87 Tanggapan untuk "PANDAN WANGI"

  1. kalau dipakai dalam mengolah kue atau makanan lainnya...pasti makanan tersebut makin mengundang selera :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. leres pisan kang Jery,,,haturnuhun atas kunjunganya,,,

      Hapus
    2. Selamat siang yang Indah Kang Dede anu bageur. wah..?? tempat
      Saya ditempati Kang Jery,,? hh =D Gak apa seh Kang kan saya
      Masih dapet Nasi timbel pandan wangi nya Kang Dede. makasih Kang De

      Hapus
    3. trus tempat saya dimana kang?

      Hapus
    4. tempatnya tuh di sini kang di dalam hatiku... haha...

      Hapus
    5. Jieeh Mas Yuli sama Mas Yanto lagi mesra'an
      Romantis deh.. ehh salah gak yah...? =D

      Hapus
    6. wah renyah skali nih obrolannya...wes, kalau ada mas saud langsung renyah...tambah mas ci hhh :D

      Hapus
    7. ya begitulah kalau kang Karirsyt sudah ngobrol mas MUHAMMAD ZEER hehe

      Hapus
    8. saya di panggil mas ci...ngga enak banget deh ih :p

      Hapus
    9. Kang Lembu pengen di
      Panggil Ade,, saja ya Kang?

      Hapus
    10. menurut saya kok enak ya...daripada mas lembu, jadi ndak enak kan..lembu=sapi (bahasa jawanya)

      Hapus
    11. pingin nyoba sekecil kecilnya nih komentar, punten ya kang de

      Hapus
  2. Daun pandan wangi ini bisa di pakai untuk melengkapi menu masakannya dari makanan sampai minuman, kayanya serba kena banget bila di tambah bahan dasar dengan menggunakan daun pandan wangi ini ya Kang.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups bener banget kang Indra Terimakaish untuk komenya dan juga kunjunganya,,,

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Maaf Kang De maksud saya tuh di satukan, saja antara Pandan wangi
    Dengan Beras/Nasi pandan Wangi. jadi kalau salah komentarnya, maaf ya
    Tapi maksudnay sih sama pandan wangi dan nasi pandan wangi sama sama wangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dua jenis disatukan pasti jadi tambah sip yah kang Karryst hehe

      Hapus
  5. Wah, di belakang rumahku juga banyak, Kang! Karena juarang bikin kue, paling cuma dipake pas kadang-kadang bikin bubur kacang ijo gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pandan yang paling laris itu kalau mau lebaran yah mas MA

      Hapus
  6. betul kang de daun pandan wangi dipake bungkus nasi atow kue, wanginya ngahiliwir jauh hehe.. aromanya bikin hepi yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah Teh Santika, seperti begitu, maaf kang Dede nya lagi off dulu
      Mungkin nanti siang bisa nemuin fans setianya termasuk saya :)

      Hapus
    2. leres pisan TEH SANTI ngahiliwir and ndadalingding tea geuning seungitnatehnya hehehe
      Kang KARRYST tahu aja nih kalau saya lagi liburan hahaha

      Hapus
  7. pandan, tumbuhan segala musim, panas gini juga masih hidup ya kang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener kang MUROI padahan lg kemarau nih tapi tetep subur nih pandan hehe

      Hapus
  8. daun pandan wangi ini di kebun saya ada suka di pakai untuk pewangi kalo mau masak nasi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu tuh buat aroma nasi sedep banget mas AINUL

      Hapus
  9. ditempat saya daun pandan biasanya buat penyedap kolek kang
    jadi tambah sedep deh kalau ditambahin daun pandan

    BalasHapus
    Balasan
    1. podo ae ya mas Yanto nang enggenku ya ngunukuwi mas hehehe ( belajar basa jawa ) hahaha bener nggak yah hahaha

      Hapus
  10. kalo bikin kolak selalu pake pandan wangi..lebih sedep

    tempat baru suasana baru semangat baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya ini Mas Wong yang dulu,, apa Mas Wong yang Baru ya..? =D

      Hapus
    2. IYA MAS WONG CREWCHIILD suasana baru and semangat baru mas hehe
      ini masih yang dulu kang KARRYST hehehe

      Hapus
    3. Hehehe...kalo yg baru2 bikin smangat kang :)

      Hapus
    4. oh...ceritanya nostalgia toh

      Hapus
  11. daun pandan kalau sudah dioah menjadi makanan aroma khasny abikin ketagihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itulah sipatnya daun pandan mas ALUL MAKASIH KOMENTARNYA,,,,

      Hapus
  12. yang jelas daun pandan wangi kalau di tempatku dibuat untuk membuat kue biar harum kang, trus biar sedap tuh kuenya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas KABARDEKAT terimakaish untuk kunjunganya,,,

      Hapus
  13. Daun pandan wangi termasuk zat aditif alami ya mas...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Uda sepertinya oaham betul dengan daun Pandan Wangi ini :)

      Hapus
    2. iya Pak UDA zat adiktif alami khusus untuk makanan tuh katanya kang Kang Karryst juga begitu hehehe

      Hapus
  14. kalau di daerahku, sering dibuat untuk campuran kolak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups sudah pasti tuh mas HEQRIS dikampung saya juga sama tuh hehehe

      Hapus
  15. daun pandai klau dah dicampur sm kacang ijo.. enaakkkkk bngeet

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul NENK RATU Pandan ma kacang ijo emang pasangan serasi yah hehe

      Hapus
    2. Santannya yang jdi, makcomblang nya :)

      Hapus
  16. Selamat pagi Kang Dede, Hari ini mau buat kue apa Kang..?
    Jangan Lupa yah biar lebih nikmat dan harum pakai daun Pandan Wangi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi juga Kang Karryst,,,alhamdulillah pagi ini mau bikin kue brownis Kang kekekekek.....

      Hapus
    2. Ya udah Kang saya pesen matengnya aja ya Kang kuenya

      Hapus
  17. Di samping rumah ku jugak ada tanaman pandan, Bang.. Biasa diambil kalok mau masak kolak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak BEBY memang pandan itu mudah tumbuh yah mbak,,,,Terimakasih atas kunjunganya............

      Hapus
  18. SORY YAH UNTUK SOBAT BLOGGER ADA YANG NGGAK BISA MASUK KE BLOG SOBAT KETIKA MAU BALAS KUNJUNGAN ENTAH KENAPA TAPI TETAP SAYA AKAN COBA LAGI NANTI,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah yang Kang De utarakan saya juga pernah ngalamin
      Pas saya blogwalking ke blog Teman ada blog yang gak kebuka
      Komentarnya. maaf salah satunya blog Mas Aldino, entah
      Kenapa disengaja di off komentarnya apa ada unsur lain.?

      Hapus
    2. iya Kang Karryst berkali-kali saya kunjungi tapi nggak bisa masuk tuh hehe

      Hapus
    3. saya diberitahu mba Devy katanya kalo komen ke mas aldi musti pake chrome mungkin ada error, takutnya jd suuzdon..

      Hapus
  19. Memang Beda Mas Dede.. istirahat dalam lingkup perusahaan pikiran selalunya trbayang2 dgn pekerjaan..!,

    jadi pengen makan pisang ijo Mas,..! yg pake daun pandang..:):)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu betul sekali mas ALDINO,,,jadi terganggu dengan fikiran sendiri hehe

      Hapus
  20. Namanya termasuk dalam jenis beras jg ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups MBAK SUSI,Terimakasih atas kunjunganya,,,

      Hapus
    2. sami sami itu Mari mari ya Mbak Susi..?

      Hapus
  21. di tempat saya dulu banyak sekali pandan tapi skarang dah ndak ada...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pada kemana tuh pandanya mas MUHAMMAD mungkin kekeringan kali yah hehe

      Hapus
  22. betul tuh mas daun pandan itu suka di campurkan ke dalam kolak atau pun ke kue ..
    dau pandan itu loh aroma wangi nya aku suka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak IPAH Terimakasih yah atas kunjunganya,,,

      Hapus
  23. iya nih, tante saya juga sering mencampurkannya saat memasak nasi. bikin nasinya lebih pulen dan wangi.

    thanks infonya kang! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakaish juga mas JASA PEMBUATAN WEBSITE atas kunjungan serta komentarnya,,,,

      Hapus
  24. Udah mirip sama nama merek BERAS ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang ASEP Pandan Wangi dikampung saya juga merk beras tuh hehe

      Hapus
  25. wah akang pindah ke Mes luar ya... tapi gak apa kang khan uangnya buat beli kuota banyak hehehe... pandan wangi dirumah saya malah sudah terlalu tinggi kang, tingginya 3 meter, kalau mau pakai daunnya harus pakai tangga, daunnya juga gede - gede

    BalasHapus
    Balasan
    1. sumuhan Mang Yono jadi sekarangmah kudu borong quota setiap minggunya hehe
      Semakin tinggi semakin bagus tuh Mang pohon Pandanya jadi bbuat penghias pekarangan,,,,

      Hapus
    2. Emang bisa besar pohon pandan wangi itu Kang Dede..?

      Hapus
  26. hati-hati loh, kalau malem-malem ada aroma pandan,, itu bukan tetangga yang lagi masak kolak atau kue,, tapi ada musang lewat... hihiii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah betul tuh mbak ANA musang juga kalau lewat suka bawa pandan yah hehehe

      Hapus
  27. pernah nyoba tanam daun pandan wangi di rumah gagal mulu kang, padahal manfaatnya banyak banget yah buat memasak heheee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu yang tepat untuk tanam pandan adalah ketika musim hujan mas BELAJAR,kalau musim kemarau kemungkinan tumbuh itu hanya sedikit sekali ,,,

      Hapus
  28. di sini bahkan ada beras yang beraroma pandan mas, memang bisa menambah aroma dan nafsumakan dijamin meningkat,
    hanya ada kekurangan tanaman ini yaitu nyamuk senang bersarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengusir nyamuk bisa ditanam juga sereh di sampingnya pandan mas THANJAWA ARIF

      Hapus
  29. Telat dateng ke sini ... jadi harus melewati banyak barisan yang datang duluan :D
    Kalau di rumahku tanaman pandan wangi gaka akan pernah hidup lama, para tetangga ada aja yang minta setiap harinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ASTRI LEWAT PINGGIR SAJA HEHE

      Tuh kata mas Yanto minta maaf dulu katanya hahaha

      Hapus
  30. Selamat malam Kang Dede, baca lagi tentang daun Pandan wangi
    Buat pewangi kue pais enak juga Kang. kalau di kampung saya
    Sangat favorite banget kue pais dengan aroma pandan wangi itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam juga kang Karryst,yups kalau dikampung sayamah namanya papais memang enak banget dengan aroma daun pandan yah Kang hehe

      Hapus
  31. Baru tahu kalau pandan bisa jadi pengharum ruangan, yang aku tahu pengharum ruangan itu hanya dari ekstrak jeruk dan mejadi kamar saya harum sepanjang hari hehehe

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya

lingkaran google plus
Dede Thea Tentang Makanan . Aneka Resep Masakan Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut