PAPRIKA SI GENDUT NAN IMUT

 Paprika si Gendut nan Imut

Dibalik warna dan bentuk yang mempesona ini ternyata menyimpan vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita,buah yang berasal dari Amerika selatan ini punya nama yang indah pula yaitu:: PAPRIKA,yang bahasa latinya adalah “ CAPSICUM ANNUUM”,kalau di Indonesia banyak di budidayakan di daerah Jawa Bali bahkan di Nusa Tenggara Barat.

 
Walaupun Paprika ini terlahir dari keluarga cabai-cabean,tapi tidak seganas cabai biasa dalam rasa,dikarenakan kandungan CAPSICIN hampir tidak ada,sihinga tidak mempunyai rasa pedas seperti kebanyakan cabai lainya,
Varietas yang paling banyak ditemukan di Pasar Tradisional ataupun di Super Market adalah yang berwarna merah dan hijau,padahal masih ada warna lain yaitu:Kuning dan warna ungu,dan yang paling banyak saya gunakan adalah warna merah dan Hijau yaitu untuk campuran Salad,Buntut Goreng dan ayam goring mentega, ( ditempatku )
Kandungan gizi yang paling umum pada paprika adalah karoten, vitamin B serta vitamin C. Sedangkan dalam paprika hijau, tiap 100gramnya mengandung protein 0.9g, lemak 0.3g, karbohidrat 4.4g, kalsium 7.0mg, besi 0.4mg, fosfor 22mg, vitamin A 540 IU, vitamin B1 22.0mg, vitamin B2 0.002mg, nyacin 0.4mg dan vitamin C 160mg.
Vitamin C yang terkandung dalam buah yang satu ini sungguh banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita,apalagi yang berwarna merah,selain vitamin C dan Betakaroten masih menyimpan vitamin lainya sperti vitamin A,yang bias mencegah penyakit mata. pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, reproduksi, serta menjaga kesehatan kulit.

Kandungan beta karoten dalam Paprika mengandung likopen karena beta karoten bekerja sebagai antioksidan yang menstabilkan radikal berinti karbon. Semakin tua umur paprika, maka kandungan beta karoten akan semakin tinggi

Ternta dibalik warna yang sangat menarik ini Paprika punya harga yang khusus di pasaran,tergantung dari warna yang dipunyai buah montok ini,yang warna merah harga per kg di atas Rp 35,000; bahkan bias sampai angka 40rb,sedangkan yang warnanya hijau kurang lebih 25 rb sapai 30rb per kg.
Oklah kalau begitu,masih ada nih sedikit info lagi tentang si buah gendut nan imut ini,yaitu: Likopen dalam paprika ternyata juga bermanfaat untuk sistem reproduksi. Konsumsi likopen, terutama pada paprika merah, diyakini dapat meningkatkan kualitas reproduksi. Hal ini karena likopen meningkatkan jumlah sperma, menjaga struktur sperma, dan meningkatkan motilitas ( pergerakan ) sperma.

Likopen merupakan salah satu dari 650 jenis karotenoid yang secara normal terdapat dalam konsentrasi tinggi di dalam testis. Jika konsentrasi likopen rendah, maka pria hal ini menjadi salah satu penyebab pria mengalami infertilitas ( ketidak suburan ).







6 komentar:

  1. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. SOry mas Bro,commenynya baru ketemu,soale ada di spam,demikian,and terimakasih atas kunjunganya,dan commentnya

      Hapus
  2. nambah ilmu maneh aq rek...suuuiiipppp be'...

    BalasHapus
  3. @PAGIPHO : HEHEHE MAKIN SUIIIP WAE MAS BRO,,

    BalasHapus
  4. ku baca sampai duakali entry mu ini DD, sangat berguna dan gambarnya cantik sekali.Terimakasih teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwat Putri Purnama :Terimakasih kunjunganya dan juga commentnya

      Hapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya