GURAMI SAOS TELOR ASIN

Penghuni air tawar yang punya julukan “Osporonemus Gouramy “ ini adalah penyedia protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan manusia,sehingga bukan rahasiah lagi bagi para ahli kuliner terhadap ikan yang satu ini,dagingnya yang sangat tebal dan gurih ini menjadi salah satu menu yang paling banyak dicari oleh para penikmatnya.harga bukan masalah bagi mereka sipenyuka berat penghuni kolam air tawar ini.

Kandungan gizi ikan air tawar cukup tinggi dan hampir sama dengan ikan air laut, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup. tingginya kandungan protein dan vitamin membuat ikan yang mudah dibudi dayakan ini sangat membantu pertumbuhan anak-anak balita

Sebagai bahan pangan, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif. keunggulan utama protein ikan dibandingkan dengan produk lainnya adalah kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahannya untuk dicerna. mengingat besarnya peranan gizi bagi kesehatan, ikan merupakan pilihan tepat untuk diet di masa yang akan datang.

Ikan gurami sangat dikenal sebagai olahan istimewa baik di Restoran ataupun di rumah,dulu ikan yang satu ini hanya bisa dinikmati oleh orang-orang menegah ke atas saja,karena harganya yang sangat mahal sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Jaman dulu olahan ikan gurami yang paling terkenal adalah Ikan gurami asam manis,namun sekarang banyak sekali olahan yang berbahan dasar ikan gurami seperti : 
Hari ini saya akan menambahkan  satu lagi olahan ikan gurami,yaitu "Ikan Gurami Saos Telor Asin"olahan ini sangat sederhana sekali,bahkan mungkin pemirsa juga sudah tahu keberadaan menu yang satu ini,namun resep yang akan saya bagikan ini lain dengan yang pemirsa pernah coba sebelumnya.

Ikan Gurami Saos Telor Asin ini saya dapatkan dari rekan kerja saya juga,yaitu yang biasa di panggil Mas Okky ( Chef Indonesian Food ) asli kelahiran Sidoarjo Jawa Timur,dan telah bergabung di perusahaan tempat kami bekerja mulai tahun 2007 hingga sekarang.

Bahanya:

  • 1 ekor Ikan gurami segar ukuran sedang saja ( difillet potong sesuai selera )
  • 4 btr Telor asin ( ambil kuningnya saja )
  • 3 siung Bawang putih ( sincang halus )
  • 1 sdt Gula pasir + penyedap rasa secukupnya
  • 5 biji Cabai rawit ( dipotong kasar ) atau sesuai selera
Caranya:

Daging ikan gurami yang sudah di fillet dan di potong-potong di lumuri air jeruk nipis,garan dan merica,biarkan sebentar agar bumbunya meresap,kemudian tambahkan putih telur kemudian aduk rata,setelah itu taburi sedikit tepung terigu dan selanjutnya goreng sampai matang dan warnanya berubah kecoklatan.

Tumis bawang putih sampai harum,masukan kuning telur asin aduk sampai hancur,tambahkan sedikit air kaldu ( kalau ada ) atau air biasa saja,lalu tambahkan gula pasir dan penyedap rasa secukupnya saja.
Masukan cabai rawit yang sudah dipotong-potong,aduk sampai rata dan cepat agar saos yang hampir jadi ini tidak mengering.Kemudian masukan ikan gurami yang sudah digoreng tadi ,aduk dengan cepat,

Angkat ikan yang sudah dimasak dan susun di piring saji yang sudah disiapkan sebelumya,untuk tampilan sepenuhnya terserah anda , sekedar contoh anda  bisa lihat gambar yang saya buat secara sederhana untuk tampilan Ikan Gurami Saos Telor Asin

Demikian postingan kali ini semoga ada guna dan manfa'atnya bagi anda yang ingin mencoba membuat olahan ikan gurami ini,kurang dan lebihnya saya mohon ma'af karena hanya inilah yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini.

Terimakasih
Dede Thea

42 komentar:

  1. Balasan
    1. Terimakasih kawan Kumpulan Desain Grafis,atas kunjunganya

      Hapus
  2. enak yah klo bisa masak, bisa hunting resep di blog ini, boleh di coba resepnya, terima kasih telah berbagi mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan sob dicoba saja siapa tahu jadi tukang masak handal hehe

      Hapus
    2. Ini aatelor asinnya yg mentah atau mateng ya mas?

      Hapus
    3. Ini aatelor asinnya yg mentah atau mateng ya mas?

      Hapus
  3. Cik atuh kang ulah sok ngabibita wae hehe .. meni ngaruy kieu duh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya..apaan tuh kabg Ruli...hehe

      Hapus
    2. saha nu ngabibita kitu hihihi,hoyong ? manggawe candak atuh Kang hahaha
      @ Mas Budi: itu yang disebut bahasa tumbuh-tumhan bahasanya Ruly Nakula hahaha,,,,

      Hapus
  4. hmmm menggoda selera... hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal ndak menggoda yg lainnya...ya... :)
      ----
      Kalo udah begitu....tanggung jwbnya sama kang dede...hehe :)

      Hapus
    2. @ Mas Budi:Yang penting nggak menggoda Iman saja hehehe
      @ Neng Hana,teukenging kagoda ach,engke batal dech hahaha
      BTW Terimakasih yah sobat sabit sudah berkunjung dan berkomentar at my blog,,,,,

      Hapus
  5. Udah lama..nih kang...ndak nyantapp..gurame...
    Sekiranya boleh nih..resepnya sy bawa pulang buat...ibunya di rmh utk nyoba masakan ini.. :)
    ------
    Trims ya kang dede :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas Budi dengan senang hati saya sangat setuju kalau resepnya dibawa pulang hehehe,monggo semoga berhasil,,,,

      Hapus
  6. pengen yang langsung jadi aja :D ahah.

    enak nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miz kalau yang yang sudah jadi harus kirim ordernya dulu hahaha nanti dikirim hehehe

      Hapus
  7. kok jadi laper yah? hahahah. ijin catet resepnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan atuh mbak Indah kalau lapermah hihi,,,monggo silahkan dicatat mbak,and makasih kunjungane,,,

      Hapus
  8. wah mamang main kesini pas ada Gurami saus telor asin... jadi pengen nyobain, tapi yang udah mateng heheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Order dulu atuh Mang Yono nanti saya kirim hehe,,,,Haturnuhun Mang untuk kunjunganya,,,,

      Hapus
  9. nggak punya ikan Gurami Pak Dede...hihihihi dikirm ya satu butir sja *ehh kok butir kwkkwkw ekor

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheuheu,,,,okay mbak Amri nanti takirium langsung ekornya eayah hehehe

      Hapus
  10. Balasan
    1. Makan doonk mas bro hehe

      Hapus
    2. pengen guraminya sob hehheee

      Hapus
    3. silahkan mas bro di ambil saja guraminya hehe

      Hapus
  11. Mantep banget nih resep2 di blog kang dede. follow ya kang buat ref

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mangito,atas kunjunganya dan juga follownya,,,

      Hapus
  12. nasi jagung anget,gurami saos,lalapan,sambal terasi trus minumnya es beras kencur.

    ***Apa yg terjadi ?

    BalasHapus
  13. lawas tilawas tara nganjang eh makin cakep aja nih abang dede ..
    kumaha masih sok ngopi kang ??? ngopi ngopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahaha panganten meni ngaringkeb wae euyyhihi

      Hapus
  14. wah gurami saos telur asin ini sangat enak, klau bagi saya ini cukup mewah kang dede, benar^ lezat. Ikan Gurami memang bisa dibuat dengan olahan yang bermacam-macam dan yang pasti tambah selera..hehe..
    terima kasih sudah berbagi sobat, sepertinya Blog satunya tambah mantap yah... semoga sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kawan,benar sekali sob,terimakasih yah atas kunjunganya,dan juga commentnya,succes selalu untuk anda kawan

      Hapus
    2. sama sama sobat, yang jelas melihat Ikan disini kok saya jadi kelaparan pengin nyantap rasanya..hehe

      Hapus
  15. Saat makan siang...jadi inget sama blognya akang nih...
    Sekalian mampir nih kang...hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh ko bisa yah hahaha,,,,Terimakasih mas Budi selamat maksi ( makan siang )dech hehehe

      Hapus
  16. Kunjungan sore menjelang malam kawan, apa kabar
    ♪♫•*¨*•.¸¸❤¸¸.•*¨*•♫♪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasin kawanKBM atas kunjunganya,salam succes

      Hapus
  17. Makanan yang sangat lezat kawan, saya jadi ikutan lapar nih.
    terima kasih atas resepnya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama sobatku WWD,saya juga berterimakasih karea anda sudah nberkunjung,bercomentar,sungguh suatu kehormatan buat saya sebagai Admin dari blog yang sangat sederhana ini,,,

      Hapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya