63 Tanggapan untuk "JAWABANYA SEDERHANA"

  1. wah ternyata cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya ini tidaklah sulit ya Mas, hanya dengan sedikit jambu kelutuk dan tanah liat saja sudah dapat menetralkan rasa pahit pada daun pepaya ini, tisp yang sangat bermanfa'at sekali ini mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup mas Arie,,,mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua dan terimakaish yah mas atas kunjungan serta komentarnya....

      Hapus
    2. ada juga yang suka pakai potongan bata merah kang, tapi lebih praktis pakai daun jambu klutuk dantanah liat ketang hehehe

      Hapus
    3. iya Mang Yono,mungkin karena bata merah bahan utamanya tanah liat hehe

      Hapus
    4. pantesan sang bidadariku kalau nyiapin cocolan sambel pake daun pepaya,saya teh disuruh mrosotin genteng terus disuruh diparut sampe bubuk...rupanya buat menetralisir rasa pahitnya ya kang....?!

      Hapus
    5. Bener banget Kang Lembu.pan genteng juga bahan dasarnya dari tanah liat,bahkan mungkin kalau genteng lebih sehat karena sudah dibakar yah Kang hehehe

      Hapus
    6. aku pernah mencoba resep ini dan resep ini aku dapatkan dari ibu aku sendiri.

      Hapus
  2. Benar-benar jawaban yang sederhana mas hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Abdur rahman,semoga bermanfaat yah hehe

      Hapus
  3. tapi kok bisa ya, tanah liat menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas Joe karena Tanah liat yang bersifat seperti sponge ini dapat digunakan untuk menyerap racun-racun yang ada di daun pepaya ,
      Terimakaish yah atas kunjunganya

      Hapus
    2. yup betilah mas Budi hehehe

      Hapus
  4. Saya pikir mau ikut ujian juga kang..hehe
    eh ternyata tips buat ngilangin rasa pahit

    Baiklah..kang Dede..sy serap abis nih ilmu nya..trims ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha,,, biar aneh mas Budi Judulnya hahaha..;;..

      Hapus
    2. Hehe.. Tapi malah unik kok

      btw
      knapa blognya ndak coba GA kang
      kayaknya potensi di aprove. Loh

      Hapus
    3. wah susah mas Budi sudah beberapa kali register di GA sampai sekarang belum bisa...

      Hapus
  5. kalau saya untuk menghilangkan rasa pahit pepaya itu hanya dengan direbus saja tapi dengan waktu yang agak lama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kelamaan jadinya ancur mas Ahmad hehehe
      Terimakasih yah atas kunjunganya..............

      Hapus
  6. berkunjung kesini langsung disuguhan tumis daun pepaya gak pakai pahit... manteb nih kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumuhun Mang Yono,mangga atuh dicobian Mang,,,,Haturnuhun atas kunjunganya,,,,

      Hapus
  7. Yang pernah saya ketahui dan coba, bisa juga menggunakan daun muda dari jambu mete Kang untuk menetralkan rasa pahit ada daun pepaya ini, makannya di satukan kedua daun ini sebagai lalapan.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah betul sekali kang Indra,itu makan saya tuh daun pepaya muda sama daun jambu mente muda,dicocol sambal terasi huahaha uenak tenan yah Kang,selain dun jambu mete bisa juga dengan daun Putat muda,pungsinya sama tuh Kang Indra hehehe

      Hapus
  8. daun pepaya uenak tenan kalo buat tumis,
    mantep klo nggak terlalu pahit, makasih resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba yah mas wongcrewchild,semoga bermanfaat,,,,,

      Hapus
  9. kang dede kl resep jaman dulu manisan pepaya gimana ya caranya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu biasanya memakai pepaya mengkal ( setengah masak ) dan harus direndam dulu didalam air kapur sirih mas Walidin,kemudian baru diproses insyaAlloh nanti saya postkan caranya ( kalau sudah sempat ) hehe

      Hapus
  10. Cucok nie Om Dede, daun papaya juga mudah carinya di lingkungan rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp bener banget mas Hendrik,biasanya selalu ada di pekarangan rumah yah mas hehehe

      Hapus
  11. kalau pahitnya daun paya sampai hilang malah menurut saya gregetnya tidak ada lagi bang de... :D

    salam hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. BETUL mas Jagad,,,,tapi biasanya orang yang tidak terbiasa akan kelabakan tuh hahaha....

      Hapus
  12. Bah. Campur tanah liat, Bang? Ngorek tanah lagi donk.. Hihihii :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaha silahkan dikorek dulu tanah liatnya mbak Beby hehe,,,Terimakaish eayahh atas kunjunganya,,,

      Hapus
  13. saya selalu kelaparan kalau masuk ke blog ini, hahaha
    menyuguhkan masakan saya waktu kecil,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bahaya Albarnation kalu begitu makan dulu biar nggak kelaparan mas bro hehehe

      Hapus
  14. Pepaya ini bisa jadi makanan yang enak kalau mengolahnya dengan cara yang benar.. terimakasih informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga malini atas kunjunganya...

      Hapus
  15. beneran nih pakai tanah liat, ga guyonan kan bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha beneran bro comtel cell hehe

      Hapus
    2. kalo begitu, ijin kopi caranya yia bos, takut lupa, hehehe...

      Hapus
  16. hmmm perlu dicoba nih mas krn saya paling suka kulup daun pepaya... :D

    pertanyaan saya:

    1. apakah tanah liatnya tadi gak menimbulkan rasa ngeres pada daun pepaya meskipun telah dibilas pada air bersih?

    2. apakah tanah liat tersebut tdk menimbulkan bau tanah pada daun pepaya setelah matang nantinya?

    makasih jawabannya dan siap dipraktekkan bikin sambal terasi kulup daun pepaya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara ini sering saya pakai mbak Indri,usahakan tanah liat tersebut yang basah dan dipilin sampai kalis ( tidak lengket ditangan ) bentuk seperti bakso,agar tidak berantakan,
      pungsi tanam liat adalah untuk menyerap rasa pahit tersebut,karena tanah liat sipatnya seperti sponge ini dapat digunakan untuk menyerap racun-racun
      dan tidak menimbulakan bau.
      Silahkan dicoba saja mbak Indri hehe

      Hapus
  17. kalau aq sih malah suka pahitnya daun pepaya cocok waktu ada selamatan orang baru melahirkan.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp kalau beitu sama mas saya juga suka pahitnya itu hehehe

      Hapus
  18. Aku sangat suka sekali tumis daun pepaya. justru pahitnya itu yang bikin nikmat. bisa menjadi obat lapar sekaligus menurunkan kadar gula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betur mas Jangkaru,saya juga seneng karena pahitnya yang khas itu,namun lebih banyak yang kurang suka akan pahitnya itu tuh hehehe

      Hapus
  19. Wah, kalo di rumah saya semua pada suka karna pahitnya mas. :D cuman saya yang tidak suka. tp saya coba deh cara diatas. tapi kalau bagian daun, saya suka makan daun ubi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus tuh mas Ketut daun ubi untuk melancarkan buang air besar,,,,Terimakaish mas atas kunjunganya,,,,

      Hapus
  20. met siang kang dede,siang,panas panas gini enaknya makan nasi sayur pedes ama lalapan(kulup) daun pisang yamas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha betul mas Yanto,silahkan kulup daun pisangnya dicicipi mas hahaha

      Hapus
    2. gkgkgkg....maksud saya tadi daun pepaya lomas.jadi malu nih *sambil nutupin muka*

      Hapus
    3. hahaha dikirain doyang daun pisang mas Yanto hahahaha

      Hapus
    4. kalau isi dari daun pisang sih mau mas,kayak lemper,dadar gulung,atau mendut(hayo apa bahasa indonesianya mendut)kwkwkw

      Hapus
    5. kalau lemper yaaaa kesukaanku tuh hehehe

      Hapus
  21. kalau saya lebih suka rasa pahit dari daun pepaya tersebut kang yang katanya sih dapat mengobati penyakit lambung apalagi kalau udah dicoel ama sambal baik itu mentah maupun hasil rebusan wah mantep khas sunda banget tuh, tp artikelnya saya suka sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh kang george pisan,,,sunda banget yah hehehehe

      Hapus
  22. Kalo saya sih biasanya cuma pakai tanah liat saja tanpa campuran garam dan daun jambu. Dun pepaya memang enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul Mas Heri sebenarnya tanah liat sudah cukup untuk menghilangkan rasa pahitnya hehe

      Hapus
  23. Wah kok bisa sehati gitu ya kang...kebetulan saya juga hobby masak kang...bener tuh sedikit garam pun udah cukup menghilangkan rasa pahit klu saya mah...kemudian sedikit minyak goreng waktu ngrebusnya biar daun tetep berwarna hijau walaupun sudah masak

    BalasHapus
  24. Saya sudah langsung ke TKP mas, terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  25. tadi saya makan sama sayur daun pepaya kang ... beuh mantap dah

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya

lingkaran google plus
Dede Thea Tentang Makanan . Aneka Resep Masakan Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut