LONTONG BALAP



JIka anda berkunjung ke kota Surabaya,dan perhatikan di pinggir jalan disana anda akan melihat banyak pedagang aneka makanan tradisional di jajakan disana,( tapi tidak di semua jalan,namun di jalan-jalan tertentu saja pastinya ) yang menjadi perhatian saya waktu itu adalah pada jenis makanan yang punya nama “ lontong Balap” dan saya pun penasaran dibuatnya,apa sih lontong balap itu?apalagi waktu itu sangat sangat ramai pembeli,saya berpikir bahwa biasanya kalau ada salah satu penjual makanan ramai pembeli itu sudah bisa dipastikan bahwa makanan yang dijual tersebut pasti rasanya enak dan harganya murah.


Benar adanya setelah ada kesempatan saya ikut nimbrung untuk menyantap lontong  yang satu ini,rasanya “wuiih uenak tenan rek “ ( bahasa Suroboyoan ).Ternyata yang namanya Lontong balap ini sekarang sudah ada di Mall, Plaza bergengsi di daerah kota Pahlawan ini lho,tapi untuk saya lebih memilih yang di pinggir jalan saja deh  rasanya lebih enak,dan pastinya harga lebih murah hahahaha,,,,

DIsana timbul niat saya unntuk mempelajari  cara bikin lontong balap,dan kebetulan  rekan kerja saya  adalah orang Surabaya dan sebagai Chef Indonesia food  di tempat saya bekerja saat ini,Allhamdulillah ahirnya saya tahu carannya,kemudian saya praktek dengan rekan saya ( Namanya “Okky Rama “ ) dan 99% mirip rasanya dengan yang pertama saya rasakan di Surabaya,seneng sekali euyy,,,,

Seperti biasa saya selalu ingin berbagi untuk teman-teman yang suka iseng di dapur,ini sangat sederhana tidak rumit,yang penting ada kemauan untuk mencoba ok  friend ???
Bahanya :

  •  Lontong
  •    Mie kuning 
  •   Toge panjang ( tauge )
  •   Kacang kedelai
  •   Petis udang
  •   Sambal
  •   Lento
Bahan untuk kuah:
  •     Bawang merah
  •     Bawang putih
  •     Bawang prey
  •     Seledri

Caranya:

Haluskan bawang putih dan bawang merah,kemudian di tumis sampai harum,kemudian masukan kedalam kuah yang sudah disiapkan,yaitu air dimasak dan ditambahkan air kaldu ,kemudian masukan irisan bawang prey ,bawang putih goreng,dan juga seledrinya,tambahkan  juga ,garam,penyedap rasa,dan merica bubuk,itu semua sesuai dengan selera anda,

Susun  lontong,mie kuning dan lain-lain ke dalam mangkok standart,kemudian siram dengan kuah yang sudah disiapkan tadi,jangan lupa taburkan lento

Lento adalah sebutan kepada suatu bahan pelengkap masakan yang terbuat dari singkong ( Puhung bahasa jawa Timur ) caranya,singkong dipasrah ( asrah ) tambahkan sedikit terigu,garam,merica,dan penyedap rasa,kemudian diaduk sampai rata,bentuk bulat tipis,goreng sampai warnanya kecoklatan,angkat tiriskan,

Di remas lalu taburkan di atas lontong racikan lontong balap yang sudah jadi,maka jadilah yang namnya “Lontong balap”

Selamat mencoba,,,,,,,

14 komentar:

  1. aku pernah tau makanan ini di tv, tapi lum pernah makan, pengen makan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob,patut dicoba,kalau kpengen cepat langsung ke Surabaya saja beli di sana hehe
      BTW terimakasih comment and kunjunganya

      Hapus
    2. kayaknya enak nih mas, pake mie kuning. tapi hati hati pake mie kuning mas. sekarang banyak mie kuning pake borak. ngeri..

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kapan2 mampir ke Lamongan OM kalau dari Surabaya. Nyicipi Soto Lamongan yang pusatnya di sebelah Plaza Lamongan kalau gak salah.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAlloh Mas bro,soto lamongan sudah sering ,rarasanya maknyoozz,hehehe
      Terimakasih mas Bro untuk kunjunganya

      Hapus
  4. Ah ini lontong kesukaan nih... sayang di kupang gak ada yang jualan, kalau pas mampir di surabaya saja baru dapet nih makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan ada lontong kupang Mas Bro ???hihihi BTW ;TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANYA Mas Bro

      Hapus
  5. kaya'a enak nii gan..
    apalagi mkan'a smbil balap.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar banget mas bro,uenak ,silahkan dicoba,and terimakasih atas kunjunganya

      Hapus
  6. sya bisa menikmatinya dmn sob.. :D

    kunjung balik ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak ko yang jual sob,terimakasih yah atas kunjunganya,and pasti dikunjung balik,,,

      Hapus
  7. salam DD,
    time demam ni, mesti resepi begini mungkin boleh buka selera. kirimkalah untuk ku.hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. HI Puteri,ambilah kirimanku ini hehe,,Terimakasih for visiting,,,sehat selalu

      Hapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya