PUDDING KENTANG



Minggu kemaren saya ada tugas ke daerah Garut jawa barat,tepatnya tgl 10 pebruari 2013 kebetulan saya juga berasal dari sana,jadi menyelam sambil minum air dech,alias sekalian Pulang Kampung ( kaya lebaran aja dech ) hehe,seneng sekali rasanya bisa berkumpul dengan semua keluarga,yang sebelumnya jarang ketemu,karena  keluarga saya masing-masing punya pekerjaan di tempat yang berbeda,dan jaraknyapun sangat jauh.

Salahsatu dari keluarga saya ada yang pekerjaanya sebagai pedagang,yaitu berjualan kentang,dengan cara memborongnya dari petani kemudian dia jual ke pasar-pasar yang ada di Jakarta,bahasa kerenya mungkin “ Supplier” kalee eayah hehehe,,,

Yang menarik pada waktu itu dia membawa kentang yang baru saja di panen,kemudian memakanya mentah-mentah,,,lho ko kaya makan umbi boled saja,ternyata memang benar kalau kentang yang baru di panen rasanya mirip Hui boled ( umbi boled,Telo, ).

Sebagai salah satu sumber utama karbohidrat, kentang (solanum tuberosum) dapat diolah dengan berbagai macam cara yaitu :digoreng, direbus, dipanggang, disajikan bersama daging dan sayuran, atau sebagai campuran kue.perkedel,donat,bahkan bisa dibuat menjadi pudding,anda tidak percaya kalau kentang bisa dijadikan pudding,nanti lihat resepnya di bawah yah hehehe

Di beberapa negara tanaman yang satu ini adalah sebagai makanan pokok,dan yang namanya kentang ini ternyatalebih dari 200 spesies,dengan bentuknya yang khas dan sederhana, kentang juga memiliki manfaat yang sangat banyak.Hal itu dimungkinkan berkat kandungan yang ada di dalamnya, misalnya mineral kalsium yang tinggi sehingga bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Dari beberapa sumber  yang dapat dipercaya,menyimpulkan bahwa umbi yang satu ini selain sebagai makanan pokok, juga dapat digunakan  untuk pencegahan penyakit yang sering menyerang manusia,diantaranya yaitu :


  • Pencegahan kanker
  • Pengobatan asam urat, ginjal, system lambung, dan jantung
  • Kesehatan lever, jaringan tubuh dan otot
  • Proses peremajaan sel-sel/jaringan tubuh


Mungkin untuk lebih jelasnya lagi mengenai kentang anda bisa tanyakan langsung kepada ahlinya saja,untuk selanjutnya adalah bagaimana cara mengolah kentang agar tidak terkesan membosankan,maksudnya membuat olahan kentang yang agak berbeda kalee eayahh hihihi.

Hari ini saya akan berbagi resep untuk olahan kentang yang sangat sederhana namun menghasilkan effect rasa yang sangat nyata dan  luar biasa,silahkan contek resepnya dibawah ini :


  • 500 gr. Kentang ( bersihkan kemudian di kukus sampai matang )
  • 3 gelas. Santan ( lebih kurang 100 ml )
  • 5 lembar. Daun pandan ( di rebus dengan segelas air )
  • 1 bgks. Agar-agar ( gelatin made of seaweed )
  • 100 gr .Gula pasir
  • 2 btr. Telur ayam ( dikocok rata )                
  • 0,5 sdt. Garam ( sesuai kebutuhan )


Caranya :

Santan dimasak dengan gula pasir sampai mendidih,campurkan rebusan air pandan,tambahkan garam yang sudah disiapkan tadi,aduk sampai rata,kemudian angkat.Haluskan kentang yang sudah dikukus tadi sampai benar-benar halus,kemudian masukan ke rebusan santan yang pertama,aduk hingga menyatu.

Kemudian campurkan agar-agar dan pastikan diaduk dengan rata hingga menyatu dengan bahan lainya,kemudian masak lagi hingga mendidih,sebelum adonan tersebut di angkat maka masukan sedikit demi sedikit telur yang sudah dikocok tadi,sampai habis dan menyatu bersama bahan lainya,kemudian angkat atau matikan apinya.

Siapkan cetakan pudding dan basahi dengan air bersih,aduk lagi adonan yang sudah jadi tadi,pastikan semua bahan telah menyatu,tuangkan adonan ke dalam cetakan pudding secara perlahan-lahan,biarkan sampai kaku membeku.setelah itu masukan ke dalam lemari pendingin,untuk selanjutnya terserah anda,karena yang namanya pudding kentang sudah jadi hehehe,,,,

Demikian cara sederhana mengolah kentang untuk menjadi makan yang berbeda dari biasanya.Selamat mencoba.

Terimakasih
Dede Thea
 

54 komentar:

  1. Pertamaax hadirr kang ... Oh kitu kang baru tahu saya teh ,,, tapi disini mah gak ada kebon kentang jadi gak ada yang seger kang kudu tipasar wae ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Cianjurmah daun bawang seger sareng wortol tea nya kang bro hehehe

      Hapus
  2. aduh keduluan tuh sudah berapa kali saya kesini tapi server lagi lemot baru bisa masuk skrng kang,mantapwelah pokoknamah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. okay dulur tidak apa-apa atuh,hehe haturnuhun Kang atas kunjungana

      Hapus
  3. menarik.. thank you 4 sharing the recipe ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas may agumo atas kunjunganya

      Hapus
  4. Boleh tu dicoba resepnya di dapurku hahahahahahh

    BalasHapus
  5. Boleh tu dicoba resepnya di dapurku hahahahahahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di coba mas okky,,,and terimakasih untuk commentnya,salam succes selalu..

      Hapus
  6. Baru tahu kalau kentang bisa mencegah kangker, asam urat.. harus lebih banyak konsunsi kentang.. biar ndak kena asam urat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob BAYU Begitulah khasiat lain dari yang namanya kentang ,hehe BTW Terimakasih atas commentnya,,,

      Hapus
  7. kalau ini saya pernah bikin mas, apa lgi ditambah kayu manis. mantap deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow maknyuuz donk mbak hehe,apalagi di tambah susu akan lebih uenak,tapi tidak tahan lama kalau pake susu,Terimakasih mbak Indah atas kunjunganya

      Hapus
  8. banyak sekali yah gan manfaatnya.... trims gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sob,banyak manfaatnya,Terimakasih yah atas kunjunganya

      Hapus
  9. mantaaaaaaaaaaapppp..
    saya teh hobi pisan makan uy kg Dede,, jadi mun liat makanan teh hayang ngagabrug wae.. jheeueu
    tapi tetep badan mah kurus karempeng,, :)
    sukses akh.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha Ramly,makanan mah ulah di gabrug atuh,,,,awewe pantes di gabrug,,,hehehe

      Hapus
  10. enak kayakanya ini sob, heheh terima kasih sudah berbagi resep :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya mas bro Reki,ane baru saja makan tuh puddingnya,hehe

      Hapus
  11. oh puding wortel ada gak :D .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai wortol tapi hanya sarinya saja.di coba dech Miz Tia, hehe

      Hapus
  12. INI Yang harus saya coba, trimakasih sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Topik-Harian ,,,silahkan dicoba kawan,terimakasih untuk kunjunganya,,

      Hapus
  13. Pudding kentang ini termasuk kesukaanku juga sobat, mumpung ada resepnya disini, saya ijin comot dulu resepnya, coba aku praktekin ke orang rumah.
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan sobatku PP dicoba ,gampang ko,rasanya maknyuzz hahaha,BTW Terimakasih atas kunjunganya .salam secces selalu,,,

      Hapus
  14. selain enak di lidah....manfaat nya pun banyak sama makanan ini ya mas dede...
    jadi pengen nyomot nih hehehe :)

    mav mas dede...baru nongol n update hehehe... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di comot mas Budi hehe,,,haturnuhun kunjunganya,,

      Hapus
  15. Balasan
    1. selamat malam juga mas Bro,,,terimakasih kunjunganya,,,

      Hapus
  16. Banyak resep makanan disini, ijin bookmark ya? terima kasih sudah di posting resep2 terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Ina Amalia:silahkan di bookmark,Terimakasih atas kujnunganya,salam persahabatan eayahhh

      Hapus
  17. selamat malam mas dede, maaf lama belum kesini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Arluva,selamat malam juga,kemanan saja atuh hehehe,Terimakasih eayah atas kunjunganya,,,

      Hapus
  18. Hadir kang... hanjakal didieu mah teu aya kentang .... yang ada nanas dan rambutan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kan di pasar banyak atuh Kang hehehe,,,Haturnuhun Kang Yono..

      Hapus
  19. nyimak aja deh mas,..
    kunjungan perdana nih,,,
    sallam kenal ja ,..
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. okay kawan San Sinichi,Terimakasih tas kunjunganya,and salam kenal juga

      Hapus
  20. Wah, resep baru buat saya nih... Barmanfaat banget..
    Izin comot resepnya ya kang Dede. Buat nambahin menu dirumah...
    Btw, makasih banget sudah berbagi resepnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di comot Anak Mas,hehehe Terimakasih atas kunjunganya,,,salam succes

      Hapus
  21. Diantos ah kiriman kentangna. Teu kedah seueur, cekap sakarung wae. hehehehehe. salam bandung dua

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sok di antos wae eke di kintun sakarung,BTW Haturnuhun pisan kang Bro atas kunjunganya,,,

      Hapus
  22. Selamat dapat award lagi nih sob
    http://hermanbagus.blogspot.com/2013/02/award-ke-19-dari-sahabat-psholic.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Bro,langsung ke TKP,

      Hapus
  23. Balasan
    1. Pastinya Bang Rizal Uye,terimakasih yah kunjunganya,,,

      Hapus
  24. Balasan
    1. Aghnan Terimakasih untuk kunjunganya ,salam succes,,

      Hapus
  25. wah ternyata habis dari Garut nih, kenapa atuh ga mampir ke tempat saya kang, hehehe... caket kantor Pemda abdi mah rorompok teh.. pokonya hidup orang Garut lah! hihi..:D
    minggu kemarin saya baru nyoba bikin puding jagung, nah alhamdulilah dapet resep puding kentang nih sekarang, seru kayanya..tapi kang, agar-agarnya harus yang warna putih atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi ci Eneng hehe muhun samingon kamari di garut,Abdimah di Cibatu Neng,,,,,,,Saal warna agr-agerna teulangkung Neng,pami abdimah ngango warna putih,tapi pami bade warna sanesns teu nanaon,mangga wilujeng dipraktekeun Neng salam kasadayana,,,,

      Hapus
  26. mas.. kirim dong ke cibiru bandung pudingnya... jadi ngiler nih... hehehehe

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya