103 Tanggapan untuk "PARE / PARIA DAN KHASIATNYA"

  1. Pare rasanya sangat pahit biasanya kalau dimasak pada suka dibuat sayur santan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Jenx,tapi rasa pahit akan hilang kalau prosesnya seperti yang saya tulis diatas tadi,,,,

      Hapus
    2. Hebat yah Kang Dede yang Pahit aja bisa hilang
      Gimana kalau yang Cantik dan Manis ? pasti
      Rasanya akan lebih Nikmat dan Aduhai yah Kang hhiii =D

      Hapus
    3. wah mas Karysta lagi merayu nih hehe...

      Hapus
    4. hehe soalnya dulu saya pernah belajar sulap,tapi hanya bisa menghilahkan yang pahit saja ,kalau yang cantik cukup diumpetin saja hehehe

      Hapus
    5. Di daerah saya namanya paria Kang, kalau dimasak secara tepat rasa pahitnya ilang, kebanyakan sih gk ilang :D

      Hapus
    6. Sampai sekarang saya masih kurang suka sama PARE. Alasannnya remeh saja. PAHIT rasanya. Padahal PARE nyas udah dibuat sedemikian rupa tetap saja PAIT> HEihiehiheee. Kalau saya menyantao SIOMAY misalnya, Pare tidak saya sertakan. MUngkin saya akan coba mencicip PARE deh biarpun sedikit sedikit

      Hapus
    7. sama atuh dikampung saya juga namanya paria kang Semuainfo hehe

      dibiasakan saja kang Asep,nanti kalau terbiasa tidakada lagi rasa pahitnya hehe

      Hapus
    8. kalau tak kenal maka tak sayang ya kang hehehe

      Hapus
    9. Hadir kemabali di artikel Kang Dede tentang Pare/Paria
      Yang pahit namun bisa hilang Pahitnya di sulap oleh Kang Dee hh :D

      Hapus
    10. bener banget Mang Yono,memang kudu dicoba dulu biar kenal yah hehe

      Terimakaish Kang Saud atas kunjunganya,,,,

      Hapus
    11. Pare pahit tapi lezat
      karena bikin sehat

      Hapus
  2. ini sayur palin tidak saya sukai master
    tapi setelah melihat khasiatnya mikir lagi untuk mencoba master
    makasih atas infonya master

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalu sudah dicoba pasti Kang Ronny bakalan ketagihan dech hehe

      Hapus
    2. mudah-mudahan mas
      semoga aja
      soalnya saya dianjurkan sama dokter untu makan sayuran begituan...

      Hapus
  3. Aneh juga yah dengan sayuran yang satu ini
    pare atau Paria, tapi bukan Waria lho yah Kang? hhh
    Pare sudah tau rasa nya pait tapi yang Makan sayuran
    Ini gak Pernah Protes tuh hhh giliran Makan mentimun
    Aja yang pahit dikit Ngdumel iya tapi di makan juga hahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha bener juga kang Saud Karrysta,kalau timun pahit pasti protes,,yahhh itulah indahnya dunia kang hahaha,,,,,

      Hapus
    2. Wah ternyata dengan Makan Pare/Paria bisa termasuk menikmati
      Dunia pengetahuan baru buat saya. kira-kira pare jenis apa tu Kang?

      Hapus
    3. pria jenis sayah atuh kang Saud,pria gagah geetoolloh hahaha

      Hapus
  4. pare meskipun agak pahit tetep enak juga yah kang untuk dibuat masakan, mungkin besok akan saya coba resepnya di atas kang hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas Anthoni dicoba saja,pasti cocok dech hehehe

      Hapus
    2. Kalo buat obat bisul..cara makenya gimana tuh kang :)

      Hapus
  5. Makasih gan infonya. Sekarang kalau makan pare nggak pahit lage deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakaish juga Kang Arif atas kunjungaya,,,,

      Hapus
  6. Saya kalo nanam paria ini suka gagal ya kang buahnya selalu pahit hee..
    Tapi biarpun pahit paria ini rasanya enak. apalagi kalo sama siomay, mantap deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha,,,sami wae atuh kang Heri saya juga kalau nanam paria pasti buahnya pahiiiiitttt hiihii

      Hapus
    2. Kali ajah kang Dede punya trik supaya pare buahnya manis...
      Saya sudah coba saran temen katanya kalo mau manis, harus di jogetin dulu pake musik dangdut deket pohonnya. tp ngak berhasil :D buahnya tetep ajah pahit.

      Hapus
  7. nah ini dia kang dede kasih resep lagi...
    betul kang , saya pengen menghilangkan rasa pahit di pare ini...cukup dioseng saja saya sudah nggames kang..
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Cak Agus silahkan dicoba yah hehe,,maknyuzzz pokok e,,,,,

      Hapus
    2. Mas Agus tolong osengin ya..:)

      Hapus
    3. bener tuh Cak Agus paling jago kalau membuat oseng-oseng hehe

      Hapus
  8. Pare, Boku suka di oseng-oseng kang..
    pahit, tapi enak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Boku,pahit sih tapi sensasi pahit itu yang membuat ketagihan hehehe

      Hapus
    2. oh jadi rasa pahitnya itu yah kang yang bikin ketagihan, mantap deh :)

      Hapus
    3. Bikin merem melek dong...hehe :)

      Hapus
  9. Wah, saya baru tahu resep yang ini mas Dede...Tumis Pare Ikan asin. Terima kasih sharenya mas. Ntar dicoba bikin oleh istri di rumah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba Uda,dicoba resepnya,and terimakasih atas kunjunganya,,

      Hapus
  10. Kalo yg sering di masak istri sy di campur udang kang
    Kalo ini pke ikan asin ya...
    wah..patut di coba nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokoknya maknyuz mas Budi kalau pakai ikan asin hehe

      Hapus
    2. pasti bikin ketagihan yah kang Dede hehe...

      Hapus
    3. bener banget mas Anthonie hehe

      Hapus
    4. Siap kang
      Besok ta cobain deh :)

      Hapus
    5. dipraktekin dulu mas Budi, baru dicobain hehe...

      Hapus
  11. ternyata banyak juga ya pak khasiat dan manfaat dari pare ini. Terus terang hanya beberapa kali saj makan pare ini soalnya rasanya nggak begitu enak hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mbak Wahyu Eka,nanti dicoba yah hehe dan terimakaish atas kunjunganya.....

      Hapus
    2. kalau nyoba resepnya kang dede pasti suka makan pare mbak hehe...

      Hapus
    3. Udah di jamin pasti mbak Rin...jd suka :)

      Hapus
    4. asal yang masak kang Dede pasti semua suka hehe...

      Hapus
  12. Tumbuhan terpahit yang pernah saya temui.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terpahit,namun terajaib dan terbukti jadinya ter imakaish Cowok Feminim

      Hapus
  13. Kalau jenis sayuran ini saya belum tau, insyaallah saya mencoba cari tau dengan membaca artikel ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok Kanca Sing Apik terimakasih atas kunjunganya....

      Hapus
  14. yang pahit pasti banyak gunanya untuk kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kawan obat sehat,,,terimakaish atas kunjunganya,,,,

      Hapus
  15. bagi saya lebih pahit sambiloto kang,,,,

    saya suka makan pare,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti Mbak Maya sudah pernah makan sambiloto yah hehehe,,,,,,ok Terimakasih eayahhh atas kunjunganya,,,

      Hapus
  16. jika rasa pahitnya hilang apa kasiatnya juga tidak hilang ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasa pahit tidak hilang Mas Thanjawa,tapi hanya berkurang,dan tidak mengurangi vitamin yng terkandung didalamnya,,,,dmikian,,,,

      Hapus
  17. Dulu saya tidak suka pahitnya pare tapi setelah tahu dari teman dari cina saya jadi suka setelah ditumis jangan lupa dibumbui telur asin ternyata pahitnya tidak terlalu terasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak anis rasa asin dan asem akan meminimalisir rasa pahit yang terdapat pada pare/ paria,,,ok Terimakaish mbak Anis atas kunjunganya dan juga commentnya,,,

      Hapus
  18. Arttikel menarik sekali bang , kebetulan saya doyan pare .

    kunjungan perdana , izin follow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakaish mas Surya Loros,,,,selamat datang di blog sederhana ini,terimakaish sudah follow mas ,,,,,

      Hapus
  19. Setelah membaca artikel ini ternyata pare memiliki banyak kasiat ya mas seperti diabetes, batuk, menurnkan panas, dan lain sebagainya. namun kebanyakan orang tiak suka akan rasa pahitnya, termasuk saya. hehe
    mungkin pare apabila dicampurkan dengan bahan lain yang mampu mengubah rasa menjadi super enak akan lebih banyak lagi penikmat pare :D Salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kang dadang,,,,apalgi dicampur daging pasti parenya ditinggal hahaha,,,,

      Hapus
  20. biasanya kalo ibu saya untuk mengurangi pahit pakai tanah lempung...pare jadi bisa dinikmati anak-anak di rumah...katanya rasanya seger...tanah lempung biasa ibu saya pakai buat ngilangin pahit pare ma daun pepaya..makanan favorit keluarga..hehehe...trim atas sharingnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah tambahan info nih pakai tanah lempung,,Terimakaisih Belajar usaha atas komentar dan juga kunjunganya,,,,

      Hapus
  21. pare atawa paria adalah makanan kesukaan saya kang... biar pait asal suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah mang pahit juga kalau obat boleh dicoba,untuk apa manis kalau racunmah heueheuheu

      Hapus
  22. pare salah satu sayuran kesukaanku, walau rasanya agak pahit tapi sangat menyehatkan...apalagi kalo dibuat tumis pare ikan asin...wow sedap nian rasanya...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  23. walah.. salah satu buah sayuran yang saya tidak suka nih mas... karena rasanya yang pahit.. eh ternyata malah banyak kasiatnya.. hmm harus di biasain makan pare nih mas.. hehehehe..

    terimakasih info kesehatannya mas dede, saya akan coba untuk menyukai pare deh,... hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar mas Nady harus dibiasakan biar terbiasa hehehe,,,ok mas Terimakaish atas kunjunganya,,,

      Hapus
  24. Wah pare yah, sayuran yang satu ini saya agak kurang suka kang, pahit hehe.. Tapi ternyata banyak khasiatnya yah, maksih ilmunya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami-sami kang Muroi,Terimakaish juga untuk kunjunganya,,,

      Hapus
  25. hapunten kang...baru bisa mampir kesinih...istri sering bilang kalau pare yang rasanya pahit itu punya khasiat yang dahsyat untuk kesehatan,cuman karena ibuna yang ngomong jadi hare-hare weh menanggapinya, abisnya sambil ngejelasin manfaat pare...sambilnyodorin pare dipiring...pahit kan rasanya coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha dicobian heula atuh Kang apalgi yang menyajikanya istri tercinta ,pasti akan terasa lebih nikmat hehe

      Hapus
  26. Kalau pparesaya lebih suka dengan sambal kacang, dicampur siomay.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang Indra itu memang pas antara siomay denga pare hehe

      Hapus
  27. enak jg ni klo pake ikan teri tumis pedas2!, makasih resepx pak... *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide bagus tuh mas Rohis,ikan teri memang cocok juga hehe

      Hapus
  28. Balasan
    1. Dex Banner thank you for visiting comrade

      Hapus
  29. banyak juga manfaatnya walupun rasanya pahit,, saya sendiri kurang suka akan pare ini.. hihi kecuali dengan masakan dan rasa yang beda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya tetep mas Mawan haha,,,,ok Terimakaish yah atas kunjunganya,,,

      Hapus
  30. Wih, bakal di praktek in nih kayakx enak.. Sukaa skali dgn sayur satu ini, tp bukan karena sy orang Parepare loh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha bisa saja mbak Etika,ya cocoklah kalau orang pare pare makan pare hehehe

      Hapus
  31. Mbalik maneh pak bro, nyimak komentar nih

    http://problogiz-tech.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. njeh mas Didi,matursuwun nggeh atas kunjungane,,,

      Hapus
  32. wah.. sayang ak kurang suka pare mas, hehe pahitnya itu lho :D
    o y lama g maen ksini, tampilan blognya makin bewarna aja mas, hehe

    mampir ya mas dipostq yg baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakaish mas Achsan atas kunjunganya,soal template masih yang dulu and ngga pernah ganti hehehe

      Hapus
  33. sebenarnya banyak banget ini pare di daerah saya tapi jarang di konsumsi. Soalnya nggak tahu manfaat nya hehehe :D
    artikel nya sangat mencerahkan pak :)
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh sayang sekali mbak ,kenapa nggak dijual saja parenya hehe,,,ok Terimakaish mbak atas kunjunganya,,,,

      Hapus
    2. saya juga mau kalau ada yang ngasih pare, mumpung ada resepnya kang Dede hehe...

      Hapus
    3. apalagi saya mau banget mas hihi

      Hapus
  34. wah banyak juga yaaa.... khasiat dari pare ini. aku juga suka makan pare loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguslah Ello kalau suka,kebanyakan yang lain nggak suka soalnya hehe,,ok Terimakasih yah atas kunjunganya,,

      Hapus
  35. pahit tapi seger leres te kang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sumuhun kang ucu,haturnuhun atas kunjunganya....

      Hapus
  36. Mau nyoba ya mas . tp gmana nntii rasanya

    BalasHapus
  37. Tumis pare paling aku suka, apalagi ada ikannya rasanya lebih mantap. Pahit dan Asin menjadi satu rasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya mas DJ ok Terimakaish atas kunjunganya mas,,,,

      Hapus
  38. Kunjungan siang Kang dede apa kabarnya...untuk makanan yang satu ini saya kurang suka karena rasa pahitnya, namun ternyata dibalik rasa itu ada manfaat dan khasiatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Virlyz kabarnya fine-fine saja mas,,,,Terimakasih atas kunjunganya..............

      Hapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya

lingkaran google plus
Dede Thea Tentang Makanan . Aneka Resep Masakan Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut