TONGSENG AYAM



Setiap kali saya pulang ke Garut,dari jawa timur selalu melintasi jalur selatan,yang artinya  bisa dipastikan melewati daerah Purwokerto,nah disana kebiasaan saya adalah mampir di rumah makan yang ada “Tongseng Kambing”nya,entah kenanapa saya begitu menyukai masakan yang satu ini,mungkin saja karena cocok dengan lidah atau karena memang rasanya yang membuat saya jadi suka.

Diantara sekian banyaknya penggemar olahan daging kambing,ternyata banyak juga yang benci terhadap  daging kambing,walaupun tanpa alas an yang jelas,kenapa mereka begitu benci sama yang namanya kambing hihihi,alasanya sederhana,katanya daging kambing itu “panas” tidak baik untuk kesehata dsb.Biarkan para ahli saja yang membahas soal daging kambing,sayamah awam euyy hehehe.

Yang namanya Tongseng selama ini identik dengan kambing,memang benar sih susah cari Tongseng yang bukan kambing hehe,untuk itu saya mencoba membuat masakan tongseng dengan memakai daging ayam,soal rasa tidak kalah ko dengan tongseng kambing,

Kemaren saya dan rekan-rekan mencoba membuat TONGSENG AYAM dan hasilnya Alhamdulillah maknyooz,dan akan saya sejajarkan dengan menu-menu yang sudah ada,untuk menyambut tahun baru 2013 yang sebetar lagi akan menggeser posisi 2012,

Seperti biasa bagi anda penggemar olahan ayam ,mungkin ini bisa dijadikan alternatip lain  untuk mengolah ayam yang itu itu saja hehe,ini dia contekanya silahkan di coba:

Bahan :

100 gr Daging ayam ( dipotong dadu )
    ¼ ltr Santan kental
15 gr Cabai merah besar ( dipotong serong )
  15 gr Bawang merah ( di iris tipis )
    5 gr Bawang putih ( di iris tipis )
 10 biji  Cabai rawit ( biarkan utuh atau potong menjadi dua )
   5 gr Jahe ( di iris tipis saja )
100 gr Kol bulat/gepeng ( di potong persegi )
    25 gr Wortel di iris tipis ( jika suka )
1 btg Bawang daun di ambil batangnya saja ( di iris tipis serong )
    1 buah tomat merah ( di potong menyamping )
      Bawang goreng secukupnya

Caranya :

Tumis irisan bawang merah,bawang putih dan irisan cabai merah  sampai harum,masukan potongan daging ayam,kemudian tambahkan santen ( biasanya ini pakai kuah gulai ) bubuhkan garam ,merica,dan penyedap rasa,kemudian masukan cabai rawit  bersamaan  dengan sayuran lainya,tunggu sampai semuanya matang,setelah dirasa cukup maka angkat dan hidangka,
Dan sekarang jadilah sudah yang namya “ TONGSENG AYAM “ Selamat mencoba,semoga berhasi,,

Dede Thea

57 komentar:

  1. keliatannya maknyuss banget ya kang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Bram,terimakasih atas kunjunjunganya,salam succes

      Hapus
  2. Istirahat siang buat mencicipi menu Tongseng Ayam mas Dede dari jauh...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe pak Guru,bisa aja nih,ok Bapak terimakasih atas komentarnya,selamat beractivitas saja yah

      Hapus
  3. Balasan
    1. silahkan di makan kawan kalau lapar hahaha,Terimakasih yah kunjunganya

      Hapus
  4. Ringkas saja caranya ya..
    yang penting ianya sedap.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciki Nur,,,,,Terimakasih,silahkan di cuba yah,,,salam hangat,,,

      Hapus
    2. nanti jika ada masa, cheff dede cubalah..
      ringkas saja masakan nur itu..tidak sehebat masakan chef.. :)

      Hapus
    3. benar sekali Cik Nur,nanti jika ada masa pasti akan saye cuba,hehe,Thank you Cik Nur

      Hapus
  5. menu baru lagi nih mas ....hehe :D

    kelihat banget....menggoda selera :D
    boleh bungkus ya mas dede..resep nya hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas Budi,di coba di dapur mas Budi yah,semoga bermanfaat,and terimakasih atas kunjunganya,,,

      Hapus
    2. he em...mas dede...sami^^
      sambil menanti resep baru lagi nih dari mas dede...hehe :)

      Hapus
  6. Balasan
    1. WOW KUEREN BRO,ANE JUGA SIAP MELAKSANAKAN TUGAS,HEHE LANJUUUTTT

      Hapus
  7. wah lezat nian sobat....
    jadi laper nih...hehe
    salam sukses sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan sob di cicip hehehe,,,Terimakasih kawan atas kunjunganya,sdalam succes

      Hapus
    2. Sama sama kawan, pokonya makanannya sangat lezat dan sudah saya coba menikmati bersama keluarga,
      terima kasih dan sukses sobat

      Hapus
  8. Kalau soal tongseng saya paling suka kang DEDE,biasanya sama keluarga cari makannya diluaran..hahhahyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. DI COBA MASAK SAJA BANG ICAH HEHE,Terimakasih ysh sudah hadir disini,salam succes,,,

      Hapus
  9. hihi,, pengen nyoba gan.. tapi gak bisa masak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau begitu silahkan beli saja yah Mas hihi,,,,,,terimakasih atas commentnya kawan...

      Hapus
  10. Haii.. selamat pagi menjelang siang, Chef :)
    Tapi saya lebih suka tongseng kambing daripada ayam, soalnya alergi daging ayam, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. teulangkung De Wwidani saja atuh,kalau sukanya kambing mangga silahkan De hehe,,Haturnuhun De atas commenynya

      Hapus
  11. makan sian dengan ini sepertinya cocok.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nas,silahkan di coba yah hehe,BTW Terimakasih yah atas kunjunganya,,,,,,

      Hapus
  12. follwback done,...tq sob....

    BalasHapus
  13. da jeng enya na kang kana tongseng teh matak deudeuyeun jadi lapar yeh ..tanggung jawab ah heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok atuh di makan tongsengnya,tapi ulah makan seng bisi raheut heuheuheu,,,Haturnuhun ah tos ngeresakeun linggih kadieu,wilujeng leleson

      Hapus
  14. Hai Pak Dede,
    tentang suka atau sebaliknya makan daging kambing itu Amie kira sebahagian daripada mereka suka ikut-ikutan, misalnya seseorang mengatakan daging kambing itu berbau, jadi yang lain akan mengiyakannya dan tidak mahu makan. Begitu juga seperti Amie masa kecil dulu selalu mendengar cerita begitu, namun setelah sekali Amie makan sup kambing Amie terkejut kenapa rasanya begitu enak sekali, jauh panggang dari api sebagaimana yang diuwar-uwarkan sebelum itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Amie,terkadang sperti itu,belum mencuba sudah tidak mahu karana mendengar perkataan orang lain..ok Amie terimakasih atas kunjunganya,dan jiga commentnya,salam succes dari jauh

      Hapus
  15. Mantaf klai tongsengnya, kang...jadi laper :D
    Thanks infonya!
    Salam kenal gan dan kalau sempat mampir sekalian mengundang untuk gabung dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sory kawan ane abis cuti seminggu nih jadi baru sempat buka blog,ok kawan siap nanti ane meluncur kesana,dan terimakasih atas kunjunganya,dan juga commentnya,salam succes,,,

      Hapus
  16. Assalammualaikum DD,
    lama aku tidak bertandang meninjau dapur masakanmu.Hari ini baru ada kesempatan.wah agak mudah resepi tongseng ayam
    ni.100g bulat/gepeng, jahed,dan wortel( bahan ini apa nama standerdnya DD)? ok lah,kalau ada masa, jelaskanlah, kalau tak cukup masa biarkan saja.Terasa lapar pulak. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sory Puteri saye baru habis cuti nih,hehe baru sempat balas,kol ( cabbage )Jahe (gingger ) wortel ( carrot )
      Terimakasih Puteri atas kunjunganya,salam succes

      Hapus
  17. Menu yg mantap buat istirahat siang nanti neh gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok gan thank atas kunjunganya dan jg commentnya,,salam succes gan

      Hapus
  18. mampir lagi nih mas...sambil silahturahmi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banget Mas Budi atas kunjunganya,salam succes buat anda

      Hapus
  19. Balasan
    1. uenak pastinya bro,haha,BTW Terimakasih yah atas kunjunganya,salam bloger

      Hapus
  20. hem enaknya nyami nyami sekalian ningalin jejek sob http://dimasbaguz.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok Demaz terimakasih atas kunjunganya,,,

      Hapus
  21. numpang singgah sahabat, mau cari resep masakan seleraku nih untuk ikan yang enak ikan apa yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,,,silahkan kawan,kalau soal masakan ikan silahkan di cari yang sesuai selera,ada ikan balado,ada asam manis,ada acar kuning,dll,,,
      Terimakasih kawan atas kunjunganya,,,

      Hapus
  22. Ijin mencicipi makanan di sini sobat, selamat malam

    BalasHapus
    Balasan
    1. DENGAN SENANG HATI KAWANKU MONGGO SILAHKAN,,SELAMAT MALAM MINGGU HEHEHE

      Hapus
  23. Mampir mas ...Sekalian Silaturahmi..wah mantap nie masakannya nya mas.?salam kenal mas.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga kawan Obat Tradisional,terimakasih tas kunjunganya,salam persahabatan,,,

      Hapus
  24. Mantap banget mas masakanya kelihatanya.? kalau pingin nyoba gimana mas caranya.?he

    mas..kalau masak daging sapi biar daging nya mpuk pake resep apa.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ace Maxs:kalau daging supaya cepat empuk,usahakan air untuk rebusan dimatangkan terlebih dahulu,jadi setelah air mendidih barulah dagingnya dimasukan,
      Terimakasih Mas atas kunjunganya,,,salam succes

      Hapus
  25. haduh gan enak banget nih makan ginian bareng hujan rintik"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Cahyo,silahkan dimakan hehe,BTW Terimakasih atas kunjunganya,salam succes,,,

      Hapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya