KOPI LUWAK



Ahirnya selesai sudah tugasku di Kota Hujan Bogor,dan sekarang sudah kembali ke habitat asliku yaitu di Prigen Jawa Timur,banyak hal baru yang saya temukan di sana,diantaranya pengetahuan tentang dunia makanan dan minuman ,salahsatunya yaitu tentang “Kopi Luwak”, yang ditulis oleh : Kasmito Tina.

Kita semua past sudah mendengar atau bahkan tahu dan merasakan sensasi kopi luwak,tapi secara detail munkin ada yang belum tahu,okay sekarang kita mulai saja,apa sih kopim luak itu??.Kopi luak adalah kopi yang dipanen secara naluri oleh luwak ( Musang Kebun ) luwak hanya memanen biji kopi yang telah benar-benar matang atau kopi yang sudah mencapai puncak kematangan dan berwarna merah tua serta wangi dan sangat manis rasanya.

Buah kopi tersebut kemudian dimakan oleh luwak dengan cara menelanya,kemudian diproses didalam perut luwak sehingga terjadi fermentasi,kemudian dikeluarkan lagi sebagai kotoran berbentuk gumpalan feses,kemudian dikumpulkan oleh para petani dan kemudian dibersihkan lalu dijemur hingga kering,dan jadilah kopi luwak,Secara visual kopi luak bentuk dan warnanya  sama dengan kopi biasa,namun yang berbeda adalah rasanya,

Habitat Luak
Beberapa jenis luwak dapat ditemukan di Asia Tenggara seperti Indonesia,Filipina dan Vietnam juga Afrika ( Ethoipia )tetapi Luak pemakan kopi lebih dikenal didunia,mungkin karena kualitas kopinya lebih superior debanding yang lainya.

Luwak penghasil kopi di Indonesia terdapat di pulau Sumatera disepanjang bukit Barisan,dari Aceh sampai Lampung  melewati danau Toba,Padang ,Jambi dan Bengkulu.Luak juga terdapat di pulau Jawa,Bali ,NusaTenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur,atau bahkan di Timor Timur dan Papua.

Kopi Luwak semakin dikenal dikalangan para penikmatnya di Negeri ini dan para penikmat kopi dunia, karena asal usulnya yang unik serta persedianya sangat terbatas.Producksi tahunan kopi dari Indonesia tidak menentu,hal ini dikarenakan ketergantunganya pada alam,populasi luak dan juga permintaan pasar.

Kopi luwak sangat diminati dari tahun ke tahun karena bantuan dari media cetak dan media TV yang berperan active  mempromosikan jenis minuman yang satu ini,sehingga tidak heran kalau yang namanya kopi luak sangat popular dan melegenda dikalangan para penikmatnya.

Menurut laporan dari berbagai media : produksi kopi luwak Indonesia berada dalam kisaran 500 kg dan kapasitas ini lebih besar bila dibandingkan dengan kopi Weasel Vietnam dan Kopi Alamid Filipina.Dari data  yang diperoleh bahwa producksi Nasional tahunan kopi luak cenderung meningkat dan bahkan bisa ditingkatkan lagi.Karena masih banyak kopi luak yang tidak digarap oleh para petani,yang masih berserakan dilantai hutan Indonesia ini.

Demikian sekilas info tentang kopi Luak kopi yang eksotis dan kaya akan sensasi rasa,yang bisa dinikmati oleh para penikmatnya …….semoga bermanfaat.

Terimakasih
Dede Thea

72 komentar:

  1. Kenapa gak ngomong2...udahan tugasnya
    Kan sy bisa bantuin angkat..THR nya yg satu kover atuh kang... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Kang, aku juga bisa bantu ngabisin THRnya biar agak ringan baginya..hehe

      Hapus
    2. saya juga siap bantuin mas ...

      Hapus
    3. Mas Budi: haha dikirain mas budi udah pulang kampung

      Penyuluh Perikanan:Terimakasih atas bantuanya kawan

      Ruly Nakula : ayoo donk tlg angkat nih kopernya

      Hapus
    4. kalau ngoomong thr sensitif ya kang

      Hapus
    5. bener cak Gus sensi dech kalau THR haha

      Hapus
    6. kebagian kang dede yang kasih thr nih, karyawan seneng kang dede senep

      Hapus
    7. bener banget cak Gus hehe

      Hapus
  2. Karena prosesnya yg makan waktu lama sama taste rasanya yg aduhai....
    Wajar kopi luwak mahal sama byk di suka orang londo ya kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas budi, memang prosesnya yg lama makanya harganya juga ikut lama...)

      Hapus
    2. bener banget mas Budi,Penyuluh Perikanan,prosesnya lama,dan uniknya itu yang mambuat kopi ini sangat dikenal,,,

      Hapus
    3. sangat dikenal karena rasanya yang mantap kali yah kang :)

      Hapus
    4. Benar terkenal karena rasanya,dan terunik cara prosesnya,,,

      Hapus
  3. Wah Kalau soal kopi luak ini sudah biasa jadi minumanku sehari-hari kang, memang kalau sehari gak minum kopi liak ini sepertinya belum ada yang beres, tapi kalau sudah disruput baru terasa nikmatnya ...
    terima kasih banyak infonya kang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kawan,saya juga yang namanya kopi selalu ada di urutan pertama menu buka puasa hehehe

      Hapus
  4. owh kopi owh kopi maafin aku karena belum bisa meminum kamu lagi .. Dokter melarangku .. memang kejam tu dokter tapi kalau ak maksain minum kamu mungkin sekali untk selamanya hah kejam memang hidup ini hehe .. kopi luak is the best kang
    apalagi saya bener2 pecandu kopi ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang sabar yah kang Bro,ikuti dulu aturan dokter,demi kebaikan ,,cepat sembuh yah bro,,,

      Hapus
  5. kopi Lu ak apa kopi Lu wak sih mas? kalo yang asli sih belum pernah nyoba, tapi kalo yang ada di iklan tivi itu pernah mas.. beda nggak ya rasanya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Bram,iyah saya salah penulisan mas,mohon maaf,dan terimakasih atas koreksinya,saya akan segera perbaiki hehe,,,Terimakasih banyak Mas Bram,,,,

      Hapus
  6. Salah satu kesukaan saya nih kang dede..hahahyyyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. hay hay silahkan diseruput bang Icah hehe

      Hapus
    2. bang Icah suka luwak juga ya

      Hapus
    3. masa sih Mang Bang Icah suka Luwak hihi

      Hapus
    4. Kalau soal luwak ditempat mang icah banyak kang

      Hapus
    5. bener kawan di daerah Banjarmasin hutanya masih perawan,jadi satwanya terutama Luwak masih banyak disanana

      Hapus
  7. konon katanya luwak lanang yang bikin oke permentasinya, apa benar iya. kalau kopi kucing gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kopi kucing baru denger sih, coba mas Agus dicoba dulu siapa tau jadi terkenal hehe...

      Hapus
    2. hahaha Cak Gus aya-aya wae,,gak sekalian kopi kerbau geetoo hihi

      Hapus
    3. kopi kucing sih katanya lagu nya koes plus kan rasa coklat

      Hapus
    4. kopi kambing yang mirip kan

      Hapus
    5. wah macam macam kang yono noh, sampai ada kopi kambing..hehe

      Hapus
  8. kalau soal kopi saya nggak begitu ngerti kang, makasih yah udah share, jadi tau sekarang kalau kopi luwak ternyata begitu prosesnya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okay mas bro,yang penting soal susu sudah tahu kan hahaha...

      Hapus
    2. kalau yang satu itu saya udah ngerti kang nggak perlu dikasih tau hehe...

      Hapus
    3. jiahhhhh minuman malam tuh heuheuheu

      Hapus
    4. yg jelas kalau mau sehat banyak^ minum susu terutama waktu mau tidue kang...)

      Hapus
    5. wah beda kalau yang sudah pengalaman yah mas PP hehe...

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. aku tidak terlalu suka dengan kopi luwak ini, mengingat proses awalnya, dari hasil pembuangan kotoran hwan luwak....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah Pak kalau mengingat awal prosesnya hehe,tapi nikmatnya luarbiasa hehehe,Terimakasih Pak atas kunjunganya,,,

      Hapus
    2. berarti yang kotor-kotor itu malah enak yah kang hehe...

      Hapus
    3. yup betul bro,coba dech lihat tuh ayam makan yang kotorkan? hihi

      Hapus
    4. lele juga yah kang makanannya yang kuning-kuning gitu hehe....

      Hapus
    5. heuheu bener bro,tapi dagingnya gurih juga tuh heuheuheu

      Hapus
  11. berarti binatang luwak pintar memilah kopi ya kang?..

    di daerah Subang juga ada tuh kang yang ternak Luwak ya itu tadi untuk memilah kopi, kan repot kalau sengaja nyari di hutan kopi yang sudah di permentasi oleh luwak ... betul tidak? heheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah Mang skrg banyak yang memelihara luwak untuk memilih kopi,soalnya yang namanya Luwak hanya makan buah kopi yang sudah benar-benar matang,
      jadi tidak diragukan lagi,demikian Mang hehe

      Hapus
    2. Luwak saja suka kopi ya mang..hehe...
      apalagi Mangyono...haha

      Hapus
    3. kalau mang yono nggak yah Mang?? ( nggak ketinggalan )

      Hapus
  12. kang ganti lagi postingannya saya teh jadi inget terus sama kopi apalagi kopi luwak
    apa aku makan aja luwaknya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheuheu,,daripada makan Luwak ,mendingan makan beurit Bro heuheu

      Hapus
  13. kopi luwak, saya suka tapi bulan puasa saya nggak minum. kalau nanti bulan2 bias pasti sekali-sekali minum. Tapi kalau sudah minum kopi itu buang air kecil kayak luwak baunya kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mah sama saja Kang Azie,bulan puasa ngopi stiap buka ( sperti wajib gitu hehe)

      Kawan PP,,SUKA NGOPI JUGA GETU ??

      Hapus
  14. berarti yang bikin enak adalah isi perut luwaknya yah kang, mungkin bisa dicoba dengan makanan yang lainnya barangkali :

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luwak disuruh makan ketan,nanti setelah dikeluarkan jadi lemper kang bro,coba dech hihi

      Hapus
  15. Wah Emang Luwak Selain Harganya Mahal Rasanya Juga enak...
    Tetapi itu kan Dari kotoran Luwak...
    Apakah Kita sama saja Minum/makan Kotoran Luwak Nih Mas..? :)
    http://center60.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe kalau itu baik dan enak kenapa tidak mas Bro,,seperti telur keluarnya dari bagian belakang ayam mas bro hehehe
      BTW Terimakasih yah atas kunjungany

      Hapus
  16. Kalau mau minum kopi luwak terus kepikiran prosesnya, aduh itu yg bikin aku lebih pilih kopi lain mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Pak Suratno sekarang banyak pilihankan hehe

      Hapus
  17. Hobi juga nih minum luwak kopi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kawan atas kunjunganya

      Hapus
  18. Buka perusahaan sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin mas bloger-xp7,terimakasih atas kunjunganya

      Hapus
  19. Sep minuman favorite ane juga tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ama saya dong mas Minikzehram,terimakasih

      Hapus
  20. Belum ngerasa kopi gajah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kopi macan juga ada bro hehe

      Hapus
  21. tapi kopi luwak ini halal ya kang

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya