76 Tanggapan untuk "SAWO BELANDA /WALANDA"

  1. ini makanan buat pencuci mulut enak nih gan... gak mainstream lah :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Gan,tapi kalau untuk pencuci mulut sebaiknya dibuat jus dulu gan hehe,,Terimakaish yah gan tas kunjunganya,,,

      Hapus
    2. Sepertinya enak dan Nikmat buah sawo belanda ini yah Kang Dede?
      Pas untuk cuci Muka,,.. eeehh maaf cuci mulut maksudna
      Terima kasih yah Kang sudahberbagi, buah yang enak ini :)

      Hapus
  2. berarti nih sawo beda ama sawo kecik gitu ya gan... soalnya di daerah ane kagak ada jenis sawo gituan :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas mekanik,sangat beda dengan sawo yang biasa kita makan itu,ini sawo dari jenis lain mas hehe

      Hapus
    2. Kalau saya taunya Sawo Jawa yang biasa. Kalau sawo
      belanda di Kampung saya gak ada deh Kang Dede... :)

      Hapus
  3. klo disini d sebut sawo negri mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. negeri mana kang Ucu hehe,,,,iya kang memang beda disetiap daerah untuk nama buah yang satu ini hehe

      Hapus
    2. ia kaya hayam hahaa hayam negri

      Hapus
  4. Ditempat saya belum ada ini mas buah sawo jenis belanda ini yang ada juga sawo kecik itu jadi penasaran rasanya gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya enak sekali mbak Jenx,,,seperti umbi tapi manisnya khas banget deh hehe

      Hapus
  5. Wah, dirumah kakakku juga ada sob, enak bgt rasanya, kayak ubi menurutku sih... skrg jg aku lagi mencoba menyemai bibitnya di pot, alhamdulillah, satu udah numbuh, pohonnya kayak mangga kan sob? Malah ada yang bilang sih namanya Buah Campolay, itu bener gak sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kang Penghuni 60,rasanya enak,dan pohonya mirip pohon mangga,di tiap-tiap daerah memang punya nama sendiri-sendiri kang,demikian dan terimakaish kang atas kunjunganya.....

      Hapus
  6. jadi pengen nih mba, eits sya gk ngidam yah hehehhe
    tapi di tempat saya masih jarang tuh klo ada paling di supermarket

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di supermarket pasti harganya lebih mahal mas hehe

      Hapus
  7. wah saya malah baru dengar pak kalau ada juga sawo belanda. Kayak sawo import ya pak hehehe :D
    kalau saya suka sawo lokal aja deh hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tapi nggak ada salahnya kalau mau mencoba sob hehehe

      Hapus
  8. Balasan
    1. iya mas bro kan ini namanya sawo belanda hehe

      Hapus
  9. belum pernah nyoba sy, rasanya kayak apa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak mas Rohis rasanya seperti duren,pulen geetoo hehehe

      Hapus
  10. wah jadi kepengen juga nih bisa makan buah sawo belanda ini. Pasti nanti bisa jadi bule ya pak hehehe :D
    tapi di daerah saya kayaknya belum ada tuh sawo belanda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak mbak di supermarket hehe,,harganya kalau di daerah saya cuma Rp 28.000; enak manis dan gurih hehe

      Hapus
    2. besok saya coba ah cari di supermarket siapa tahu dapet, makasih kang infonya :)

      Hapus
    3. iya mas Anthoni,harga terahir kemarin sih masih Rp 28.000; mas...

      Hapus
    4. lumayan mahal juga ya pak harga sawo nya. Kalau saya sih kebetulan suka sawo yang rasah mbayar pak hehehe ;D

      Hapus
    5. hehe bisa saja mbak Ririn hehe

      Hapus
  11. saya kok belum pernah melihat sawo belanda ini ya Pak Dede, boro-boro mencicipi, melihat fotonya saja baru kali ini lho...kira-kira di sumatra sini ada ndak ya? kalau di jawa tengah dan sekitarnya disebut apa Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di Sumatera saya kurang tahu juga mbak Khusna,kalau di Jawa Barat sih banyak hehe,,,,

      Hapus
  12. belum pernah tahu buah ini kang, malah saya tahunya dari artikelnya kang Dede, makasih kang menambah wawasan nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wawasan nusantara ya mas :)

      Hapus
    2. iya Mas Anthonie,saya juga gara2 kemaren mudik eh bertemu langsung dengan buah yang satu ini mas hehe

      bener tuh mas Budi wawasan nusantara hehe

      Hapus
  13. Saya pikir buah yg berasal dari belanda cuma terong belanda aja kang Dede...
    Ndak tau nya....wong londo juga gemar nanem sawo ya...hehe

    Wah...mbok ya paketin sekilo kang..buat ncip ncippp。。。 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha mas Budi bisa saja nih hehe,,,wah kebetulan kemaren itu cuma tinggal sedikit mas,karena setiap hari dipanen sama keponakanku tuh hehe

      Hapus
  14. Baru tau saya Kang, dan terus terang belum prnah ngrasaain sawo belanda ini, taunya Boku Nangka Belanda, atau buah sirsak.., terima kasih sharenya Kang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas Boku,soalnya masih jarang mas kecuali di daerah Jawa Barat yang sudah bayak ,tapi itu juga masih sebatas tanaman hias,,,

      Hapus
  15. Mas Purnomo, yuk minta dumbalin sawonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Budi lagi nyari di supermarket katanya mas hehehe

      Hapus
  16. Mirip alpukat ya Kang, tapi bentuknya lebih kecil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang Heri,yang ini lebih kecil dan lebih runcing kang hehe

      Hapus
  17. Mau dong di kirimin sawo belandanya, gak ada disini soalnya hehehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok ditunggu saja mbak Etika Maria hehehe....................

      Hapus
  18. perasaan pernah ngomen Sawo Belanda nya deh, diceking scroll bolak balik kolom komentarnya...ko' ngga ada ya..
    ke'nya Sawo Belanda milik blog laen deh...;o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih Kang,,,kayanya tidak ada ach hehe,,,,ok Kang haturnuhun parantos hadir hehe

      Hapus
  19. Artikelnya menambah ilmu saya tentang buah-buahan..
    lumayan lengkap dibahas dari spesies, rasa, sampai manfaat dari sawo blanda..
    yang lebih penting ditunggu kiriman sawo belandanya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiklah mas Arif ditunggu saja kirimanya mas hehe,,,,dan Terimakasih atas kunjunganya yah hehe

      Hapus
  20. Wah saya baru denger ada sawo belanda mas dede. Saya taunya kan cuma nangka belanda saja mas. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mas Nady,nangka belanda alias sirsak yah hehehe

      Hapus
  21. kalau buah-buahan yang baru biasanya diburu oleh masyarakat ya pak. Kalau harga nya murah, pasti laku keras tuh sawo belanda itu hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ririn,cuma sayangnya untuk harga masih agak tinggi nih hehe

      Hapus
  22. Wah baru kali denger namanya kang, pasti maknyus tuh rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau soal rasa wah uenak mas Virlyz,pokoknya susah dilukiskan dengan kata-kata hehe

      Hapus
    2. ada testernya nggak kang, saya jadi penasaran pengen nyicipin sawo belanda ini hehe...

      Hapus
  23. ternyata sawo walanda ini sering digunakan untuk campuran es krim dan susu kocok yah kang, baru tahu saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Anthon.....soalnya dengan campuran buah ini ice cream jadi terasa lebih lembut dan gurih ,demikian ,,,,,,,,,,,,

      Hapus
  24. Balasan
    1. iya mas Smuainfo,mirip namun warnanya berbeda hehe

      Hapus
  25. saya suka makan ni kang,,,,
    kulitnya tipis,,,,klo sudah matang cukup cuci bersih,,, lembut,,,, manis,,,,

    subhanallah,,,,
    lama juga ya kang,,,,
    almarhumah ibunda yg tanam,,,
    dan bisa di nikmati anak cucu saat berbuah seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak Maya,itu peninggalan Ibu saya hehe,,,,yang menikmati anak cucunya hehe,,,

      Hapus
  26. kira-kira tanaman sawo belanda ini bisa tumbuh dan berbuah nggak pak kalau ditanam di tanah Indonesia tercinta ini? kalau kita import terus ya rugi dunk hehehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget mbak Ririn,buktinya Almarhumah Ibuku dulu menanam dan sekarang sudah bisa dinikmati buahnya oleh anak cucu beliau hehe

      Hapus
  27. Mampir lagikang sekedar untuk menikmati sawo walanda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakaish buanyak kang Heri sudah berkenan mampir disini,,,,

      Hapus
  28. lebih mirip dengan buah alpukat ya kang, buah dalamnya juga hampir sama, untuk rasanya saya belum pernah.
    namanya aja saya malah baru dengar dari kang dede, kalau di budidayakan akan menghasilkan tuh kang.
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Cak Agus,,,tapi rasa dagingnya mirip ubi,bentuknya hampir mirip Alpokat,kalau dibudidayakan pasti akan jadi penghasila rutin nantinya mas hehe

      Hapus
    2. nah itu dia kang dede, kalau di mmojokerto sih belum ada, di pasuruan pun kayaknya belum ada kang.
      hajar saja

      Hapus
    3. iyo Cak,saya tanya-tannya nag are-arek Pasuruan malah nggak tahu jarene.kalau di Jawa Barat ada tapi belum banyak juga Cak,,,,

      Hapus
  29. kalau sawo belanda ini dilihat secara sekilas atau dilirik, sepertinya hampir mirip dengan buah alpukat ya pak hehehe Tapi ternyata setelah dipelototin, ternyata beda hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar mbak ririn,mirip alpukat hehe,Terimakasih mbak atas kunjunganya..........

      Hapus
  30. Balasan
    1. makasih mas bro Syaifuddin.................

      Hapus
    2. Tadi lewat daerah padalarang, sepanjang perjalanan banyak yang jualan, n penasaran akhirnya beli. Katanya sawo elanda. Waktu di rasain enak,

      Hapus
  31. Kampoeng halamannya di daerah mana Om ? Sawo jenis apapun itu pastinya enak,, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kampung saya di Garut mas Hendrik,kalau soal rasa sawo ini memang berbeda mas Hendrik hehehe

      Hapus
  32. Sawo belanda/ alkesah emang enak.kemarin metik makn ada kl 50 buah.ternyata buah mahal dan banyak banget kasiat dan manfaatnya.

    BalasHapus
  33. Sawo belanda/ alkesah emang enak.kemarin metik makn ada kl 50 buah.ternyata buah mahal dan banyak banget kasiat dan manfaatnya.

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya

lingkaran google plus
Dede Thea Tentang Makanan . Aneka Resep Masakan Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut