JAGUNG BAKAR SHOCKER

Assalau’alaikum wr wb.Apa kabar sobat sobit blogger semuanya,saya yakin bahwa semua sobat and sobit blogger pada saat ini sedang dalam keadaan sehat wal afiat,amiin….Kalau kita melewati jalan Puncak ,antara Cianjur  Cipanas sampai Bogor maka kita akan melihat disepanjang jalan tersebut  banyak para pedagang Jagung Bakar,begitupun ditempat atau daerah lainya seperti Jawa Tengah dan juga di daerah Jawa Timur bahkan di Sumatera atau di kepulauan lainya,saya yakin pasti ada yang jualan Jagung Bakar.

Dibawah ini saya akan bagikan resep sederhana untuk membuat "Jagung Bakar Shocker" dengan paduan rasa Pedas dan Manis,caranya sangat sederhana dan mudah.namun sebelum kita merasakan sensasi rasa dari Jagung Bakar Shocker tersebut saya akan bagikan sedikit info tentang yang namanya jagung tersebut.khususnya bagi sobat sobit blogger yang belum sempat baca mengenai keberadaan taman yang satu ini.

Jagung adalah salah satu tanaman pangan dunia selain padi dan gandum,dan tanaman yang disebut zea mays L ini merupakan sumber karbohidrat utama di  Amerika Tengah dan Amerika Selatan malahan konon katanya menjadi alternative sumber pangan di Amerika Serikat.Di Indonesia sendiri pada daerah tertentu yang namanya jagung ini dijadikan sebagai makanan pokok  misalnya di kepulauan Madura dan disebahagian kepulauan Nusa Tenggara .

Dulu saya beranggapan bahwa yang namanya jaging ini berasal dari Indonesia,tapi anggapan tersebut ternyata salah,karena  berdasarkan penelitian para ahli genetic antropologi dan juga para ahli arkeologi menyebutkan bahwa daerah asalnya jagung ini adalah Amerika Tengah ( Meksiko bagian selatan) dan budidaya jagung tersebut disana sudah dilakukanya 10.000 tahun yang lalu.kemudian teknologi tersebut dibawa ke Amerika Selatan ( Ekuador ) sekitar 7000 tahun yang lalu

Jagung merupakan tanaman semusim ( annual ) satu siklus hidupnya diselesaikan dalam waktu 80 – 150 hari,paruh pertama dari siklus merupakan tahap pertumbuhan vegetative ( nabati ) dan paruh kedua untuk tahap pertumbuhan genetatif .

Biji jagung kaya akan karbihidrat, sebahagian besar berada pada endospermium,kandungan karbihidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji,dan karbohidrat tersebut berbentuk pati,jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikongen dan sukrosa.

Demikian sekilas info tentang yang namanya Jagung semoga ada guna dan manfaat bagi sebobat sobit blogger semua.Selanjutnya seperti saya telah katakana diatas tadi bahwa  akan berbagi resep sederhana ( resep ala sendiri )  untuk membuat jagung bakar dengan  paduan rasa pedas dan rasa manis, ok langsung menuju ke ( Tempat Kejadian Perkara ) hehehe.

Bahan:
  • 4 buah Jagung manis
  • 1 sdm Margarin ( lelehkan )
  • ½  sdm Gula pasir
  • 10 biji Cabai merah ( buang bijinya dan dihaluskan )
Caranya:

Campurkan gula pasir dan cabai yang sudah duhaluskan tadi dengan mentega / margarine yang sudah dilelehkan,aduk terus sampai rata,kemudian siapkan bakaran yang sudah dinyalakan ,kemudian bakar jagung tersebut sambil dipolesi dengan bumbu yang sudah diracik tadi,ingat hati-hati yah jangan sampai cemong ( hangus ) hehehe,nah sekarang jadilah sudah yang namanya "Jagung Bakar Shocker ",Selamat mencoba……………….post sebelumnya :Kasiat buahbersisik ular

Terimakaish
Dede Thea

 
share to whatsapp

42 komentar:

  1. kalo ditempat saya jagung biasanya buat makan ayam bos, skarang sudah pada ga doyan katanya, kecuali jagung muda, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan yang muda juga jagung jagung juga brow wongcrewchild hahaha

      Hapus
    2. yia juga sih, hehehe...

      oya, wongcrewchild maksudnya gimana bos

      Hapus
    3. emang ada juga ya jagung muda?!

      Hapus
    4. aya Kang Lembu,jagong ngora tea Kang hehehe

      Hapus
    5. istri muda lah ada yia bos, hehehe...

      Hapus
  2. Langsung pengen makan nih hahahaha, ntar aja ah keluar beli, gara-gara Kang Dede nih haedeeehhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas Yobert dicicip jagung bakarnya hehehe

      Hapus
    2. kebetulan di tempat saya lagi musim nih Kang :)

      Hapus
    3. iya sialahkan atuh kang Yobert dibakar dulu jagungnya hehe

      Hapus
  3. Wach.....aq nggak kelihayannnnnnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakak nanti foto sendiri saja bro,,,,,

      Hapus
  4. Rupanya berasal dari mexico

    Jagung bakar paling favorit..tapi klo shocker blom coba, siip dapet resep tinggal cari bahannya...hmmm, gak sabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas wongcrewchild,,,siipp dech nanti dicoba yah mas hehe

      Hapus
  5. Saya simpan resepnya.... kebetulan suka banget jagung bakar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kang Heri,tapi jangan disimpan saja yah hahaha

      Hapus
  6. Apalai jagung manis yg dibakar pasti enak banget Kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar mas Virlyz yang pasti manis kan jagungnya manis hahaha

      Hapus
    2. saya juga paling demen sama yg manis :)

      Hapus
    3. siapa sih yang nggak mau sama yang manis-manias hahaha

      Hapus
  7. saya pikir mau deket piala dunia
    makanya ada menu jagung bakar ini
    kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha boleh juga tuh mas Budi,nonton bola sambil makan jagung bakar mas hehehe

      Hapus
  8. Amboi.. Sedap nian dowh, Bang.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicobain mbak Deby hehehe

      Hapus
  9. Ada tambahan gula pasir dan cabe jika tidak seksama akan cepat angus ya ? ternyata jagung dari Amrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Blangkon asale dari Amrik,jadi kalau kita makan jagung berarrti Amrik banget yah Mas hehehe...

      Hapus
  10. beuh...ngepas banget nih jagung bakaran...kebetulan cilembu dilanda hujan gerimis yang indah, soalnya ada bulan yang mengintipdisudut langit sonoh...suasana yang unik kan?...akan lebih unik lagi kalau plus jagung bakar....makjleb deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha silahkan atuh kang Lembu,,,lengkapi malam indahnya dengan jagung bakar hahaha

      Hapus
  11. Ditengan malam gini kayaknya enak deh makan jagung bakar jeje

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas Fikri,,silahkan langsung saja dibakar jaGungnya Mas hehe

      Hapus
  12. wah pagi2 saya berkunjung kemari sudah disuguhi jagung bakar shocker..ajiiib...kalau dijogja jagung bakar yg paling digemari adlah yg ada di pantai parangtritis... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener banget mas Jagad,di Parangtritis banyak yang jualan jagung yah Mas heheh......

      Hapus
    2. jadi ingat, cintaku pernah nyangkut diparangtritis...wkwk :D

      Hapus
    3. haha tapi sekarang sudah tidak nyangkut lagikan hahaha

      Hapus
  13. 10 biji cabe merah itu yang bikin shock lidah kang, tapi enak juga kok kombinasi rasa asli jagung kan manis ditambah pedes jadi klop

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cak Agus kalau suka yang pedas ganti saja dengan cabai rawit Cak hehehe....

      Hapus
  14. jagung bakar kesukaan saya mas, apa lagi diolesi margarine rasa manis dan gurih, hmmm jadi kepingin aja hehehe :D

    makasih resepnya ntar dicoba bikin jagung bakar socker alias sepak bola :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe silahkan mbak Indri,dicobain hati2 jangansampai hangus hehehe

      Hapus
  15. nyam nyam nyam . . . ijin icip icip :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mangga kang dicicip atuh heuheu

      Hapus
  16. pakai caba merah pasti mantap banget nih kang, baru tahu, biasanya cuma pakai margarin aja.

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya