105 Tanggapan untuk "ASAL MULA TOMAT"

  1. Wah Tomat lagi nih, jadi tambah pengetahuan dan wawasan tentang tomat. Btw Pertamaxnya saya ambil ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas ABDURAHMAN,lagi seneng tomat nih hehe,,,,ok silahkan amankan mas untuk Pertamax nya hahaha

      Hapus
    2. wah lagi-lagi saya gagal pertamax

      Hapus
    3. Karena Mas Abdur + Mas Yanto gak pada butuh Pertamax jadi sekarang saya yang ngambil pertamax nya deh. Berhasil yesss?

      Hapus
    4. Mas Yanto minta saja sedikit ke kang Abdur tuh atau ke kang Karryst haha...

      Hapus
    5. ngapain ngasih mang Yanto...emang dia saudaranya jenderal gituh...sampe segituhnya :p

      Hapus
    6. Biar enggak dapat pertamaxx, yang penting saya suka tomat dan jus tomat, mas...hehehe...

      Hapus
    7. Nah siip Pak Uda, saya setuju dengan prinsif Bapak itu :)

      Hapus
    8. Kalau Mas Yanto atau siapa saja yang mau akan saya kasih deh Kang Dede, kecuali Mang Lembu hukkakakaka =D

      Hapus
    9. Lain nih yg punya kebon tomat :)

      Hapus
    10. ye ye
      kang lembu iri
      kang lembu iri
      kwkwk

      Hapus
    11. mang yanto...niiihh.

      sambil ngacungin tinju

      Hapus
    12. Mang Lembu makan teri hhihihihihi

      Hapus
    13. kalo gitu saya minta jus tomat nya donk kebetulan dirumah saya kehabisan tomat :D

      Hapus
    14. Hahaha no comment ach hahaha

      Hapus
    15. apaan tuh?
      permen yakang yg diacungin?
      saya suka saya suka

      Hapus
    16. Kalau gitu saya juga dong Minta juss tomatnya lagi Kang Dede pesen se cere penuh deh :D

      Hapus
    17. Saya nambah du cere deh biar kembung hh =D

      Hapus
    18. Kata Kang Dede Mas Yanto+Mang Lembu Cement katanya hhehe =D

      Hapus
    19. wah mas saud manas2in nih... jiaah :D

      Hapus
  2. saya ga begitu suka tomat kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya kebalikanya kang jum saya malah suka dan favorite sekali
      Dengan Tomat, kebetulan dah dua hari di blog Kang Dede lagi Panen Tomat :)

      Hapus
    2. Gak pa2 kang Jum,kalau memang kurang suka hehe kasihkan saja sama kang Karryst haha

      Hapus
    3. Oke Kang De, akan saya lahap Tomat nya dengan segenap jiwa dan raga eeehh salah gak ya nulis teh ? hkhkhk

      Hapus
  3. oalah baru tau nih kang
    saya kira asli indonesia ternata dari amerika selatan toh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan sudah di ceritain di postingan Kang Dede Mas Yanto kalau tomat itu asal usulnya dari dari amerika selatan iya Kan Kang Dede, gimana sih Mas Yanto ini?

      Hapus
    2. Saya juga baru tahu mas Yanto,makane taksharkan lagi hehe
      Haha kang Karrgyst bisa saja nih hehe

      Hapus
    3. itu mah kebiasaan mas saud

      Hapus
  4. tomat merupakan buah yang mengandung antioksidan terbesar di bandingkan dengan buah buah yang lainya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koq Mas Arif tau,, dari amana yah..?

      Hapus
    2. Betul kang Arif....Terimakasih atas komentarnya...
      Pasti dong kang Karryst...kan tahu dari kang Karryst katanya haha

      Hapus
    3. itu juga karena mas saud nanya sama saya kang

      Hapus
  5. Kaya nya kebalik deh Kang Artikelnya, seharusnya Artikel Asal mula tomat, baru berikutnya Jus tomat, tapi sudah nanggung ya Kang,,ibarat kata Mas Zach mah Nasi sudah menjadi bubur.. mendingan Kang Dede Masak aja deh saya lapar hhehehe =D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyayah...bener juga Kang Karryst...iya bubur sudah menjadi nasi ya kang hhaha

      Hapus
  6. Terus tomat itukan ada 2 macam mas, ada yang bulat ada juga yang gak bulat, itu beda asalnya juga yah mas? ngomong2 soal tomat, saya suka makan tomat mas, biasanya langsung digigit aja kayak lagi makan apel :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas F4DLY,mendingan langsung disantap saja daripada di jus dulu ngerepotin yah haha

      Hapus
    2. ia mas, rasanya juga lebih segar kalau disantap langsung atau dibuat sambal :D

      Hapus
  7. selama ini saya cuman bisa konsumsi dan sesekali bikin juse tomat, tapi baru kali ini saya mah tau Asal Mula adanya Tomat.
    mang de' bisaan ih kalau urusan makanan mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami wae abdige kang Lembu,ini juga tahunya setelah baca-baca primbin hehe

      Hapus
  8. nnti sya akan coba perhatikan daun tomat dan kentang deh ,,, klo pas nemu .... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kang FIU,tapi kalau ketemu yah kalau nggak ketemu gimana tuh haha

      Hapus
  9. Kebanyakan buah yang ada di indonesia asalnya dari negaralain ya... Trus yang asli Indonesia buah apa Kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak juga kang Kanh Heri buah yang Indonesia asli hehe

      Hapus
  10. Saya baru tahu asal muasal tomat disini, mas Dede...Jadi, sayur ini dinamai tomat setelah dicopot huruf "o" yang berasal dari bahasa Inggris ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak Guru UDA o nya harus dihilangkan dulu hahaha

      Hapus
  11. Buah tomat sangat multifungsi yaa mas dede :)

    BalasHapus
  12. jadi tomat yang kita kenal selama ini bukan asal indonesia, wah ini pohon tomat bule ternyata. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe bisa saja kang ALBAR iya kang kenyataanya seperti itu hahaha

      Hapus
  13. Tomat paling enak di makan saat siang dan malam, ya engga mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kang ABDUR RAHMAN,,,silahkan atuh dimakan yah hahaha

      Hapus
  14. aduh maaf kang de baru datang komen dibawah, kirain tomat yang kemarin, manfaat tomatnya komplit yah, terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sawios atuh TEH SANTI hehe,,,,,haturnuhun pisan nya atas kunjunganya hehe

      Hapus
  15. Kunjungan Malam dengan setia Kang Dede. Nah siang tadi kan lumayan cuaca agak panasnya sampe ke hati,, pas nyantey gini.. mendingan baca lagi asal mula tomat kalau bisa sambil pesen Juss Tomat nya boleh kan Kang Dede..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haturnuhun Kang Karryst,meni setia pisan nih hahaha,,,sok mangga atuh dicobian jus tomatnya haha

      Hapus
  16. Selain tomay dikenal dg harga murahnya khasiatnya juga baik buat kecantikan kulit ya kang. Kbetulan saya suka jus nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pasti kulit mbak SUSI cantik lembut yah haha...

      Hapus
  17. Wah thanks informasinya. Ilmu dan pengetahuan baru nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Kang Asep mbak Ely atas kunjunganya...

      Hapus
  18. kalau asal makanan tanya ke kang dede pasti tau deh.heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanya apanya mas Yanto...tanya harganya yah haha

      Hapus
  19. TOMAT, Sayur atau Buah? kenapa disebut Saus Tomat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. REXY AULEGA : hehe.. bisa saja ..

      kang dede mksh artikel'y ...salam

      Hapus
    2. Tomat bisa dibilang sayuran dan juga boleh disebut buah mas Rexy.tergantung kepada penggemarnya .hehe

      Salam juga buat kang Rama Banten.,,,terimakasih

      Hapus
  20. wahhh tadinya saya kira tanaman tomat itu berasal dari indonesia tapi teryata perkiraan saya salah haha ternyata tomat ini berasal dari amerika yah hmm .. kerenn nih infonya menambah wawasan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Ainul.....Terimakasih atas kunjunganya dan juga komentarnya....

      Hapus
  21. toernyata tomat di soebarkan oleh bajoeak laoeut dari karibian.. sadja coeriga..doengan si jack..!

    Maap Mas Dede..abis dari rumah Kang Lembu..!,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas ALDINO mungkin itu perbuatan si Jacj kali yah haha

      Hapus
  22. ternyata ooh ternyata mulanya dari pantai Barat Amerika Selatan, dan terusss meluas sampai eropa dan asia dan indonesia juga...

    sungguh tempat asal tomat sangat jauh banget yang kang dede

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali mas EHWANSAH JAILANI awalnya saya juga mengira asli Indonesia tuh hehe

      Hapus
    2. bener itu kang dede.. saya juga mengira seperti itu mas.. eehh ternyata kagak toh... :)
      kalau gak baca artikel kang dede mungkin saya tidak tau kang... :D

      Hapus
  23. Pagi pagi kumpul nya isini nah malam nanti pada melekan ya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas saud.. nanti malam saya bakalan melek aja ne mata mas... dan di temani secangkir kopi... :D

      Hapus
    2. mau malam mingguan yah kang Karryst hahaha

      Hapus
  24. saya kira tanaman lokal, ternyata dari amrik ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. HEHEHE iya mas WONG CREWCHILD,tapi skrgmah sudah jadi Indonesia hahaha

      Hapus
  25. Buah tomat
    bikin makanan lezat
    lewat saos yang nikmat
    dg vitamin c melekat

    Asal usulnya baru tersirat
    darimu duhai sahabat
    yang pinter bagi info tomat
    dengan baik dan bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banget buat mbaku mbak ANIS yang selalu Manis ,ATAS COMMENTNYA DAN JUGA KAUNJUNGANYA

      Hapus
  26. Buah Segar Yang Menyehatkan Mas Dede. Saya baru tahu nih mas, ternyata buah tomat masih keluarga dari kentang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga mas KOPERASII LESTARI atas kunjunganya,,,

      Hapus
  27. kadang kita hanya tau makan tomat saja, padahal sejarahnya juga menarik. pada sumber lain yang pernah saya baca, kalau tomat itu juga banyak disebarkan dieropa yang dibawa oleh bangsa jerman dan prancis pada awal abad ke 8. namun di dunia eropa tomat tidak berkembang pesat seperti di daerah asia dan amerika, walau beberapa negara eropa juga banyak terdapat tomat. ok makasih atas pencarahannya. salam sahabat blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups bener banget mbah DINAN Terimakasih atas tambahan pengetahuan / sejarah untuk si Tomat ini hehe,dan terimakasih untuk kunjunganya,,,

      Hapus
  28. Panjang juga sejarah asal mula si tomat ini.
    Buah pelengkap menu makan, (Jadi jus, jadi sambal, jadi bumbu masak dan jadi jadian lainnya) hehe ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah si tomat ini mas ANDRIYATNA dia buah multi talenta hahaha

      Hapus
  29. Baca kembali asal mula Tomat Kang Dede, kalau tidak ada artikel Kang Dede yang membahas tentang asal mula tomat ini saya tidak akan tau asalnya tomat dari maman mana nya makasih ya Kang atas info ini *salm sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Maaf rada koment oot, kok Recent widget komen punya Akng jumlah pengomenya pada ngurangi yah..? apa sengaja di hapu atau gimana tuh Kang maaf bukan mengeritik cuma aneh saja :)

      Hapus
    2. wah masa sih Kang Karryst,,saya nggap pernah menghapus komentar ko,,,baik akan saya telitu dulu Kang,,,,dan terimakasih banyak atas masukanya,,

      Hapus
    3. Sepertinya sudah stabil seperti sedia kala sekarang mah Kang

      Hapus
  30. Kalau aku trgolong orang yg gak suka tomat *payah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak apa2 atuh RIANDA PRAYOGA hehe,,terimakasih atas kunjunganya,,

      Hapus
  31. Oh gitu.. Aku pikir berasal dari negara tropis.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehhh ada mbak BEBY,,iya mbak awalnya saya juga mengira bgitu mbak hehe

      Hapus
  32. ternyata dari amerika ya ...kirain asli indonesia..hh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups bener banget kang Zeer,and terimakasih atas kunjunganya,,,,,

      Hapus
    2. sama2 mas ded...mari nyruput kopi dulu :D

      Hapus
  33. Kunjungan siang sambil bacalagi asal mula tomat sambil minum juss tomatnya ya Kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan Kang Karryst:,haturnuhun pisan atas kunjunganya,,,dan termasuk kepada yang Top On the TOP Kng Karryst hehehehe

      Hapus
    2. silahkan Kang Karryst:,haturnuhun pisan atas kunjunganya,,,dan termasuk kepada yang Top On the TOP Kng Karryst hehehehe

      Hapus
  34. Wah bukan dari asal indonesia tow mas... Tag kira itu bersal dari indonesia. trims wawasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan mas MAHRUS itu asalnya dari Amerika selatan ;ho hehehe

      Hapus
  35. dapat koment paling Akhir hikhikhikhiiikk...
    ternyata Tomat ada asal mula nya ya pak, saya kira dari Indonesia Tomat itu, ternyata dari Amerika Selatan yah. saya sendiri malah baru tahu sekarang setelah membaca postingan ini... makasih pak

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya

lingkaran google plus
Dede Thea Tentang Makanan . Aneka Resep Masakan Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut