Indah,kalau saya membuat yang seperti itu untuk bumbu daging,hehe ternyata bisa menghitamkan rambut yah ,wah kudu dicobanih hehe

      Hapus
    2. jangan lupa keramas kang bis di santenin rambutnya...kuatir nanti...malah di kerubungin sama semut rang rang...hehe :)

      Hapus
    3. haha Iya Ma s Budi,ini sudah persiapan shampo haha

      Hapus
  19. Siang kang dede, kenapa judul postingannya bukan " Manfaat pohon kelapa" ya. Karena bahasannya kan menyeluruh, dari akar sampai pucik pohonnya termasuk buahnya juga.
    hehehhe peace...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. susah kalo yg komen orang pinter :D .. piss ah.

      Hapus
    2. iya Anak Mas bener juga tuh,ok Terimakasih yah mas atas masukanya,,,salam succes

      Hapus
    3. Buat Miz-Tia, saya gak pinter2 amat kok, cuma membacanya sampai habis aja....
      Buat Kang Dede, tetap semangat ya.. saya tunggu nih resep2 lainnya..

      Hapus
    4. Terimakasih Mas bro,sudah membacanya sampai habissss hehehe,,,,

      Hapus
  20. aku suka dari keseluruhan yang ada di kelapa apalagi airnya, tapi kalo dagingnya lebih enak buat es kelapa


    oya knp bberapa hari lalu aku buka blog kang dede gak bisa.. humm humm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Tia,iya waktu itu memang benar saya sendiri juga bingung kayak macet geetoo blognya hehe,tapi sekarang sudah normal lagikan hehehe

      Hapus
  21. katanya bisa mengurangi demam.. bener gak pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi iya,karena kalau orang jaman dulu air kelapa hiajau dijadikan juga sebagai obat demam katanya hehe

      Hapus
  22. Kepala emang banyak sekali manfaat, makasih infonya sob

    BalasHapus
  23. makasih infonya gan..menambah wawasan followback ya gan.
    valentinofebrian.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga Gan atas kunjunganya and juga commentnya

      Hapus
  24. setelah baca artikel tentang manfaat buah kelapa jadi kepengen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kepengen apa Rani??hehe,,,,Terimakaish yah atas kunjunganya,,,,

      Hapus
  25. dari akar sampai daun nya bisa di manfaatkan .. luar biasa banget

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya