SEJARAH KOPI



Selamat malam sobat sabit blogger semuanya,Postingan kali ini masih Tentang Kopi,dan saya yakin pemirsa sudah banyak yang tahu tentang sejarah minuman yang satu ini,namun tidak ada salahnya kalau  pada kesempatan ini saya sharekan lagi,barangkali ada pemirsa yang belum tahu sejarah Kopi,mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya untuk anda semua.


Coffee atau Kopi dalam bahasa Indonesia secara luas dikenal sebagai minuman stimulan yang dibuat dari biji Kopi. Kopi pertama kali dikonsumsi orang diabad ke 9 didaerah dataran tinggi Ethiopia, dari sana lalu menyebar ke Mesir dan Yaman lalu diabad ke 15 menyebar ke Armenia, Persia, Turki dan Afrika Utara. Oleh kaum Muslim lalu kopi diperkenalkan ke Italy dan bagian Eropa yang lain kemudian Indonesia serta Amerika. Saat ini Kopi adalah salah satu minuman yang paling terkenal didunia

Ada 2 jenis kopi yang termasuk tumbuhan Coffea yaitu Coffea canephora [dikenal juga dengan nama Coffea Robusta] dan Coffea arabica, tanaman kopi banyak terdapat di Amerika latin seperti Brazil, Asia Tenggara dan juga di Afrika. Buah kopi biasanya setelah dipetik kemudian diproses lalu dikeringkan, suhu pengeringan saat digongseng sangat tergantung dengan rasa kopi yang dikehendaki karena panas
akan menghilangkan aroma dan rasa kopi itu sendiri.

Kopi sendiri bisa dihidangkan dengan berbagai macam cara dan rasa.
Kopi ternyata juga memainkan peranan penting dalam masyarakat, di Afrika dan Yaman ada semacam upacara meminum kopi. Gereja di Ethiopia pernah melarang kopi sampai datangnya Menelik II dari Ethiopia, kopi juga pernah dilarang di Ottoman, Turki karena masalah politik saat itu.

Saat ini kopi merupakan bahan eksport yang sangat penting seperti data tahun 2004 yang menunjukan kopi merupakan komoditi eksport utama di 12 negara dan ditahun 2005 manjadikan kopi sebagai penghasil devisa nomor 7 dari hasil pertanian dunia.
                               
Kata Coffee berasal dari Inggris dan sudah mulai dipakai sejak tahun 1600an, di Italia dinamakan Caffe, kata-kata itu berasal dari Turki, Kahve yang diambil dari bahasa Arab, qahweh.

Di Arab sendiri tidak diketahui maksudnya, apakah karena berasal dari daerah Kaffa, suatu tempat di barat Ethiophia ataukah dari kata “qahwat al-bunn” yang berarti “anggur dari biji”. Di Eritria kata “bunn” juga diartikan “anggur dari biji”

Menurut legenda, sekitar abad 9 para penggembala biri-biri di Ethiopia sudah menggunakan biji kopi untuk mengobati ternak mereka yang sakit dan meminum kopi untuk meningkatkan stamina mereka. Nama julukan penggembala ini “Kaldi”, dari sinilah biji kopi lalu tersebar ke Mesir dan Yaman. Di Arab, kopi diolah sejak dulu sampai sekarang dengan metode yang sama, lalu pada abad 15 mulailah kopi menyebar ke Persia, Turki dan Afrika Utara.

Imperium Islam memperkenalkan kopi ke Italia sampai pernah Paus Clement VIII ditahun 1600 melarang minum kopi karena dikenal sebagai minuman “orang muslim”.

Kedai kopi pertama di Eropa dibuka di Italia tahun 1645, Orang Belanda yang bernama Pieter van den Broeck pernah menyelundupkan kopi dari Arab pada tahun 1616 lalu Belanda menyebarkan kopi di Jawa dan Ceylon, eksport pertama kopi yang ditanam di Indonesia ke Belanda dimulai pada tahun 1711.

Kopi mulai terkenal di Inggris melalui British East India Company, lalu di Perancis tahun 1657 kemudian di Austria dan Polandia.
Setelah perang tahun 1812 di Amerika, saat Inggris memotong jalur pengiriman teh, kopi mulai terkenal dan kegemaran minum kopi meningkat drastis menjadi minuman kegemaran sehari-hari.
      
Kopi merupakan tanaman yang berasal dari Afrika dan Asia Selatan, termasuk family Rubiaceae dengan tinggi mencapai 5 meter. Daunnya sekitar 5-10 cm panjang dan 5 cm lebar. Bunga kopi yang berwarna putih berbunga bersamaan, buah kopi sendiri berbentuk oval panjangnya sekitar 1.5 cm, berwarna hijau kemudian kekuningan lalu hitam bila sudah digongseng. Biasanya buah kopi berisikan 2 buah biji, tetapi sekitar 5 – 10% mempunyai hanya 1 biji saja yang dinamakan “peaberries”.

Biji kopi siap dipetik saat berumur 7 sampai 9 bulan.
Coffea arabica adalah spesis coffee yang berasal dari Ethiopia dan Yaman, dikenal juga sebagai "coffee shrub of Arabia", "mountain coffee" atau "arabica coffee". Coffea arabica diketahui sebagai spesis kopi pertama yang ditanam, tumbuh didaerah barat daya Arab lebih dari 1000 tahun yang lalu.

Coffea arabica menghasilkan kopi yang lebih baik dibandingkan Coffea canephora [robusta], Arabica mengandung lebih sedikit Caffeine, tinggi bisa mencapai 9 – 12 meter, bunganya putih dengan garis tengah 10-15 mm, buah kopi sendiri berdiameter 10-15 mm dan berwarna merah terang terkadang ungu, biasanya berisikan 2 biji kopi dalam satu buahnya.
 
Coffea arabica memerlukan sekitar 7 tahun untuk siap diolah buahnya dengan baik, sangat baik tumbuh didaerah yang curah hujannya sekitar 1-1.5 meter sepanjang tahun. Ketinggian tanah juga yang baik sekitar 1300 – 1500 m dpl dengan ketinggian maksimum 2800 m, tumbuhan ini sangat tahan dengan temperatur yang rendah asal tidak bersalju, temperatur yang baik sekitar 20 °C (68 °F).

Dalam perkebunan kopi biasanya ketinggian pohon kopi dipertahankan sekitar 5m untuk memudahkan perawatan.  Dua sampai empat tahun setelah penanaman, Coffea arabica mulai berkembang kecil, putih dan berbau harum. Wanginya hampir seperti wangi bunga melati dan sangat indah pemandangannya saat bunga mulai berkembang tatkala matahari mulai bersinar.

 Bunga ini akan berubah menjadi buah kopi yang berwarna hijau tua lalu perlahan berubah menjadi kuning, merah muda dan akhirnya merah tua berkilat.

Pemetikan buah kopi biasanya dilakukan secara bertahap menggunakan tenaga manusia agar bisa diseleksi kematangan dari buah kopi, jangan terlalu muda dan jangan terlalu tua agar dihasilkan mutu yang terbaik.
 Setiap pohon kopi bisa menghasilkan 0.5-5 kg biji kopi, tergantung dari besar pohonnya dan bagaimana cuaca pada tahun tersebut, misal curah hujanna cukup atau tidak dan sebagainya.

Untuk kondisi yang tepat seperti di Jawa, kopi bisa tumbuh setiap saat dan pemetikan juga bisa dilakukan secara berkala, di Brazil biasanya panen hanya bisa dilakukan pada saat musim tertentu saja.

Kopi Arabica mulai diproduksi di Indonesia sejak tahun 1699 didaerah Jawa dan Sumatra dan dikenal dengan kualitas yang bagus karena beratnya serta “low acidity” sehingga sangat ideal untuk campuran kopi yang “high acidity” seperti kopi dari Amerika Tengah dan Afrika Timur.

B e r s a m b u n g
 
share to whatsapp

75 komentar:

  1. Oh jadi begitu yah kang sejarahnya kopi bisa tersebar di seluruh dunia, memang kopi mempunyai cita rasa sendiri yang membuat orang yang meminumnya jadi ketagihan karena rasanya yang nikmat tiada duanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Anthonie,seperti itulah awal pertamanya hehe

      Hapus
    2. sarebu persen batl pisan eta mah kopi mah edun lah pokonya

      Hapus
    3. pokonamah edun uey heuheu

      Hapus
    4. Ngebayangin kalo gak ada kopi...

      Hapus
    5. Kalau nggak ada kori pasti Kang Ruly lemesssss

      Hapus
    6. katanya kalau minum kopi jadi seger yah kang nggak ngantuk :)

      Hapus
    7. bener itu .. saya kuat lho sampe 10 gelas satu hari
      istri juga sampe gogodeg lihatnya hehe

      Hapus
    8. kopi plus djarum super, saya banget tuh :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. haha silahkan menikmati petromax Mas hehe

      Hapus
    2. Pasti mas Anthonie..di ajakin melek bareng nih :)

      Hapus
    3. kebanyakan minum kopi jadi nggak bisa tidur nih hehe...

      Hapus
    4. itung-itung ngaroda aja atuh kang bro hehe

      Hapus
  3. ganti postingan eh dengan yang berbau kopi lagi . nalangsa kang nalangsa hehe
    hayang ngopiiiiiiiiiiii teu kuattttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha,,,nyantai Rul,,,,masih bersambung,ke diganti ku susu / cucu,,heuheuheu

      Hapus
    2. Inget dulu ya kang Rul...lagi jagonya ngopi.. :)

      Hapus
    3. sekarang juga masih suka ngopi tuh

      Hapus
    4. sekarang mah tidak kang .. kalau dulu selalu kopi item paling sekarang kopi mocca itu juga rada di plototin ma istri .. hehe

      Hapus
    5. Tanda sayang tuh kang Rul :)

      Hapus
    6. ahaha kang rul teh istrinya suka main plotot2an :D

      Hapus
    7. PLOTOT SAYANG KANG ANDES EUHEUHEU

      Hapus
  4. kopi berasal dari ethiopia, tapi nama kopi dari bahasa Inggris...kenapa tidak bahasa ethiopia saja ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah Pak uniknya hehe,nad terimakasih Pak aeas kunjungana

      Hapus
  5. selamat sore pak, nunggu dibuatin kopi tak baca2x dulu artikelnya..hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopine sudah taksiapkan mbak Iis hehe silahkan diminum ,,

      Hapus
    2. gak pakai gula ya pak kg rasanya pahit..

      Hapus
    3. mbak ngopinya sambil lihat foto saya pasti manis hahaha

      Hapus
  6. Sepertinya masih kopi asal dari negara kita deh...kopi number one... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Mas Budi,walau asanya dari Negeri orang tapikan sekarang sudah lama ditanam di Indonesia hehe

      Hapus
    2. yang penting cinta buatan Indonesia iya kan kang ?

      Hapus
    3. Ya jelas lah Mas, kopi indonesia nikmat tiada tara..

      Hapus
    4. perlu bangga juga yah sama buatan sendiri :)

      Hapus
    5. saya ikut bangga juga punya ibu yang selalu membuatkan kopi saat buka dan sahur puasa :) hehehe

      Hapus
  7. jadi warkop pertama di itali, kopinya justru dapet nylundupin ya kang...pengetahuan tentang kopi saya jadi nambah, padahal selama ini cuman bisa nyuruput nya doang...ngga pernah tau sejarahnya acan-acan.

    abis teraweh, biasa ngopi bareng tetangga...mau m'bahas sejarah kopi ah...supaya kesannya saya pinter gituh kang...;o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha mangga Kang ngaropi sambil ngawangkong sareng Tatanggi hehe

      Hapus
    2. Surungannya ubi cilembu, tambah gayeng..:)

      Hapus
  8. Jasi inilah sejarahnya kopi ya kang, saya sangat senang hingga sampai kini saya termasuk pengopy berat, hingga membuat komentar ini saya sedang ngopy kang,
    terima kasih sudah share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong pak, saya juga kopier...:)

      Hapus
    2. haha sebentar lagi saya juga mau ngopi nih kawanku PP,airnya masih dimasak hehe,,,

      Mas Boku juga kopi mania yah hehe

      Hapus
  9. Apalagi ngopinya dikawasan prigen ya Kang, sruputttt....., langsung pyarRRrrr....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas Boku,seruput terusss haha

      Hapus
  10. pagi-pagi minum kopi bikin mata jadi seger, mantap deh :)

    BalasHapus
  11. Wah ternyata kopi ada sejarahnya juga to hehehe :D
    Saya kira hanya sebagai minuman saja pak :D
    Makasih banyak pak informasi yang sangat menarik ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak, udah minum kopi belum hari ini :)

      Hapus
    2. sama-sama mbak,mohon maaf baru bisa balas,terimakasih atas komentarnya mbak

      Terimakasih Rahasia Hidup Sehat hehe

      Hapus
  12. Hobi juga yah sob minum kopi?? enak yang kopi + cokelat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. campur susu lebih enak sob :)

      Hapus
    2. Terimakasih @ Ratatoulenin

      mas Anthinie kumaha kabarna hehe

      Hapus
  13. Balasan
    1. kopi yang dimakan luwak..

      Hapus
    2. iyah mis Tia ,,mas Boku uth yang doyan luak hehe

      Hapus
  14. Buat saya kopi adalah sarapan utama mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. camilannya nasi yah mas Virlyz hehe...

      Hapus
    2. Cheaf nya tetep kang dede..pasti :)

      Hapus
    3. kalau yang lain mah lewat doan

      Hapus
    4. sama mas Virliyz saya juga sarapanya pakai kopi haha

      Hapus
  15. Buka sambil ngopi lagi kang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi merupakan pasangan yang pas buat apa aja yah mas Boku :)

      Hapus
    2. kalau saya khusus untuk bulan puasa,bukanya pakai kolak dulu,trus ngopi dech hehe

      Hapus
  16. pengetahuan baru buat saya :) tengkyu kang bro..
    maaf baru bisa berkunjung lama gak blogging kena gangguan koneksi, nih udah ngebut lagi bisa bolak balik kesini lagi deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. welcome back mas bro hehe...

      Hapus
    2. Terimakasih kawanku semua atas komentarnya,,,

      Hapus
  17. jadi ingat klau dikerjaan suka sambil ngopi xxiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ngopi camilannya apa yah mbak Sheva biar pas...

      Hapus
    2. iyah mbak Sheva,sama tuh ma mas Anthonie hehe

      Hapus
  18. I do consider all the ideas you've offered on your post. They're really convincing and will definitely work.
    Still, the posts are very quick for beginners. May just you please lengthen them a little from
    subsequent time? Thanks for the post.

    My web-site Green Coffee Diet

    BalasHapus
  19. wah,, begitu to sejarahnya.... jadi tahu aku...

    BalasHapus
  20. selama ini cuma tau minum aja tapi ga tau sejarahnya, hihihi.... makasih udah dishare kang...

    BalasHapus
  21. jadi tau nih sejarah kopinyaa makash yaa
    foll back yaa :)
    http://resepbundapintar.com/

    BalasHapus
  22. saya jadi ingat bunga dari kopi ini wangi sekali yang kang

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya