BUAH KENANGAN



BUAH KENANGAN.Assalamu’alaikum wr wb,hari kamis tgl  6 – 02 – 2014 saya beserta rekan-rekan satu kerjaan mengadakan outing ke Bhakti Alam dalam rangka Ulang tahun yang ke 17 perusahaan tempat kami bekerja,Bhakti Alam adalah Agro Wisata yang cukup terkenal karena tempatnya yang sangat sejuk serta dilengkapi dengan berbagai macam buah-buahan  yang tertata dengan baik disana kita bukan hanya sekedar berkeliling di kebun  tetapi juga dapat mencicipi buah-buahan tersebut secara gratis.


Bhakti Alam terletak di Nongkojajar Pasuruan Jawa Timur,tepatnya di desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan,pada ketinggian 450 – 550 dpl,seiring dengan perkembanganya hingga saat ini Bhakti Alam sudah melengkapi koleksi tanamnya yang sangat-sangat eksotis sehiingga membuat kita betah untuk berlama-lama tinggal disana.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa yang namanya Agrowisata  adalah tempat berkumpulnya segala jenis buah-buahan seperti :Durian,Sawo,Nangka, Cerry,Buah Naga ,Alpukat,Paprika,Tomat  dan masih banyak lagi buah-buah  lainya,namun semua itu sudah bukan  sesuatu yang asing buat kami,yang membuat saya takjub adalah lebih kepada  system yang diterapkanya,sehingga apapun yang ada disana Nampak bagus dan indah.

Selesai makan siang di sebuah bangunan  luas dan sangat terawat yang disebut Pendopo,saya melihat ada sebuah pohon yang buahnya sangat lebat sekali,dan saya kenal betul dengan buah yang satu ini.namun beberapa tahun kemudian saya tidak pernah lagi melihatnya,dan sekarang saya temuka di Bhakti Alam ini, waw luarbiasa,dialah yang disebut “Buah  Gowok

Buah Gowok adalah merupakan pohon buah anggota suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Indonesia, khuysusnya Jawa dan Kalimantan,namanya “ Gohok “ untuk orang orang Betawi,sedangkan orang sunda menyebutnya buah Kupa,dan orang jawa menyebutnya buah Gowok / dompyong.

Gowok biasanya tumbuh liar di hutan-hutan sekunder  pada ketinggian 200 – 1800m dpl,selain itu Gowok juga banyak di tanam di pekarangan ,di kebun,atau tanah kosong di sekitar para petani lainya,gowok ditanam untuk diambil buahnya,dan kerap diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional sebagai bahan untuk membuat rujak.

Buah Gowok merupakan buah kenagan khususnya bagi saya sendiri,dimana waktu dulu semasa masih sekolah SD buah yang satu ini selalu jadi rebutan,hampir setiap pulang sekolah kami berlomba memanjat poho buah ini secara ramai-ramai,soal keselamatan tidak pernah terfikirka,yang penting bisa bawa pulang kerumah,maklum jaman dulukan belum  ada buah-buah lain seperti sekarang,kalaupun ada itu hanya ditempat orang-orang tertentu ,dan kita tidak bisa mengambinya begitu saja,sedangkan buah Gowok ini tumbuh di belakang sekolah dan boleh diambil oleh siapa saja.

Demikian yang bisa saya postingkan kali ini,yaitu mengenai buah Gowok,dimana buah Gowok tersebut merupakan kengan masa lalu yang tidak akan pernah terlupakan,kurang dan lebihnya saya mohon maaf,dimana saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

Terimakaish
Dede Thea
 

60 komentar:

  1. selamat sore abah dede . . . .
    nyimak cerita dulu ya . . .
    seger banget dah kayaknya makan buah sore-sore gini . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore juga kang ell ibnu,silahkan disimak saja kang sambil bersandar dibawah pohon hehe

      Hapus
    2. Nyimak artikelnya Kang Dede tentang buah kengan.
      Sambil senyum-senyum imut, ingat masa knak-kanak yah Kang

      Hapus
  2. Wah kang dede curang ya
    Ndak ksh tau saya..kalo plesirin...hehe
    Kan saya paling melek..sama yg gratisan..hoho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan mas Budi senengnya gratisan heheheh

      Hapus
    2. ahaha kan tadi saya pangil-panggil mas Budi,eh malah keasikan jualan Ikan Salmon hahaha

      Hapus
    3. klu masih ada disisain mas buat say ntar hehehehe

      Hapus
    4. Tenang mas Vir...ntar di bawain sekalian sama pohon2 nya..hehe

      Hapus
  3. Baru tau ada buah macem tuh Kang,, trus kaya apa rasanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya sangat menyegarkan mas Virlyz,ada manisnya dan juga sedikit asam,cocok untuk orang yang lagi ngidam hahaha

      Hapus
    2. Denger rasanya aja juga ga pa2 walaupun blum pernah makan

      Hapus
    3. Kalo udah nyobain..jadi ngangenin loh mas :)

      Hapus
  4. wah pasti seru banget tuh ikutan acara outing ke agro wisata, menyenangkan dan juga mengesankan ya kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang Marnes,pokonya seru banget kang hehehe

      Hapus
  5. kok saya baru dengar sekali ini ya, namanya aneh gowok hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas joe soalnya sekarang sudah hampir punah,kalaupun ada hanya di tempat-tempat tertentu saja mas ,,,,

      Hapus
    2. Kalo di tp saya
      Orang nyebutnya buah gohok kang :)

      Hapus
  6. Yang paling maknyus itu buah duriannya mas hehee sangat mantap tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pastinya mas Cah Dabloeng,durian gitulohhhh hehehe

      Hapus
  7. Ditempat saya nggak ada jadinya baru tau ada buah seperti ini tapi dilihat dari gambarnya kayak buah du'et

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya buah gowoknyanya kaya buah du'et yah mbak :)

      Hapus
    2. kalau buah duet lain lagi mbak bentuknya bulat agak lonjong,yah buah duet juga banyak disana,,,,,

      Hapus
  8. Baru tau itu buah-_- rasanya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya menyegarkan Mas,manis,asem dan da rasa sepetnya....

      Hapus
  9. buah gowok ini kalau dalam bahasa Indonesia nama nya buah apa ya pak? hehehe :D
    saya juga sering banget makan buah gowok ini waktu masih kecil di sd, tapi sekarang sudah nggak pernah lagi makan buah kayak getu, sepertinya sudah langka ya pak :D
    jadi buah kenangan dech :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Ririn,disebagian daerah memang sudah langka tapi masih ada didaerah lain yang masih peduli akan kelestarian tanaman ini mbak Ririn hehe,kalau mengenai bahasa Indonesianya,sampai sekarang saya belum ketemu mbak hehehe

      Hapus
  10. buah gowok saya baru tahu kang, rasanya manis asem yah, kalau saya yang asem-asem nggak begitu suka kang hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar mas Anthonie,rasanya manis asam dan sedikit sepet hehe

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. ooo buah dompyong tah yang dimaksud dengan buah kenangan teh, disini banyak banget kang, saking banyaknya sampe bosen dan akhirnya malah banyak terbengkalai deh...nih lagi dipikirin bagaimana mengolah buah dompyong ini agar memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi...ada ide kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh didaerah lain justru tidak ada Akang,,,,mungkin begini saja Kang.Cari daerah yang ada penjual buah ini,trus nego deh,perlu berapa Ton / hari nanti dikirim sama Akang kesana ,bereskan hehehe

      Hapus
  13. kalau saya buah kenangannya adalah buah cherry, krn sewaktu anak-anak saya suka mengambil buah cherry yg jatuh dari pohon, hehehe :D
    makasih sharingnya mas Dede :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cerry alias kersen yah mbak Indri hehehe

      Hapus
  14. Ada juga ya Om buah gowok, padahal setahu saya selama ini cuma nasi gowok. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha malah saya baru dengar Mas Hendrik,kalau ada nasi gowok hehe

      Hapus
  15. banyak manfaatnya pak, dan banyak juga yah buah kenangannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar mas Mawan,,,Terimakaish mas atas kunjunganya

      Hapus
  16. buah kenangan buah gowok ini sekarang menjadi langka ya pak. Hanya ada di daerah tertentu saja. Sebenarnya lumayan enak juga rasa buah nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Ririn ,buah ini akan terasa lebih enak apabila dicampur dengan buah lainya,seperti dibuat rujak,atau di stup,dll................

      Hapus
    2. Asem segernya kayak buah kokosan atau buah menteng :)

      Hapus
    3. wah menteng di Jakarta ada dua yah Mas,Menteng atas,dan menteng Dukuh hahaha

      Hapus
  17. Inget dulu ya kang..lagi jaman masih SD...kalo pas istirahat..suka jajan buat cemilan ...

    Tapi sekarang udah jarang dan susah nyari nya ya kang :)
    KAngen juga jadinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Budi,jaman dulu namanya sekolah tidak dapat jatah uang untuk jajan,jadi kalau istirahat biasanya pada kabur kebelakan sekolah yang ada pohon buah liar,seperti buah ini,dan juga ada jambu kelutuk liar, dan yang lainya,hehehe

      Hapus
  18. Kang buah apa ya, lupa-lupa ingat ada kemiripan buah anggur, kalau buah langka ditanam kembali sepertinya bagus ya kang, kaya buah menteng (kepundung) tahunya menteng teh hy di Jakarta, buah kedoya, semanggi, malaka dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa lupa kang Oyo ituteh buah "kupa" tea,di daerah Bogor,Sukabumi masih banyak Kang hehehe

      Hapus
  19. Wileujeng wengi Kang Dede, hatur punten abi nembe tiasa rurumpaheun
    Sumping di blogna Akang, Buah kenangan di desa di saat saya kecil dulu
    Dan Masih emut dugi ayeuna buah Kasambi Kang, pasti Akang uninga nya
    Tapi buah kenangan disini unik dan jadi ingat deh masa lalu makasih nice pos Kang Dede. salam sukses dan sejahtera :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sumuhun kang Karrist biasalah mengenang masa lalu hehe,,,Haturnuhun kang atas kunjunganya,,,,

      Hapus
  20. duh kang asa pangling ayena mah beuki bureteu wae hehe ...
    punten ah nembe tiasa ngadongkapan ... cikan kang kumaha pendapatna blog ieu , mun bagus rek dibagi-bagi http://roelactionblog.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheuheu,kamana wae atuh kang Ruly teh,yup antosan eke bade melihat heula tah dina alamat nu eta teanya hehehe

      Hapus
  21. Aku orang jawa tapi kok nggak ngerti buah gowok yaa
    Apa ya namanya kalau dirempatku,,,, hehee rasanya gimana kang??? Manis asem apa asin??

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha rasanya manis asam agak sedikit rasa sepet mbak Muya,,,,,

      Hapus
  22. buah kenangan yang keberadaannya makin langka aja ya pak. Perlu di lestarikan lagi nih agar varian buah di Indonesia bisa tetap banyak jumlah nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget mbak Ririn,harus kita lestarikan,kalau bukan kita siapa lagi,kalau bukan sekarang kapan lagi yah hahaha

      Hapus
  23. gowok ya kang? pernah mkan g ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti belum pernah makan mbak maya hahaha

      Hapus
  24. dari namanya saya seperti baru dengar
    hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe berarti belum tahu yah mas Albar hehe

      Hapus
  25. Waktu kecil saya suka ngalap nih Kang buah Chery ini. He,, he,, he,,,

    Salam

    BalasHapus
  26. baru tau saya nih mas sama buah kenangan nya

    BalasHapus
  27. Wah ada yg jualan bibitnya ga mas di bakti alam aku jg pengen nanem nih, itu jg buah kenangan masa kecilku

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya