GULAI AYAM SUMATERA



Teman bertambah pengalamanpun ikut bertambah,itu yang selalu  saya rasakan dalam hidup ini,anda pun mungkin sependapat dengan yang saya tulis tadi,terbukti sebelum mengenal orang Sumatera saya tidak tahu yang namanya Ulos,ya kalaupun tahu itu hanya sebatas namanya saja,bentuk dan hal lainya kita tidak tahu secara detil,tetapi setelah berkenalan dengan orang Sumatera ahirnya semua menjadi jelas,begitu pula dengan orang di luar sumatera,bisa orang Ambon ,Maluku,Aceh,dll



Dalam hal makanan yang mana saya hanya orang yang berasal dari Jawa Barat,merasa perlu untuk mengetahui  masakan saudara-saudaraku yang ada di pulau lain,saya rasa ini penting loh,sebab ini menyangkut hubungan dan persaudaraan sesama  orang Indonesia,maka dari itu saya selalu berusaha untuk mempelajari masakan dari semua suku yang ada di negeri tercinta ini,

Di Jawa Barat ada masakan Gulai,di Sumatera juga ada yang namanya gulai,dan ini masing-masing punya rasa khas yang tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata,ini hanya bisa dirasakan oleh lidah masing-masing,makanya untuk itu saya bermaksud belajar membuat yang namanya gulai,yang unik dengan gulai dari sumatera ini adalah rasanya yang khas,dam kebetulan saya punya teman yang berasal dari Sumatera dan 

Koki pula,jadi dalam hal ini saya tidak kesulitan untuk mempelajarinya,dan begitu juga teman saya ini juga ingin mempelajari masakan khas sunda  ahirnya kita saling ajar mengajari,oh lengkap sudah rasanya hidup ini hehehe,
Yang pertama saya pelajari adalah membuat “Gulai ayam” dan yang pertama saya ajarkan kepada teman saya adalah “Sayur asem “ kebetulan saya yang lebih dahulu praktek,dan hasilnya saya di kasih nilai 9,wuih senengnya,dan praktek yang kedua saya dikasih nila 9,9 sedikit lagi sempurna tuh,dengan bangga saya ucapkan terimakasih Kawan ( BUYUNG ) atas semua ini,

Terusterang jika hasil karya kita di senagi/disukai  orang lain ( apapun itu bentuk karyanya ) itu hadiah terbesar dalam hidup,kebahagian  yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata,luaaarrbiasa,,,,,,,,,,,,,,,

Seperti biasa saya tidak ingin di bilang pelit,makanya setiap ada yang baru saya selalu berbagi disini,dan saya tahu anda pemirsa semua sudah bisa membuat masakan ini,namun tidak ada salahnya untuk sekedar tahu,tapi bagi yang belum ,mungkin ini adalah kesempatan untuk belajar,betul apa tiddaadkk??

Ok langsung dech ,untuk memudahkan anda praktek di rumah ,sengaja untuk takaran tidak menggunakan timbangan ,cukup memakai sendok makan ( sdm ) dan sendok teh ( sdt ) dstusnya.

Bahan utama:

1 ekor ayam,dipotong menjadi 4 bagian ( atau boleh menjadi 8 potong )
2 btr kelapa ( dibuat santan menjadi  2 liter )

Bumbu yang di haluskan :


  • 10 siung bawang merah,( ukuran sedang,kalau kecil tambahkan menjadi 15 siung )
  • 5  siung bawang putih
  • 3 ruas kunyit / kunir,yang masih segar,dikupas bersih
  • 2 ruas Lengkoas,yang masih muda agar mudah di haluskan
  • 10 btr Kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt Jinten
  • 1 sdm Adas manis
  • 0,5 sdt Merica / lada bubuk

Bumbu pelengkap: 1


  • 3 batang Sereh / serai yang masih segar
  • 10 lmbr daun jeruk ( yang masih segaar )
  • 5 lmbr daun salam ( kering tidak masalan )
  • 2 lmbr daun kunyit / daun kunir

Bumbu pelengkap: 2

Garam,gula,penyedap rasa,bawang goreng ( untuk taburan ahir ) ini tergantung selera anda masing-masing,yang suka asin?yang tidak suka asin ?yang suka manis ? silahkan anda yang  menetukan hehe

Caranya:

Tumis bumbu yang sudah di haluskan,lalu masukan juga “batang serai,daun jeruk,daun kunyit,dan daun salamnya,kemudian pastikan bahwa bumbu tersebut sudah benar-benar matang,tandanya adalah sudah mengeluakan minya bening dari tumisan tersebut,
Masukan santan secara perlahan,aduk jangan sampai pecah,terus masak sampai mendidih,setelah itu masukan semua potongan ayam tadi,kecilkan apinya,dan masukan bumbu pelengkap yang nomer dua,
Masak sampai ayamnya empuk dan bumbunya meresap,kemudian angkat dan hidangkan,dan jangan lupa taburkan bawang gorengnya,maka jadilah gulai ayam Sumatera,

Serlamat mencoba,,,,,,,

share to whatsapp

12 komentar:

  1. makanannya yang memanggil untuk dimakan, jadi laper sob, heehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Herman : sama saya juga lapar nih,mari ayoo makan bersama hehe,BTW Terimakasih yah atas kunjunganya

      Hapus
  2. aduuh jadi kepingin sii sob,hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahnad Yazid : silahkan di coba cicip kawan,,,,terimakasih kunjunganya

      Hapus
  3. makasih infonya sob,..enak kayane niy.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Didit:iya sob prosesnya sangat mudah,and pasti bisa,terimakasih atas commentnya

      Hapus
  4. Terimakasih kongsikan gulai ayam sumatera ni DD.Bahannya nampak mudah dan banyak dalam simpanan.semua jenis daun tu ada ditanam sendiri..eee sedap ni..akan ku coba dan tunjukkan gambarnya..itu pun kalau aku cukup sihat untuk siang ayam tu.hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puteri : semoga cepat sihat,agar bisa bekerja untuk mencuba resepi ini,salam succes untukmu

      Hapus
  5. thanks infox gan smg sukses..


    http://www.saesalera.com/product/view/41/obat-jerawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok gan sama-sama.terimakasih juga atas kunjunganya

      Hapus
  6. Sepengetahuan lidah saya, Ibu saya yg asli orang Melayu Sumatera sering masak gulai, ada gulai putih, gulai lemak, dan gulai biasa.
    Btw, kalau menu dari Kang Dede ini menurut lidah saya mengarah ke gulai biasa yg umumnya ditemui di rumah makan khas sumatera seperti minang dan melayu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha bener banget Mas,,,memang ini gulai standart yang biasa,,,Wah rupanya Anak Mas ini mahir juga yah dalam hal masakan,,,Terimakasi Mas atas commentnya,,,

      Hapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya