SOTO DAN INDONESIA



Indonesia selain terkenal dengan Batiknya,juga terkenal dengan keanekaragaman budayanya yang dimunculkan dari semua suku penghuni wilayah yang terangkum didalam negeri tercinta kita ini,dan yang paling menonjol pada saat ini adalah kulinernya,yang kalau kita disuruh untuk menghitungnya mungkin tidak akan terhitung jenis masakan yang ada di Indonesia,

Masing-masing daerah mempunyai makanan / masakan khas yang tidak
sama baik rupanya maupun rasanya,kalaupun sama mungkin itu hanya namanya saja,tapi soal rasa tetep daerah masing-masinglah penentunya iyakan bro hehehe,,,,,,

Menurut penelitian para ahli kuliner di Indonesia yang paling banyak di punyai di setiap wilayah,maksudnya yang setiap wilayah punya masakan yang namanya sama tapi rasanya berbeda adalah” SOTO “masakan yang satu ini sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu,dan sekarang sudah dikenal di beberapa negara besar di belahan dunia.huebatkan bro hehe,,,,

Lho ko soto sih,,,?? Yaiayalah masa suti sih hihi,,,ini sepengatahuan saya saja yah,yang namanya soto banyak banget deh ada :Soto Betawi.Soto Tangkar.Soto Mie Bogor.Soto Bandung.,Soto Madura,Soto Makasar.,Soto Padang.Soto Sulung.Soto Ambengan.Soto Kudus.Soto Malang.Soto Banjar.dan masih banyak soto-soto lainya yang mungkin belum sempat muncul kepermukaan jagat kuliner  iyakan bro hehehe,,,,

Hari ini ini saya akan berbagi resep soto yang mungkin berbeda dengan soto yang pernah anda coba sebelumnya,ini menurut pelanggan saya dan juga rekan-rekan yang sudah mencicipi soto ini,katanya soto Madura,namun saya tidak berani mengiyakan,masalhnya saya bukan orang Madura itu yang pertama,dan yang kedua,ini hanya mirip saja,sebab mungkin soto Madura yang asli rasanya tidak seperti yang saya buat ini.namun buat saya terserah mereka sajalah mau menyebutnya apa,yang penting bisa dinikmati iyakan bro hehehe,,,,

Okay kita mulai saja,bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat soto,,,,tapi soto apa yah namanya ???oh iya  sebut saja “Soto Indonesia” kerenkan bro hehehe,,,,,tapi kalau di tempat saya sekarang soto ini dikenal dengan nama “SOTO SAMUDERA” ( bukan promosi ) hahaha

A.Bahan utama:


  • 1 kg Daging sapi.1 kg Babat sapi


B.Bumbu yang dihaluskan:


  • 100 gr Bawang merah.50 gr Bawang putih.20 gr Ketumbar.5 gr Jinten.25 gm Kunyit.25 gr Kemiri


C.Bumbu dasar:


  • 5 btg Serai/ Sereh ( dikeperek).10 lbr Daun jeruk purut.10 lbr Daun Salam.100 gr Lengkoas / Laaos ( dikeprek )


D.Bumbu dasar utama:


  • Garam,Penyedap rasa, dan Gula pasir,Merica / Lada ( sesuai selera )


E.Bumbu pelengkap:

Daun seledri ( di iris seperti biasanya ).Tomat segar ( di iris sesuai serera ).Bawang goreng.jeruk nipis Sambal soto ( seperti biasanya )

Caranya: 

Rebus babat sapi sampai empuk,tapi,,,,,,,,,,,,,,,,,jerohan sapi yang satu ini aga-agak susah cara memasaknya,karena kalu kurang hati-hati aroma bawaan yang kurang sedap akan tercium disaat kita menyantapnya,jadi perlu trik khusus untuk menghilangkan aroma bawaan yang kurang sedap tersebut.
Caranya pertama-tama siapkan air hangat kemudian campurkan sedikit kapur sirih,biarkan beberapa menit,kemudian gilas ( seperti mencuci pakaian ) maka kotoran yang menempel di sela=sela babat akan rontok,kemudian bilas pada air yang mengalir ( air kran).

Masak air secukupnya,tambahkan lengkoas,jahe,daun salam,dan sereh,bubuhi sedikit garam,setelam mendidih masukan babat yang sudah dicuci tadi,dan rebus sampai matang dan empuk.Dengan cara seperti itu maka babat sapi akan bebas dari aroma bawaan yang kurang sedap tersebut.Kemudian angkat dan bilas lagi dengan air bersih,lalu potong-potong sesuai selera anda,atau sesuaikan dengan ukuran potongan untuk soto.

Potong daging sapi menurut selera anda ( di sesuaikan potongan untuk soto ) kemudian cuci bersih dan tiriskan,masak air ( 5 liter ) masukan bumbu dasar ( C )setelah mendidih maka masukan potongan daging yang sudah dicuci tadi.

Tumis bumbu (B) yang sudah dihaluskan tadi,hati-hati jangan sampai gosong yah hehehe,masak terus sampai harum dan matang,tandanya jika bumbu yang digoreng sudah mengeluakan minyak itu tandanya sudah matang,kalu tidak maka aroma kunyit mentah akan terasa ketika kita menyantapnya nanti.

Masukan babat yang yang sudah matang tadi kedalam rebusan daging,kemudian masukan juga tumisan bumbu yang sudah matang tadi,dan masukan juga bumbu dasar utama ( D ) aduk sampai rata,setelah semua dirasa cukup maka matikan apinya,selanjutnya tingal menghidangkanya di mangkok yang sudah disiapkan sebelumya,dan tambahkan bumbu pelengkap ( E ) di sesuaikan saja dengan porsi yang anda inginkan.

Dan sekarang jadilah sudah yang namanya “SOTO INDONESIA” yang enak dan gurih,anda ingin mencobanya,,? Silahkan saja namun agak ribed juga yah,?,hehe tapi hidup itu perlu perjuangan loh hahahahahahaha,,,Terimakasih dan selamat mencoba

 Dede Thea

 




77 komentar:

  1. Balasan
    1. ah masa seh??saya saja yang membuatnaya belum kenyang kakak,,,

      Hapus
  2. petromax kang...
    duh tengah poe makan soto mantap kang brow ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah kang bro,tengah poe mah berenang atuh,baru seru iyakan bro haha

      Hapus
    2. poe mah...itu sebangsa macan ya kang.... :)
      nggak tau artinya soale :)
      ngedadak polos benaran :)

      Hapus
    3. hehe poe itu artinya "dino" mas Budi,,,yaa maklum kang Ruly pake bahasa tumbuh-tumbuhan soale hehehe

      Hapus
    4. bukan kata saya ya kang rul :)

      Hapus
  3. di tempat saya namanya soto emak mang/.. karena yang buat emak saya hehe.
    pingin soto di photo itu..kelihantanyaa seger nian

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udah bawa aja mbak tuh sotonya sekalian dengan Chef nya hehehehe

      Hapus
    2. Sotonya boleh dibawa Mang tapi chefnya jangan donk,,,,jangan ditinggalkan haha,,,

      Hapus
    3. main di tempat saya klw cuma pingin soto madura, byk yg jualan. tp saya ndak pernah bikin ndiri...bisanya beli mulu. hahahah

      Hapus
    4. iya mbak mendingan beli,biar nggak repot-repot bikin yah hehehe

      Hapus
  4. Teringat saya waktu ke Ujungpandang disana ada coto makasar, namun yang lebih terasa sewaktu di jeneponto dengan daging kudanya ... mantaps

    trims atas telah berbagi ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuuuiiihh,,,daging kuda yah jadi sesuatu banget donk hehe,,,BTW Terimakasih yah sob atas kunjunganya,,,

      Hapus
  5. saya...orang yang termasuk aneh kali ya kang.....kalo makan soto yang jadi kesenengan tuh sama kuah nya....hmmm ga ada tanding deh rasa kenikmatannya... :)

    yg jd persoalan sekarang....blm pernah nih ngerasain sotonya kang dede...ayo..
    ada yang mewek loh.....iiiiiiii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha,,kalau begitu datang langsung dech mas Budi nanati takbuatin yang special hahaha

      Hapus
    2. sekalian jussnya...di siapin ya kang...hehe :)

      Hapus
    3. okay mas Budi,ada kemiri juice,jengkol juice,dan petai juice jiakakak

      Hapus
    4. juss mengkedu ..keliatan ok tuh kang ...hehehe :)

      Hapus
    5. bener Mas juice mengkudu menyehatkan tu hehe

      Hapus
  6. waduh mantep nih masakan soto nya.... ta print ke warnet ah

    apa ini pesenan mbak Indah ya kang heheheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mang Yono,waktu itu mbak Indah pesan soto,tapi belum diambil nih hehe,mangga Mang silahkan di print,,,,,,

      Hapus
  7. kunjungan pagi sambil coba masak soto resep kang dede... mumpung tanggal muda eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. di wilayah Jawa Timur masih bulan tua Mang Yono hehe

      Hapus
    2. hehehe mungkin kalau sekarang sudah tanggal muda ya kang hehe... tanggalnya doang dompetnya masih tua hehe

      Hapus
  8. ya ampun, liat foto ini udah mau jam makan ciank ..
    jadi bner-bner laper ..
    pengen coba di rumah, tapi pasty ga seenak yang di foto . hihihi hiks ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di foto belum tentu enak Neng iin,kalau bikin langsung pasti uenakkkk hehe

      Hapus
    2. biar masakan nya enak chefnya sekalian bawa, mbak iin ehheheh

      Hapus
    3. @kang dede : yang paling enak itu dibikinin kang . hoho ..

      @mang yono : ngeri atuh mang,, ntr istrinya nyariin. hihi

      Hapus
    4. @ iin:okay dech nanti saya bikinin yah in hehe

      Hapus
  9. pak tauco kagak tu ya.. kok warnanya gak pedes hoho. dikasi kecap juga :) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiklah Neng Tia,sambalnya nanti dikasih yang puuuueeeddeessss hihi

      Hapus
    2. tauco, kedelainya langka mbak Miz heheheh

      Hapus
    3. hahaha bener banget Mang kedelai lagi mahal tuh,tanya deh orang cianjur ( kang Ruly ) tauco jadi mahal katanya hahaha

      Hapus
    4. mahalan mana ama bawang.... sodara sodara. haha.

      Hapus
    5. hehe yang jelas mahalan bawang Miz untuk saat sekarang,hehe

      Hapus
  10. hmm pengen soto sob, kirim dong ehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. datang langsung bro nanti takbuatno khusus,pake daging harimau hehehe

      Hapus
    2. waduwww daging harimau sob , ngerii hehe

      Hapus
    3. wah masih soto ya sob, semoga laris ya hehee

      Hapus
    4. iya bro,nanti senen bro ada yang baru ( InsyaAlloh )

      Hapus
  11. Alhamdulillah, langsung praktek. Mkah udah di share pesenan saya.
    Oh iya...misal nih, kalau daging sapi di ganti daging ayam bisa kan? trus klw soto madura kan di kasih koya. nah koya itu langsung di campur sama kuahnya atau sebelum mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk koya lebih baik di tabur ketika soto sudah dimangkok,maksudnya biar kuah sisa yang ada di panci tetap murni,dan ini akan tahan lama,sebab koya akan mempengaruhi warna jika kelamaan dan pastinya umur kuah soto menjadi pendek,demikian mbak Indah,,,,

      Hapus
    2. Alhamdulillah sukses bikinnya, tp untung ada tetangga yg ngebantuin masak. hahahha
      tapi ya itu, dagingnya saya ganti ayam. Heheheh....ntr request lagi ah. mumpung lagi semangat masak nya...hahah
      mksh mas dede

      Hapus
    3. Selamat dan succes mbak Indah hehe

      Hapus
  12. Hai kang dede, masih ada yg belum kang Dede sebutkan. Yaitu SOTO MEDAN. Kan perusahaan Indofood Sukses makmur dengan produk mie instan merek Indomie sampai mengeluarkan varian soto Medan.

    Btw, gak protes kok, hanya nambahin aja ,.. peace hehehehe... :)
    Tambahan : saya termasuk penggemar soto lho, dan dari yg telah kang dede sebutkan, deretan terakhirlah yg belum saya rasakan.
    Tapi izin comot resepnya ya. Buat tambahan menu dirumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas,bener Soto Medan juga ada yah,terimakasih mas masukanya,masih banyak mungkin soto-soto lainya hehe namun belum muncul ke permukaan hehehe

      Hapus
  13. liat tukang soto di pinggir jalan......jadi pengen BW Ke sindang nih kang ...hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheuheu silahkan masuk mas ke sindang pintunya selalu terbuka heuheuhue

      Hapus
    2. ga bisa masuk...ke alang sama dandang kang..hehe :)

      Hapus
  14. pengen banget kang nyobain soto indonesia, tapi kang dede mau kirim via email gak yah :D
    haihai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bisa banget nanti dikirim via email kawan hahaha,,,

      Hapus
  15. Enak nih kang Dede sotonya, salah satu makanan favorit saya... jadi laper nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe Terimskasih mas Anthonie,,,silahkan dicicipi hehe

      Hapus
  16. wah mantap nih selain murah merih rasanya juga yahooottttt


    thank dah berbagi maaf baru bisa berkunjung lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mas Alex,saya juga maisih sibuk di DUTA,,ini juga nyolong waktu sebentar hehehe,Terimakasih mas tas kunjunganya,,

      Hapus
  17. wah mantap euyyyy, cocok nih di santap apalagi suasana dingin mendung kaya gini hehheh, ma'nyusssssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheu,,,,mantabpp mas Alex,Terimakasih atas kunjunganya

      Hapus
  18. wahh..tampilannya baru yah? kenapa harus gelap warnanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Indah ini sedang coba-coba,Template tetap namun hanya warna saja yang dirubah hehe

      Hapus
  19. wah ini yg aku cari resepnya kang, ijin tak praktekan dulu kang dede....
    terima kasih sudah kasih resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kawan PP,semoga berhasil hehe

      Hapus
    2. wah ternyata memang enak kang Dede
      terima kasih banyak sudah memberi petunjuk dengan resepnya.

      Hapus
    3. sama-sama kawanku,and terimakasih sudah mau mencoba praktekan tulisan ini,,,,salam succes selalu

      Hapus
  20. i love soto .. apalagi soto babad .. makanan favorit kesukaan saya tuh .. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih IPSP atas kunjunganya,,,,

      Hapus
  21. kunjungan perdana mas, salam kenal
    visit back y d blogq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sob atas kunjunganya,salam kenal juga eayah,,,

      Hapus
  22. Liat foto sotonya mantap bangett ... jadi lapar :D
    mau coba bikin ahh... doain yaa Chef, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan De,saya do'akan biar succes eayah,hehehe

      Hapus
  23. Balasan
    1. iya sob,terimakasih eayah hehe

      Hapus
  24. Balasan
    1. ok sob Terimakasih buanyak yah atas kunjungan serta commentnya,succes selalu ntuk anda

      Hapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya